| Pendaftaran Siswa
08222 333 1144 I 0812 1233 2163
Selamat Datang di Laskar UI!

Unsur Unsur Intrinsik dalam sebuah Karya Cerpen Buku Fiksi

Unsur Unsur Intrinsik dalam sebuah Karya Cerpen Buku Fiksi
Januari 9, 2024 laskarui
In News
Unsur Unsur Intrinsik dalam sebuah Karya Cerpen

Banyak siswa yang tahu apa itu cerpen sebagai bagian dari jenis buku fiksi, tetapi tidak banyak siswa yang tahu bahwa untuk membuat sebuah buku atau naskah cerpen biasanya mengandung dua komponen yaitu unsur intrinsic dan ekstrinsik sebagai bagian yang tidak bisa dipisahkan dari keberadaan cerpen. 

Nah agar kalian para siswa bisa tahu apa saja unsur intrinsic dari sebuah cerpen sehingga bisa menilai seberapa kualitas dari cerpen  tersebut maka bisa dijelaskan dengan penjelasan seperti berikut  ini.  Setidaknya ada beberapa unsur atau komponen yang ada dalam sebuah cerpen  yang akan menunjukan keistimewaan atau kesempurnaan dari sebuah cerpen. 

7 Unsur Intrinsik  Yang Seharusnya ada dalam Sebuah Naskah Cerpen

Setidaknya dari penjelasan yang bersifat umum kita bisa berikan beberapa hal yang merupakan komponen atau unsur yang biasanya ada dalam sebuah cerpen. Di mana unsur unsur tersebut terdiri dari 7 komponen yang merupakan satu kesatuan dari sebuah cerpen. 

1. Unsur intrinsic yang pertama adalah Penokohan atau Tokoh dalam cerpen

Penokohan atau tokoh dalam sebuah cerpen menjadi point penting yang akan membuat sebuah cerpen bisa dinikmati dengan sempurna. Karena masalah atau  faktor penokohan dalam sebuah cerpen akan bisa membuat kita sebagai pembaca menjadi  tertarik atau tidak tertarik dengan tokoh yang ada dalam isi cerpen tersebut. 

2. Unsur intrinsic yang pertama adalah Alur cerita

Masalah intrinsic yang berhubungan dengan alur cerita atau  alur permasalahan sebenarnya adalah  hal yang akan bisa membuat naskah cerpen menjadi banyak diminati oleh pembaca atau tidak. Karena alur cerita bisa menarik atau tidak menarik sesuai dengan kondisi yang ada dari cerpen  tersebut.

3. Unsur intrinsic yang pertama adalah Latar belakang

Baca Juga  Perspektif Pengertian Qada dan Qadar & Dalil yang Menyertainya

Terkait dengan apa yang dimaksud dengan latar belakang memang bisa menjadikan sebuah cerpen menarik untuk dibaca. Sekalipun cerpen masuk dalam kategori fiksi tetapi jika dilandasi dengan latar belakang masalah atau cerita yang benar maka bisa jadi cerpen tersebut bisa membuat sesuatu jadi nyata. 

4. Unsur intrinsic yang pertama adalah Sudut pandang 

Perbedaan latar belakang dan sudut pandang seolah hampir sama, tetapi pada dasarnya berbeda.  Karena  yang namanya sudut pandang itu lebih kepada dari segi atau sudut mana kita melihat sebuah masalah atau tema yang diangkat dari sebuah naskah cerpen. Berbeda dengan latar belakang karena tujuanya adalah untuk membuat cerpen menjadi lebih menarik untuk dibaca. 

5. Unsur intrinsic yang pertama adalah Tema

Masalah tema atau garis besar masalah yang akan dibahas dari sebuah cerpen juga menjadi salah satu dasar kenapa pada akhirnya pembaca lebih suka membaca cerpen si A dibandingkan dengan  cepen B. Kesemuanya itu selain masalah tokoh juga lebih kepada penentuan tema dari cerpen yang bersangkutan.

6. Unsur intrinsic yang pertama adalah Amanat

Unsur selanjutnya yang juga menjadi perhatian dalam penulisan cerpen adalah apa yang disebut dengan istilah amanat atau pesan yang ingin di sampaikan ke public. 

7. Unsur intrinsic yang pertama adalah  Gaya 

Hal penentu yang akan bisa membuat sebuah cerpen enak dibaca adalah masalah penentuan gaya penulisan cerpennya. Karena  ini adalah masalah gaya penulisan, jadi ketika kalian tahu bahwa tulisan A lebih menarik dibanding Tulisan si B. ingat bahwa itu  bukan semata masalah tema dan alur cerita tetapi juga bagaimana penulis membuat gaya penulisan yang membuat banyak orang suka.

5 Tema dari Sebuah Cerpen yang sering diJadikan  Dasar Penulisan Cerpen

Terkait yang namanya tema dalam penulisan cerpen, banyak pengarang yang menggunakan tema tema  yang mungkin di luar kebiasaan. Tetapi jika kalian ingin tahu tema atau hal apa saja yang sering dijadikan tema dalam penulisan cerpen, setidaknya kita bisa menjelaskan beberapa nama atau jenis tema  yang sering dipakai dalam penulisan cerpen.  

Baca Juga  Tips dan Trik Bagaimana Belajar Lebih Efektif Bagi Anak Anak

Minimal ada 5 jenis tema atau model tema yang bisa atau terbiasa dijadikan  tema dalam penulisan cerpen. Ke-5 jenis tema  tersebut masing masing memiliki keunggulan atau keistimewaan masing masing.  Sehingga memang akan bisa lebih menarik ketika seorang pengarang cerpen menentukan tema cerpennya bisa sekaligus  dijadikan judul agar keduanya bisa menyatu dalam sebuah naskah cerpen.

1. Tema cerpen yang sering digunakan inspirasi adalah Tema Sosial

Tema sosial kenapa menarik untuk dijadikan sebagai acuan, karena kita tahu masalah sosial begitu banyak dan jika hal tersebut diakui secara general maka pengarang cerita  cerpen akan terus dan terus menemukan bahan untuk naskah cerpennya. 

2. Tema cerpen yang sering dipakai untuk tema adalah Tema Jasmaniah 

Maksudnya tema jasmaniah adalah tema tema cerpen yang memiliki muatan  khusus  dan memang setelah penentuan tema jasmaniah baru kalian akan membuat  kerangka penulisan. 

3. Tema cerpen   yang biasanya dipakai adalah seperti Tema Ketuhanan 

Tema   yang mengandung  tema dari dasarnya Ketuhanan juga akan bisa menarik tinggal kita mencari sumber tambahan lain  yang akan bisa menguatkan tema  yang pertama masalah Ketuhanan.

4. Tema cerpen   yang juga menarik untuk di naikan adalah Tema Egois

Untuk tema tema  yang mengedepankan model atau tema egois biasanya memang menarik jika disajikan berdasarkan kondisi yang ada dengan adanya penambahan materi cerita. Sehingga dengan adanya tema organic dapat meningkatkan  rasa  yang ada dari cerita cerpen tersebut. 

5. Tema cerpen yang lainnya adalah menyangkut Tema Organik

Untuk tema  yang  terakhir ini memang agak beda, karena tema organic tidak semua pengarah cerpen bisa menuliskannya dengan baik. Sehingga ketika kalian sebagai pengarang atau penulis cerpen memilih tema organic maka pastikan bahwa ceritanya menarik dan memiliki alur cerita yang enak untuk dibaca.

Baca Juga  Peran Matematika dalam Mengembangkan Kemampuan Logika dan Pemecahan Masalah

Comments (0)

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Balas Chat
1
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?