| Pendaftaran Siswa
08222 333 1144 I 0812 1233 2163
Selamat Datang di Laskar UI!

Cara cerdas Ayah Bunda memilihkan Homeschooling sebagai metode Pendidikan Alternatif

Cara cerdas Ayah Bunda memilihkan Homeschooling sebagai metode Pendidikan Alternatif
Februari 12, 2022 laskarui
In News

Dalam kondisi pandemi covid 2 tahun terakhir ini, memang kita sebagai ayah dan bunda dari para siswa yang masih bersekolah merasa bingung.  Di satu sisi mereka sebagai ayah  dan bunda ingin tetap bersekolah dan ingin belajar secara reguler di sekolah-sekolah. Tetapi kondisi berbicara lain, karena pemerintah terkait masih menjaga-jaga agar  jangan dulu ada sekolah tatap muka di kelas reguler. 

Situasinya benar dan tepat, tetapi akan berbeda jika kita tanyakan kepada sang buah hati kita. Mereka lebih suka belajar di kelas dengan banyak teman dibandingkan dengan sekolah melalui monitor laptop, komputer hingga HP.  Karena tidak semua anak-anak mampu menangkap materi  yang disampaikan oleh guru melalui metode jarak jauh. 

Atas dasar kondisi itulah, maka ayah  bunda mencarikan alternatif  pendidikan yang bisa mengakomodir semua hal  yang  telah dijelaskan diatas.  Sekadar menjelaskan bahwa sistem homeschooling adalah solusi terbaiknya : 

  1. Homeschooling memang menjadi alternatif pendidikan, karena sistem yang ada di homeschooling membuat siswa didik nyaman. Sehingga mereka bisa belajar dengan   cukup baik dan hasilnya cukup ok . 
  2. Homeschooling pada akhirnya tidak akan memberatkan orang tua murid dan guru. Karena sistem homeschooling bisa dikomunikasikan dengan baik oleh ayah  dan bunda serta siswa didiknya yang akan ikut dalam program ini . 
  3. Homeschooling akan bisa menjadi metode pembelajaran yang menyenangkan tidak saja bagi sang buah hati. Tetapi juga bagi ayah dan bundanya sendiri, karena sudah pasti metode dan jam belajar yang diberlakukan adalah sudah kesepakatan antara ayah dan bunda, bah hati di rumah serta guru pengajarnya. 

Itulah beberapa hal  yang memang pada akhirnya menjadi salah satu keputusan bagi kita sebagai orang  tua dalam memilihkan sistem belajar homeschooling bagi sang buah hati di rumah.  Bukan saja karena sistemnya yang bisa disesuaikan  juga masalah lain yang berhubungan dengan keamanan, kenyamanan dan keseriusan sang buah hati dalam belajar juga menjadi  faktor yang menentukan  kenapa sistem ini sekarang berkembang cukup baik.

Dari beberapa  analisa data dan informasi yang  bisa kita dapatkan. Memang kita semua para orang tua murid sepakat bahwa untuk menyiasati kondisi belajar  yang saat ini terjadi. Khususnya kondisi yang mesti bersabar bahwa proses belajar tatap muka di kelas perlu di pertimbangkan kembali karena kondisi pandemi covid yang belum  berakhir. 

Sementara jika sebagai ayah dan bunda ingin lebih  tahu kenapa  homeschooling bisa jadi alternatif pendidikan yang bisa kita berikan pada sang buah hati dirumah. Karena tujuan langsung yang bisa kita dapatkan dari pengadaan model belajar sistem homeschooling adalah  seperti berikut : 

 

  1. Bahwa homeschooling karena model belajarnya yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan  orang  tua murid dan gurunya  maka sistem belajar menjadi lebih kondusif. 
  2. Bahwa homeschooling konsepnya memang ditujukan untuk siswa didik agar mereka bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Maka konsep yang di terapkan adalah menjadikan siswa didik sebagai subjek belajar dari sang guru pengajar. 
  3. Bahwa homeschooling akan bisa memberikan proses dan model belajar yang bersifat fleksibel. Maka  dari itu siswa didik yang pada akhirnya ikut dalam kegiatan belajar ini adalah mereka  yang memiliki aktivitas rutin seperti artis, olahragawan serta siswa didik  yang saat ini sedang menjalani kegiatan rutin di luar  rumah. 
  4. Bahwa homeschooling  bisa memberikan pergaulan yang lebih aman dan nyaman, itu semua karena semua hal yang berhubungan dengan sistem belajar yang bersifat fleksibel. 
  5. Bahwa homeschooling bisa menjadikan sang buah hati dari ayah dan bunda semakin mandiri. Itu disebabkan sang guru memberikan proses belajar tidak  hanya belajar membaca buku dan sejenisnya. 
  6. Bahwa homeschooling akan bisa menjadikan media untuk membentuk karakter dari sang buah hati kita dirumah bisa di jalankan. Karena sistem dan model belajar yang diberikan akan menjadikan sang buah hati jadi lebih memiliki karakter. 
  7. Bahwa dengan model pendidikan homeschooling maka sang guru akan bisa lebih maksimal dalam memberikan  pelajaran dan pengajaran pada sang buah hati di rumah. 
  8. Bahwa dengan adanya model pembelajaran homeschooling semua pihak yang terkait dengan sistem pembelajaran dan lainnya akan bisa lebih tepat.  Karena semua yang dijalankan dalam sistem  belajar homeschooling akan bisa memberikan rasa aman, nyaman dan sudah pasti  hasilnya maksimal. 

Dengan semua hal diatas, pada akhirnya ayah dan bunda menjadi lebih sadar dan   paham. Bahwa pendidikan  homeschooling  bukan sekadar pendidikan alternatif. Karena  lebih jauh tujuan yang ingin dicapai oleh homeschooling itu adalah sama menjadikan siswa didiknya menjadi putra dan putri yang pintar tetapi care dan peduli terhadap tidak saja kepada orang tua, pengajar serta teman-temannya di sekolah baik langsung maupun tidak langsung.   

 

Comments (0)

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*

Balas Chat
1
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?