| Pendaftaran Siswa
08222 333 1144 I 0812 1233 2163
Selamat Datang di Laskar UI!

Pola Kalimat Present Perfect Tense dalam sebuah Bahasa untuk Materi Bahasa Inggris

Pola Kalimat Present Perfect Tense dalam sebuah Bahasa untuk Materi Bahasa Inggris
April 29, 2024 laskarui
In News
Present Perfect Tense

Kondisi itu bisa dijelaskan dari beberapa hal yang melekat langsung atau tidak langsung dari sebuah susunan kalimat yang ada  di kedua Bahasa baik Bahasa Indonesia atau  Bahasa inggris.  Ketika kalian  mempelajari Bahasa inggris kondisinya memang berbeda dengan kita sedang mempelajari Bahasa Indonesia. 

Namun sebelum kita menjelaskannya lebih jauh, ada beberapa hal yang mungkin bisa dijelaskan dengan  melihat contoh Bahasa  yang ada di kedua Bahasa tadi yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa inggris.  Dengan melihat adanya beberapa perbedaan tersebut kita bisa mendapatkan beberapa penjelasan kenapa Bahasa inggris memiliki perbedaan dengan Bahasa Indonesia atau Bahasa asing lainnya. 

Apa Itu Kalimat Present Perfect Tense dalam Bahasa Inggris 

Ketika kita memberikan satu gambaran penjelasan yang menggambarkan sebuah kalimat dalam Bahasa inggris. Maka ketika kalimat Present Perfect Tense di ajukan adalah bahwa sebenarnya pola kalimat yang ada di Present Perfect Tense adalah sebuah kalimat yang biasanya selalu di gunakan atau di pakai ketika seseorang  ingin memperlihatkan peristiwa yang sudah selesai pada waktu sekarang tetapi masih ada kaitannya dan tidak disebutkan keterangan waktunya. Penekanan kalimatnya ada pada sudah selesainya perbuatan.

Sekedar untuk memperjelas seperti apa konsep dari Bahasa inggris khusnya contoh dari penjelasannya dari pola kalimat presen percet  tense adalah: 

1. Ada beberapa kata yang selalu di pakai atau di gunakan seperti kata S + have 

Maksudnya adalam menulis kata kata dengan  menggunakan  S( Subjeks ) maka alangkat  baiknya memang menggunakan pola S +have seperti contoh berikut  ini : 

I Have go to Jakarta from Jambi. Dari contoh ini kita  kembangkan sesuai dengan apa yang ingin kita buatkan kalimatnya seperti misalnya : I have go to Kebun  Binatang in Jakarta. Atau They Have always  make to breakpast together sesuai dengan pola kalimatnya. 

Baca Juga  Sejarah Sumpah Pemuda dalam Materi Pembelajaran Siswa SMA

2. Ada beberapa ketentuan yang menjelaskan cara penggunaan Have seperti untuk subjek  yang di awali dengan I, You, We, They. 

Artinya jika ada  kalimat yang subjeknya menggunakan kata I, You,  We dan They sudah pasti selanjutnya menggunakan kata Have.  Jika pola ini di rubah maka kalian yang di buat adalah salah dan tidak benar secara grammatical. 

3. Ada beberapa contoh kata yang menjadi acuan dalam penggunaan  kalimat dengan  pola Present Perfect  Tense seperti misalnya kata “ as “ biasanya di pakai untuk  He, She, Itu

Penjelasannya adalah bahwa ketika kalian menggunakan atau ingin menggunakan kalimat yang ada kata “As “ maka sudah pasti itu adalah kalimat dengan pola kalimatnya termasuk dalam Present  Perfect Tense dalam Bahasa inggris. 

Untuk menjelaskan dari apa yang sudah di jelaskan diatas, maka kita bisa melihatnya dari beberapa contoh berikut terkait apa yang di maksud dengan  Present Perfece Tense dalam sebuah contoh kalimat :

4. Have you already taken a bath? (Apakah kamu sudah mandi?)

Ini salah satu contoh bagaimana sebuah pola present perfect tense di pakai dalam sebuah  kalimat bertanya. 

Jika di artikan dalam Bahasa Indonesia adalah Apakah kamu sudah mandi, tanpa harus menunjukkan  waktunya Pagi, Siang,  Sore atau Malam, Tetapi pembaca sudah tahu makna dari kalimat tersebut adalah bertanya. 

5. Where have you been? (Kamu darimana saja?)

Jika kalimat  ini diartikan dalam bahasa Indonesia menjadi kamu darimana saja tadi.  Sebuah kalimat bertanya yang biasanya berbentuk kalimat pasif yang bertujuan untuk menunjukakan apa yang disebut dengan pola Present Perfect Tense.   Ini akan menunjukan perbedaan antara beberapa pola pembentukan kalimat dalam Bahasa inggris yang benar. 

Baca Juga  Cara Belajar Matematika Agar Tidak Cepat Membosankan

6. What have you written? (Apa yang kamu tulis?)

Jika kalimat berikut ini adalah salah satu contoh membentukn kalimat berpola Present Perfect Tense, maka kalimat berstructur seperti diatas. Artinya adalah The Present Perfect Tense dalam pola pengembangan artikel lainnya. 

7. Has he been very busy today? (Apakah dia sangat sibuk hari ini?)

Di bandingkan dengan contoh kalimat diatas, dalam contoh kalimat berikut kita katakan bahwa ini adalah salah satu contoh kalimat yang benar pula dalam pola kalimat present perfect tense.

Sebuah Bahasa adalah kebiasaan, dan setiap kebiasaan memang seharusnya di lakukan secara benar. Itulah yang terjadi dengan pembelajaran dalam Bahasa inggris, agak beda dengan pelajaran Bahasa Indonesia. Jika Bahasa inggris itu polanya adalah sesuai dengan rumus yang sudah di tentukan dan menjadi acuan dalam pembuatan sebuah pola kalimat seperti misalnya : 

Rumus Bahasa inggris : 

Present Tense, Present Continouse Tense hingga Present Perfect Tense

Meskipun terlihat hampir sama, tetapi jelas ini berbeda karena menunjukan waktu yang berbeda-beda, Sehingga bagi kalian yang saat ini belajar Bahasa inggris, khususnya tentang materi grammatical Presen Perfect Tense maka pahami dahulu rumusnya karena dengan paham soal rumusnya maka semua hal yang bersifat pembentukan kalimatnya menjadi mudah untuk di pelajari. 

 

Comments (0)

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Balas Chat
1
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?