| Pendaftaran Siswa
08222 333 1144 I 0812 1233 2163
Selamat Datang di Laskar UI!

Pendidikan Yang Layak Tanggung Jawab Kita Semua untuk Anak Kita

Pendidikan Yang Layak Tanggung Jawab Kita Semua untuk Anak Kita
Januari 12, 2023 laskarui
In News

Pendidikan yang Layak Merupakan Tanggung Jawab Untuk Kita Sebagai Orang Tua

Memang banyak yang mengatakan bahwa Pendidikan yang layak itu tanggung jawab pemerintah atau dunia Pendidikan. Padahal kita semua tahu bahwa tanpa adanya Kerjasama antara semua pihak mustahil Pendidikan layak akan bisa di dapatkan oleh siapapun. Ibarat kata ketika semua pihak sudah tahu perannya masing – masing maka  yang namanya tanggung jawab  Pendidikan bisa di dapatkan dan di lakukan oleh siapa saja yang memang peduli dengan dunia Pendidikan  untuk anak anak kita nantinya.

Ada beberapa hal yang mesti menjadi perhatian bagi kita semua menyangkut masalah Pendidikan dan tanggung jawab soal Pendidikan. Dimana untuk tujuan  tersebut setidaknya ada 3 komponen yang bisa menjadi acuan dalam melihat siapa dan bagaimana tanggung jawab Pendidikan itu sebenarnya. Sehingga masing masing menjadi tahu seperti apa sebaiknya mengenai tanggung jawab Pendidikan itu mesti di jalankan. 

A. Pendidikan itu tanggung jawab orang tua. 

Ini adalah tanggung jawab awal dalam mendidik seorang anak, dimana dalam kesempatan  ini orang tua bisa menjadi media pertama yang akan mengajarkan kepada anak bagaimana sebenarnya hidup dan kehidupan. Sehingga bisa di katakan bahwa Pendidikan dasar itu adalah tanggung jawab kedua orang tuanya. 

Dimana beberapa tanggungjawab  yang bisa di lakukan  oleh orang tuanya itu adalah seperti beberapa contoh berikut : 

  1. Belajar untuk tahu bahwa hidup dan kehidupan itu harus seimbang sehingga kita tidak boleh sombong sebagai manusia.
  2. Belajar untuk bisa menghargai dan menghormati orang lain, tidak saja keluarga  tetapi juga orang yang ada di luar keluarga.
  3. Belajar untuk bisa  menerima kesalahan dan meminta maaf kepada orang lain tanpa melihat siapa orang itu dan bagaimana usianya.
  4. Belajar  untuk bisa selalu berusaha dan berdoa untuk semua hal yang perlu dan harus di jalankan sehingga anak tahu bahwa dalam hidup tidak ada  yang mudah. 
Baca Juga  Pentingnya Bimbingan Belajar di Masa Pandemi

Itu baru  tanggung jawab yang harus di jalankan  oleh oran tua sebagai salah satu dasar bagi anak dalam mendapatkan Pendidikan dasar sebagai seorang anak yang butuh Pendidikan dasar  yang berasal dari dalam rumahnya. Nah setelah dirinya tahu beberapa Pendidikan dasar tadi, maka pengembangan selanjutnya adalah Pendidikan yang mengarah pada peningkatan skill dari sang anak dari kecil hingga dirinya dewasa. 

Untuk urusan yang satu ini maka tanggung jawab sudah beralih dari orang tua kepada pendidik. Dimana yang dimaksud pendidik disini bisa bermacam-macam tidak saja pendidik yang ada di sekolah  formal ataupun sekolah non  formal. Kesemua pendidik ini akan memberikan Pendidikan yang bertujuan untuk bisa meningkatkan dan mengembangkan minat dan bakat sang anak agar dirinya bisa maju dan berkembang sesuai dengan kemampuannya. 

Dalam kondisi seperti ini maka  tidak salah jika ada tingkatan Pendidikan  yang seharusnya bisa di jalankan oleh sang anak dari mulai PAUD, SD hingga  Perguruan Tinggi. Kesemua itu bagian dari tanggung jawab Pendidikan di sekolah. 

B. Pendidikan  itu tanggung jawab pendidik di sekolah

Berbagai macam tanggung jawab pendidik di sekolah terhadap seorang anak agar dirinya bisa lebih maju dan berkembang sesuai dengan kondisi yang ada pada sang anak.  Dimana untuk  tujuan tersebut ada beberapa hal yang bisa di jalankan oleh pendidik di sekolah : 

  1. Pendidikan agar anak bisa menjadi tahu dan mengerti tentang banyak  hal yang berhubungan dengan materi pelajaran di sekolah. 
  2. Pendidikan agar anak bisa tahu apa sebenarnya minat dan bakatnya dalam Pendidikan, karena hanya dengan cara seperti itu seorang pendidik akan tahu  bagaimana cara mengembangkan diri seorang anak. 
  3. Pendidikan agar anak menjadi punya bekal dalam mengarungi kehidupan nantinya. Karena bekal Pendidikan itu jauh lebih berharga dibandingkan dengan bekal materi. 
  4. Pendidikan agar anak bisa menjadi pribadi yang berbeda, maksudnya adalah ketika anak bisa mencapai profesi yang diinginkan maka itu artinya Pendidikan yang diajarkan oleh pendidik telah memberi makna bagi kehidupan seorang anak. 
  5. Pendidikan agar bisa menjadikan seorang anak pribadi yang tahu bagaimana cara mengembangkan diri dan memiliki arti bagi kehidupannya  tidak saja untuk masa kini tetapi juga untuk masa depan.
Baca Juga  8 Peran Orang Tua Dalam Menentukan Masa Depan Anak 

Hal terakhir yang bisa menjadi salah satu cara  untuk mewujudkan itu semua adalah  tanggung jawab Pendidikan yang harus di lakukan oleh Pemerintah. Dalam hal ini pemerintah adalah pihak yang bisa melaksanakan dan mewujudkan semua  hal yang telah di jelaskan diatas.  Sehingga pada akhirnya semua hal yang telah di jelaskan diatas bisa terwujud. Semua itu harus ada peran aktif dan rasa  tanggung jawab dari pihak pemerintah. 

C. Pendidikan itu tanggung jawab pemerintah baik pusat dan daerah.

Dengan kita tahu bahwa pemerintah juga ikut bertanggung jawab dalam urusan Pendidikan bagi terciptanya Pendidikan yang layak untuk anak anak kita maka ada beberapa hal  yang bisa di lakukan oleh pemerintah : 

  1. Pemerintah bisa membangun sekolah secara merata di seluruh Indonesia, tujuannya adalah agar anak anak bisa bersekolah secara benar.
  2. Pemerintah bisa melakukan atau memberikan beasiswa kepada anak anak yang kurang mampu agar mereka bisa mendapatkan Pendidikan yang layak sekalipun dari keluarga  yang kurang mampu. 
  3. Pemerintah bisa memberikan sarana dan prasarana untuk tempat Pendidikan baik formal dan non formal agar anak anak bisa mendapatkan kesempatan belajar yang sama untuk semua jenjang pendidikannya. 
  4. Pemerintah harus bisa menjaga rasa keadilan dalam urusan Pendidikan kepada semua anak yang ada di Indonesia. Karena itu adalah tanggung jawab mereka dalam mendukung program Pendidikan untuk semua anak di Indonesia.
  5. Pemerintah harus bisa memberikan dukungan tidak saja kepada sarana Pendidikan  fisiknya saja tetapi juga dalam urusan SDM yang berkecimpung di bidang Pendidikan. Sehingga semua bisa bersinergi untuk menjadikan Pendidikan menjadi satu media  yang harus bisa di terima dan di rasakan oleh semua anak dan pendidik yang ada di Indonesia. Sehingga Pendidikan adalah dari kita  untuk kita Indonesia. 
Baca Juga  Biaya Les private SD

 

 

Comments (0)

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Balas Chat
1
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?