| Pendaftaran Siswa
08222 333 1144 I 0812 1233 2163
Selamat Datang di Laskar UI!

8 Peran Orang Tua Dalam Menentukan Masa Depan Anak 

8 Peran Orang Tua Dalam Menentukan Masa Depan Anak 
January 6, 2021 laskarui
In News
8 Peran Orang Tua Dalam Menentukan Masa Depan Anak

Semua orang tua pasti  ingin anak-anaknya memiliki masa depan yang baik. Sehingga atas dasar itulah, setiap  orang tua berharap anak-anaknya sukses.  Kesuksesan itu sendiri bagi para orang memang terkesan bukan sesuatu yang mudah untuk diwujudkan, terlebih jika mereka  tahu anak-anak mereka adalah anak yang sulit untuk diatur. Lantas jika demikian adanya bagaimana sebenarnya cara terbaik para orang tua untuk memberikan kontribusi terbaik bagi putra – putri mereka agar memiliki masa depan yang lebih baik nantinya.

Ada banyak cara  yang bisa dilakukan orang tua demi mendapatkan anak-anaknya tumbuh menjadi anak  yang baik dan sudah pasti memiliki masa depan yang lebih baik pula. Jika di deskripsikan dalam sebuah panduan bagi para orang tua, maka kita bisa menjelaskannya dalam beberapa hal. Setidaknya kita bisa mencobanya memberikan  8 cara atau strategi yang bisa kita sebagai orang  tua jalankan di rumah agar anak-anak tumbuh dengan lebih baik dan cemerlang masa depannya.

1. Jangan sembarangan dalam memilihkan sekolah  ( tempat belajar ) pada anak. Jangan di anggap sekolah  tidak membawa dampak kepada anak-anak kita.  Ingat setiap hari selama 1 minggu, anak-anak akan berada di sekolah cukup lama. Jika kita sebagai orang tua salah dalam menempatkan anak kita pada sekolah yang lingkungannya  tidak baik maka sudah pasti perkembangan karakter anak kita menjadi tidak baik. Tetapi jika lingkungan sekolah anak kita baik, sudah pasti karakter anak kita akan terbawa  baik juga.

2. Sekolah memiliki andil  yang besar bagi anak dalam  pembentukan karakter dirinya. Pembentukan karakter memang tidak hanya di lakukan di rumah. Di sekolah pun anak-anak kita akan terbiasa dengan suasana yang bisa membentuk karakter anak. Sehingga baik buruknya lingkungan yang ada di sekolah jangan heran  jika hal itu akan menjadikan pembentukan karakter pada si anak.

3. Perlu mempertimbangkan seberapa besar kemampuan kita sebagai orang tua dalam hal financial. Ini bisa menjadi kendala terbesar juga bagi anak jika kita tidak mempertimbangkan atau merencanakan semua hal tentang anak dengan cukup baik. Ambil contoh jika keuangan kia terbatas, namun orang tua bersikeras untuk menyekolahkan anak kita di sekolah favorite.  Jika pada akhirnya nanti si anak akan berhenti di tengah jalan, itu justru akan mempengaruhi psikologi si anak.

4. Satu hal yang mesti kita sebagai orang tua ingatkan bahwa pendidikan itu adalah prioritas utama bagi sang anak. Karena jika bicara soal kekayaan atau kemewahan maka itu tidak akan bertahan lama. Beda dengan pendidikan, semakin tinggi kita memberikan pendidikan kepada anak kita, bahwa kita boleh berharap bahwa nanti pada saat besar anak akan lebih sayang kepada kita.

5. Demi mendapatlah  faktor kedisiplinan pada anak-anak kita, cobalah untuk menerapkan tugas sehari-hari pada anak-anak kita. Jangan salah, maksud dari tugas itu bukan untuk membuat anak-anak jera dan berubah menjadi baik.  Tetapi justru cara kedisiplinan yang diajarkan kepada anak-anak sejak diri akan menjadi senjata ampuh bagi mereka agar bisa sukses di masa depannya.

6. Cobalah sejak dini ajarkan anak-anak untuk selalu mengerjakan apa yang jadi tugasnya sehari-hari.  Melakukan pekerjaan sesuai yang di suruh atau perintahkan oleh orang tua kita memang mengandung dua tujuan. Pertama adalah untuk melatih kedisiplinan anak-anak kita. Kedua sebagai ajang pembelajaran terus kepada kita sebagai orang tua. Karena jika kita telaten mengajari anak sejak dini maka hidup mereka akan jadi lebih baik.

7. Jangan lupa bagi kita sebagai orang  tua mendidik dan mengarahkan anaknya untuk bisa bersosialisasi dengan baik. Karena sosialisasi adalah salah satu bagian dari strategi bisnis, sehingga dengan adanya kemampuan bersosialisasi yang baik pada anak-anak kita membuat mereka lebih care dan peduli dengan sesama manusia. Konsep  kepedulian itu jika ditanamkan dari kecil, maka sejak  anak- anak kita beransur dewasa mereka akan teringat pengalaman mereka pada saat masih kecil.

8. Cobalah untuk menciptakan hadirnya satu keluarga yang  harmonis Keharmonisan itu sendiri bisa dilihat dan dirasakan oleh anak-anak kita. Melihat, mengamati dan merasakan apa  yang disuguhkan oleh orang tua kita. Maka dengan cara inilah pada akhirnya anak-anak kita mendapatkan batin yang lebih baik guna menyebarkan

Selain menerapkan 8 tips atau strategi dalam membimbing dan mengarahkan anak kita agar bisa mendapatkan masa depannya yang  lebih baik.  Maka cobalah di rumah kita berikan kedua hal ini sebagai salah satu cara bagi kita para orang tua. Karena kesuksesan anak itu adalah juga kebanggaan orang  tua. Sehingga dengan anak menjadi sukses atau anak kita mengalami kemunduran dalam bisnis, maka sudah pasti hal itu akan berdampak pula bagi kita para orang tua. 

Terdapat dua hal unik atau menarik yang bisa kita tanamkan pada anak-anak kita. Kedua hal itu adalah :  (1) Kita sebagai  orang  tua cobalah untuk selalu menanamkan cita-cita  yang tinggi pada anak-anak kita. Karena  jika salah dalam meletakan maka kondisi kurang baik akan terjadi pada anak kita (2) Biasakan sejak dini mengajarkan penggunaan matematika dalam menangani sebuah masalah.  Kita sadar bahwa matematika adalah dasarnya perhitungan, dengan anak sejak dini sudah pandai dalam berhitung maka mudah bagi dirinya mampu dalam melakukan pengendalian bisnisnya.  Tetapi jika anak-anak kita kurang bisa menguasai bidang matematika, maka jangan heran jika anak-anak kita kurang berhasil dalam mengembangkan bisnisnya di masa depan.

Ingat, masa anak-anak adalah masa keemasan dan masa pertumbuhan anak-anak kita. Jika kita salah dalam memberikan pendidikan dan dukungan, maka sulit baginya bisa menjalankan bisnisnya dengan baik di masa depan. Dan itu pasti mereka akan sulit membangun bisnisnya karena mereka belum terbiasa untuk menentukan masa depan yang, lebih baik sejak kecil.  Tapi anda jangan bingung karena saat ini sudah hadir  Lembaga Pendidikan Bimbingan Belajar  Laskar UI. Dimana salah satu programnya adalah Homeschooling.  Cobalah untuk melihat  lebih dekat program pendidikan yang ada dalam website LaskarUI : Https://laskarui.com/homeschooling.

Homeschooling Laskar UI memang menjadi salah satu alternatif pilihan  terakhir yang bisa diambil orang tua. Ketika pendidikan di sekolah sudah di lakukan, di rumah sudah dijalankan dengan baik,  maka langkah terakhir  yang bisa diambil orang  tua adalah menempatkan anak-anak dalam sebuah model belajar Homeschooling.  Dan pilihan Homeschooling Laskar UI adalah solusinya.

Comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Balas Chat
1
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?