| Pendaftaran Siswa
08222 333 1144 I 0812 1233 2163
Selamat Datang di Laskar UI!

Sejarah Sumpah Pemuda, Makna dan Tokoh – Tokohnya di Pelajaran Sejarah di SMP

Sejarah Sumpah Pemuda, Makna dan Tokoh – Tokohnya di Pelajaran Sejarah di SMP
Maret 8, 2024 laskarui
In News

Mungkin bagi kalian yang saat ini masih duduk di bangku sekolah SD, SMP dan  SMA perlu belajar lagi soal sejarah sumpah pemuda. Karena dari sanalah kalian akan tahu seperti apa proses sehingga terjadinya sumpah pemuda.  Sejarah sumpah pemuda itu sendiri adalah sebuah pergerakan yang dilakukan oleh para pemuda dan pemudi Indonesia  yang pada akhirnya membuat satu kesepakatan menyangkut  satu janji yaitu : satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa yaitu Indonesia. 

Ada dua hal yang semestinya perlu kalian para  generasi muda pahami terkait sejarah sumpah pemuda yaitu menyangkut Makna dari Sumpah Pemuda dan Tokoh-Tokoh yang ada dalam perjalanan sejarah Sumpah Pemuda. 

3 Makna  Yang Terkandung dalam Sumpah Pemuda 

Minimal kalian para pelajar perlu ketahui  ada 3 makna  yang terkandung dalam hari sumpah pemuda yang setiap tanggal 28 Oktober selalu kita peringati sebagai Hari Bersejarahnya Para Pemuda dan Pemudi Indonesia.  

1. Makna Hari Sumpah Pemuda  yang pertama : Menyatukan Perjuangan Bangsa Indonesia

Makna ini mengindikasikan bahwa sejak adanya hari sumpah pemuda  yang pertama kali dideklarasikan pada 28 Oktober 1928 menjadi satu momentum bagi para pemuda dan pemudi untuk Bersatu dalam merebut kemerdekaan Indonesia. Pada saat itulah pemuda dan pemudi Bersatu dalam satu perjuangan. 

2. Makna Hari Sumpah Pemuda yang kedua  : Menekankan Bahasa Indonesia Bahasa Persatuan

Dengan adanya sumpah pemuda menjadi titik awal pengakuan bahwa Bahasa Indonesia adalah Bahasa persatuan untuk pemuda dan pemudi. Sehingga Bahasa indonesialah yang digunakan dalam satu komunikasi bersama pemuda dan pemudi di Indonesia. Pada akhirnya berkat pengakuan  tersebut menjadikan Bahasa Indonesia semakin menasional.

3. Makna Hari Sumpah Pemuda yang ketiga : Memperkuat Keutuhan Bangsa Indonesia

Baca Juga  Strategi Memilih Bimbel Terbaik untuk Tujuan SBMPTN yang ada di Jakarta

Dengan adanya deklarasi sumpah pemuda, maka pemuda dan pemudi Indonesia semakin kuat karena adanya persatuan yang di bangun atas dasar persamaan. Sehingga  tidak ada lagi istilah suku dalam pergaulan pemuda tetapi yang ada hanyalah keberagaman adat istiadat  untuk persatuan dan kesatuan Indonesia. 

Konsep inilah  yang terus dikumandangkan setiap tahunnya agar makna dan hakikat yang terkandung dalam Sumpah Pemuda tetap menjadi semangat untuk perjuangan pemuda dan pemudi Indonesia pada masa dahulu hingga sekarang. Karena yang namanya pemuda dan pemudi memang harus diberikan motivasi secara terus menerus agar tetap tahu apa makna dari sebuah sejarah. Tanpa  itu maka pemuda dan pemudi dengan adanya perkembangan teknologi bisa menjadi kehilangan arah perjuangannya. 

Tokoh – Tokoh  Deklarasi Hari Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 1928

Setiap perjuangan  sudah pasti ada  tokohnya, seperti itu juga yang namanya sumpah pemuda.  Ada tokoh-tokoh pemuda dan pemudi yang pada saat  itu benar-benar menjadi motivasi bagi para pemuda dan pemudi dalam rangka mewujudkan persatuan dan kesatuan bagi Indonesia yang berasal dari keberagaman dan persatuan pemuda dan  pemudi di Indonesia. 

Dimana beberapa tokoh yang dikatakan tokoh penting dalam persiapan dan pergelaran hari Sumpah Pemuda adalah seperti penjelasan berikut ini.  Tetapi setidaknya dirinya menjadi tahu apa makna yang diberikan  informasi mengenai hari Sumpah Pemuda. 

1. Tokoh Sumpah Pemuda : Muhammad Yamin

Dirinya berasal dari Organisasi Jong Sumatranen Bond, beliau adalah seorang penyair puisi yang masuk dalam pujangga modern di Indonesia. Dirinya lah yang pada akhirnya Menyusun naskah dari ikrar Sumpah Pemuda pada Kongres Pemuda II yang saat ini di bacakan deklarasi Sumpah Pemuda. 

2. Tokoh Sumpah Pemuda  : S. Mangunsarkoro

Beliau adalah salah satu aktivis bidang Pendidikan, sehingga pada saat sebelum kongres dirinya lebih banyak berbicara soal kondisi Pendidikan di Indonesia. Dan pada akhirnya di tahun 1949-1950 dirinya diangkat jadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan

Baca Juga  Tips to become Math and Chemistry Tutors Near Me?

3. Tokoh Sumpah Pemuda  : Theodora Athia Salim  ( Dolly Salim ) 

Salah satu putri dari Haji Agus Salim  yang juga terlibat dalam deklarasi Sumpah Pemuda. Dialah Dolly Salim yang pada saat itu menyanyikan lagu Indonesia Raya melalui biolanya.

4. Tokoh Sumpah Pemuda  : Amir Syarifuddin

Salah satu tokoh dari Jong Batak Bond adalah bernama Amir Syarifudin, dialah salah satu tokoh pemuda yang anti terhadap penjajahan Jepang di Indonesia.  Dia juga termasuk salah satu yang merumuskan isi dari Deklarasi Sumpah Pemuda. 

5. Tokoh Sumpah Pemuda : W.R Supratman

Dialah tokoh yang memperkenalkan lagu kebangsaan Indonesia Raya pada saat itu dengan menggunakan instrumen biola.  Dirinya selain composer juga merupakan wartawan, pengarang, hingga pencipta lagu. Wajar jika dirinya termasuk salah satu komposer terbaik saat itu. 

6. Tokoh Sumpah Pemuda  : Prof. Mr. Sunario Sastrowardoyo

Pada saat terjadinya deklarasi tersebut, yang bersangkutan adalah salah satu tokoh yang aktif dalam Manifesto 1925 dan Kongres Pemuda II yang melahirkan Sumpah Pemuda.  Dirinya juga aktif sebagai pengacara serta membela aktivis pergerakan pada saat itu. 

7. Tokoh Sumpah Pemuda  : J.Leimena

Beliau termasuk wakil dari Organisasi Pemuda Jong Ambon dan pada saat itu dirinya juga menjadi Panitia dalam Deklarasi  Sumpah Pemuda tahun 1928. 

8. Tokoh Sumpah Pemuda  : Soegondo Dojo Pepito

Salah satu pahlawan nasional yang berasal dari  Tuban.  Dirinya selain aktif dalam pergerakan organisasi Pemuda yaitu PPI, dia juga yang mewakili Indonesia dalam Ketua Persatuan Pemuda Indonesia di Belanda. 

10. Tokoh  Sumpah Pemuda  : Djoko Marsaid

Tokoh yang berasal dari Organisasi Pemuda Jong Jawa, dia adalah juga yang menjadi wakil ketua yang menjadi panitia dalam Deklarasi Sumpah Pemuda. Dia bersama Soegondo itulah yang akhirnya sukses dalam deklarasi Sumpah Pemuda tahun 1928.

Baca Juga  Mengenal dan Memahami Macam Macam Puasa Sunnah

Comments (0)

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Balas Chat
1
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?