| Pendaftaran Siswa
08222 333 1144 I 0812 1233 2163
Selamat Datang di Laskar UI!

Tips Mudah Memahami Bahasa Asing secara Mandiri untuk Siswa SMA

Tips Mudah Memahami Bahasa Asing secara Mandiri untuk Siswa SMA
Juni 6, 2024 laskarui
In News
mandarin course

Tetapi memang memiliki kemampuan Bahasa asing  tidak bisa datang dengan sendirinya . Perlu adanya satu proses yang pada akhirnya membuat kalian bisa berbahasa asing dengan baik.  Bukan sekadar Bahasa asing tetapi memang Bahasa asing yang sesuai dengan tata Bahasa yang bersangkutan. Itulah kenapa saat ini sedari kalian para siswa yang masih duduk di bangku SMA ingin sukses di masa depan, salah satu yang bagus kalian kembangkan adalah kemampuan berbahasa asing. 

Jika bicara Bahasa asing memang cukup banyak, tetapi memang ada beberapa Bahasa yang saat ini dan kedepan perlu kalian kuasai karena beberapa hal seperti misalnya : (1) Bahasa Inggris kalian perlu mempelajari dan memahaminya karena Bahasa inggris adalah Bahasa internasional yang sangat banyak gunanya. Tidak saja ketika kalian masih belajar atau Pendidikan ataupun pada saat kalian bekerja (2) Bahasa Mandari juga sama, saat ini Bahasa ini cenderung mulai banyak di gunakan sehingga orang dengan  kemampuan Bahasa mandarin akan relative mudah mendapatkan pekerjaan. 

10 Cara Mudah Memahami dan Belajar Bahasa Asing secara Otodidak / Mandiri

Bagi kalian yang memang suka membaca sebenarnya ad acara mudah  untuk kalian bisa mempelajari dan memahami Bahasa asing. Terkadang Bahasa itu memang tidak perlu juga kita ikut kursus atau belajar Bahasa di tempat khusus hanya untuk sekadar tahu atau memahami Bahasa asing tersebut.  

Tetapi jika tujuan kursus itu agar kalian bisa mendapatkan sertifikat itu beda tujuan. Karena yang kalian kejar adalah sertifikat  yang menandakan bahwa kalian sudah punya kemampuan berbahasa asing.  Ada beberapa cara yang bisa di lakukan ketika kalian ingin belajar Bahasa asing secara mandiri. 

1. Belajar otodidak membutuhkan motivasi, jadi tentukan dahulu motivasinya

Baca Juga  Unraveling the Pythagorean Theorem: History, Concept, Formula, and Practical Examples

Dalam belajar kita harus punya motivasi dan motivasi itulah yang akan membuat kalian menjadi lebih mudah mempelajari satu materi pembelajaran. Sama juga dengan belajar Bahasa asing, dengan motivasi yang kuat kalian akan bisa memahami walaupun secara mandiri. 

2. Belajar otodidak juga harus di sertai dengan tujuan yang jelas 

Dengan kita memiliki tujuan, maka program atau proses yang akan kita lakukan akan terasa lebih enak karena kita tahu tujuan yang akan kita capai tersebut nantinya. 

3. Belajar otodidak bisa juga dengan menggunakan teknologi

Karena saat  ini teknologi bisa menjadi  teman terbaik kalian ketika kalian sedang belajar secara otodidak, sehingga dengan bantuan teknologi sama juga kalian sedang belajar dengan materi yang benar.

4. Belajar otodidak bisa menggunakan beragam materi seperti Film, Serial, atau Lagu-lagu

Kesemua materi itu bisa kalian gunakan untuk memperlancar proses belajar mandiri kalian dalam mempelajari Bahasa asing. 

5. Belajar otodidak harus tahu caranya  dan untuk Bahasa asing bisa mulai dari kosa kata

Artinya adalah belajar dari hal yang mudah dahulu baru melanjutkan ke materi yang agak susah. Karena itu bisa untuk membiasakan diri kalian dahulu sebelum melanjutkan ke materi  yang lainnya. 

6. Belajar otodidak bisa juga di lakukan bersama teman sebagai lawan komunikasi

Belajar dengan teman yang memiliki kesukaan sama bisa menjadi salah satu cara terbaik dalam memahami satu Bahasa asing. Karena dengan adanya teman kalian tidak sendiri dan memiliki teman untuk berdiskusi. 

7. Belajar otodidak bisa juga dengan kalian berkumpul bersama komunitas sejenis

Istilah katanya dengan adanya satu komunitas maka itu akan jauh lebih efektif karena keseharian kalian akan terbiasa menggunakan Bahasa asing tersebut. 

Baca Juga  Cara Mudah Belajar Sejarah Kerajaan Islam bagi Siswa SMP

8. Belajar otodidak itu tidak boleh takut salah karena itu adalah kuncinya

Jika kalian tahu kuncinya maka kalian akan mudah memahaminya, jangan takut salah justru dengan salah akan menjadi pembelajaran sehingga kedepan akan bisa jauh lebih baik lagi dalam berkomunikasi. 

9. Belajar otodidak harus kalian rekam dan evaluasi 

Karena kalian belajar Bahasa dan Bahasa asing itu akan jauh lebih baik jika kalian juga belajar pengucapannya. Sehingga perlu adanya vase dimana kalian harus merekam suara kalian dan kemudian melakukan pengecekan apakah sudah benar atau masih kurang pas dalam pengucapannya. 

10. Belajar otodidak juga harus tetap berdoa, karena doa akan bisa membuat kalian lebih mantap dalam mempelajari satu Bahasa agar bisa lebih cepat paham. 

Nah dari apa  yang telah di jelaskan diatas memang pada akhirnya semua kembali pada diri kalian masing masing. Apa sebenarnya yang menjadi kendala justru yang menjadi kendala adalah diri kalian sendiri. Karena belajar itu adalah mudah ketika kalian ikhlas tetapi ketika kalian tidak ikhlas itulah yang jadi kendala sehingga susah untuk bisa memahaminya. 

Ambil contoh ketika kalian belajar Bahasa asingnya adalah Bahasa inggris, maka ada beberapa hal yang mungkin bisa kalian lakukan untuk mempercepat kemampuan kalian dalam memahami Bahasa inggris.  Setidaknya jika beberapa hal berikut kalian jalankan maka kemampuan Bahasa inggris kalian bisa lebih baik. 

  1. Cobalah kalian melakukan cara memperbanyak penguasaan kosa kata Bahasa inggris.  Caranya bisa dengan membaca dari apa saja. Bisa membaca dari buku, dari artikel atau dari media lain yang bermanfaat untuk menambah kosa kata kalian. 
  2. Cobalah untuk lebih sering mendengarkan music dalam Bahasa inggris sambil kalian mencoba menerjemahkan apa sebenarnya isi dari lagu  tersebut. Semakin sering kalian lakukan akan semakin baik hasilnya. 
  3. Cobalah untuk sering menonton film asing  terutama berbahasa inggris tanpa dilengkapi sub tittle itu juga akan bisa mempermudah kalian menambah pengetahuan dan kemampuan kalian dalam belajar Bahasa inggris. 
  4. Cobalah kalian yang suka menulis sering seringlah menulis dalam Bahasa inggris, karena dengan seringnya kalian menulis akan terbiasa kalian untuk bisa memahami mana kosa kata yang tepat untuk kalimat yang akan kalian buat. 
  5. Cobalah lebih sering menggunakan beragam aplikasi karena saat ini begitu banyak aplikasi yang akan bisa mempermudah kalian untuk belajar Bahasa asing secara mandiri. Pergunakan aplikasi secara maksimal sehingga kalian bisa tahu hasil akhir setelah kalian menggunakan aplikasi teknologi apakah cukup membantu atau cara lain yang mesti kalian gunakan untuk memperlancar Bahasa asing kalian. 
Baca Juga  Pola Kalimat Present Perfect Tense dalam sebuah Bahasa untuk Materi Bahasa Inggris

 

Comments (0)

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Balas Chat
1
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?