| Pendaftaran Siswa
08222 333 1144 I 0812 1233 2163
Selamat Datang di Laskar UI!

Jenis dan Contoh Puisi Pendek dalam Pelajaran Bahasa Indonesia untuk SMP

Jenis dan Contoh Puisi Pendek dalam Pelajaran Bahasa Indonesia untuk SMP
Maret 8, 2024 laskarui
In News

Dalam pelajaran Bahasa Indonesia, memang materi yang berhubungan dengan puisi menjadi salah satu materi yang akan diberikan pada siswa tingkat SMP ( Sekolah Menengah Pertama). Sehingga bagi kalian yang saat ini duduk di bangku SMP perlu juga kalian pahami dan mengerti terkait apa itu puisi dan bagaimana sebenarnya puisi tersebut.  Dengan kalian pahami makna dan  maksud dari  puisi maka ketika kalian diminta untuk membuatnya dapat dilakukan dengan mudah. 

Bicara soal puisi, sejatinya memang kita akan di ingatkan pada satu kondisi bahwa sebenarnya puisi itu adalah sebuah ungkapan hati atau jiwa yang diungkapkan  oleh sang penciptanya untuk tujuan tertentu, Sehingga ketika kalian tahu dahulu banyak nama-nama pujangga seperti WS Rendra, Sapardi Djoko Damono, Sitor Situmorang, Taufik Ismail, Amir Hamzah hingga Chairil Anwar. Mereka semua adalah sosok pujangga yang terkenal dengan karya puisi-puisinya. 

5 Ciri Puisi dalam Sebuah Ungkapan Jiwa Sang Pujangga

Tidak bisa di pungkiri, ketika seseorang membuat sebuah puisi dirinya sedang menyampaikan sesuatu maksud kepada pembacanya. Jika dahulu mungkin orang lebih suka menyampaikan sesuatu dengan cara yang tersirat ( tidak secara langsung). Sehingga model Tulisan puisi menjadi salah satu cara  terbaik dalam mengungkapkannya.  Tidak heran beragam  model tulisan puisi akan di hiasi dengan beragam makna seperti : Rasa sedih, gembira, takut, marah dan beragam makna lainnya. 

Ada 5 hal yang menjadi ciri dari sebuah puisi, sehingga ketika kalian menemukan suatu bacaan atau ungkapan sebuah kata kata, maka kalian sudah bisa menentukan apakah itu sebuah puisi atau bukan. Di mana ke-5 ciri dari puisi itu sangat mudah di pahami seperti misalnya : 

1. Puisi biasanya akan menggunakan pilihan kata- kata yang indah

Kenapa demikian, karena puisi adalah bagian dari sebuah karya sastra sehingga dalam pembuatan puisi seorang penulis atau pujangga akan menggunakan pilihan kata-kata yang sudah mereka pilih. 

Baca Juga  Bimbingan Belajar Strategi Cerdas dalam Meraih Prestasi Akademik

2. Puisi biasa menggunakan diksi dengan memperhatikan rima dan sajak

Berbeda memang menulis puisi dan karangan bebas. Karena dalam puisi kalian akan menemukan kata-kata atau hal yang berbeda, itulah yang disebut dengan rima dan sajak. Sehingga modelnya bisa mudah diketahui bahwa itu adalah puisi. 

3. Puisi biasanya akan menggunakan model bait dan baris

Maksudnya adalah dalam sebuah tatanan atau ungkapan kata kata yang ditulis biasanya akan terlihat mana yang berupa bait dan mana yang termasuk baris. Karena dalam sebuah puisi kedua hal itu harus ada. 

4. Puisi biasanya akan menggunakan kata-kata yang termasuk dalam majas atau kiasan

Nah inilah maksud dari puisi karena tujuannya adalah untuk menyampaikan sesuatu maksud, maka ada unsur majas atau kiasan yang tercantum dalam puisi tersebut. 

5. Puisi biasanya akan memiliki amanat yang intinya untuk bahan pembelajaran

Sekalipun bentuknya adalah sebuah kata-kata kiasan, tetapi dibalik itu semua ada pelajaran yang akan disampaikan dari tulisan puisi tersebut. Sehingga bisa jadi puisi adalah sebuah pembelajaran yang disampaikan tidak secara langsung. 

Berbagai Hal Tentang Puisi dan Contoh Puisi Pendek 

Bagi kalian yang ingin tahu lebih jauh tentang puisi, setidaknya ada beberapa hal yang perlu kalian ketahui tentang puisi.  Setidaknya dengan kalian pahami beberapa hal berikut akan memudahkan kalian dalam memahami sebuah puisi.. 

1. Ada 3 Jenis Puisi  yang biasanya dipergunakan dalam Bahasa Indonesia

Di mana ketiga jenis puisi ini memang sering kali dipergunakan atau dipakai dalam . pembuatan sebuah puisi. Sehingga dengan melihat sebuah tulisan puisi kalian sudah tahu ini jenis puisi apa. 

2. Jenis Puisi Naratif  

Terdapat dua jenis puisi yang termasuk dalam jenis puisi naratif.  Dimana sesuai dengan namanya maka model puisi naratif akan mengandung unsur narasi. Seperti model Puisi Balada dan Puisi Romansa itulah dua jenis puisi yang masuk dalam jenis puisi naratif. 

Baca Juga  Pengertian SBMPTN dan Jurusan yang diminati dalam seleksi SBMPTN

3. Jenis Puisi Lirik

Ada 3 jenis puisi yang masuk dalam jenis puisi lirik, dimana ketiganya akan mudah kita ketahui dari model tulisan yang ada dalam puisi berikut seperti misalnya : Puisi Elegi, Puisi Serenada, Puisi Ode. Dari sini kita akan tahu bahwa itu adalah puisi lirik

4. Jenis Puisi Deskriptif

Jenis puisi ini sesuai dengan namanya akan memberikan satu penjelasan atau kesan terhadap satu kondisi atau peristiwa. Dari jenis puisi ini ada 2 jenis yang termasuk di dalamnya yaitu : Puisi Satire dan Puisi Kritik Sosial. 

5. Ada 2 Bentuk Puisi yang Sering digunakan dalam Bahasa Indonesia

Dimana kedua bentuk puisi itu masing – masing akan menjelaskan kondisi masa dimana puisi tersebut dibuat. Dengan memperhatikan keduanya, maka kita akan bisa tahu masuk ke bentuk puisi mana : 

6. Puisi Lama 

Puisi lama biasanya masih menggunakan aturan- aturan atau pakem-pakem yang mengikat tulisannya seperti persajakan, pengaturan larik dalam setiap bait, jumlah kata dalam setiap larik, dan musikalitas. Contohnya, pantun, syair, gurindam, karmina, mantra, seloka, dan talibun.

7. Puisi Baru

Berbeda dengan puisi baru, karena konsep tulisannya bisa lebih bebas dalam mengekspresikan kata – katanya. Seperti misalnya balada, elegi, himne, epigram, ode, romansa, dan satire.

8. Ada dua hal yang membentuk sebuah Puisi dalam Bahasa Indonesia 

Terdapat 2 hal yang membentuk sebuah puisi sehingga jelas dikatakan bahwa itu adalah sebuah puisi.  Dimana kedua hal tersebut akan melekat dari sebuah tulisan puisi yang dibuat oleh penciptanya. 

  1. Unsur Fisik  yang selalu ada dalam sebuah puisi adalah mengandung empat hal yang terdiri dari : Majas, Irama, Kata- Kata Konotasi dan Kata-Kata Berlambang. 
  2. Unsur Batin yang akan selalu ada dalam sebuah puisi pun terdiri dari beberapa hal. Sehingga dengan adanya unsur batin ini maka kita tahu bahwa itu adalah Tulisan puisi seperti misalnya : Tema, Amanat, Perasaan, Nada dan Suasana.
Baca Juga  Manfaat Les Privat Jarak Jauh Untuk Sang Anak

Comments (0)

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Balas Chat
1
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?