| Pendaftaran Siswa
08222 333 1144 I 0812 1233 2163
Selamat Datang di Laskar UI!

Konsep Pendidikan Dasar dengan Syarat Masuk Usia

Konsep Pendidikan Dasar dengan Syarat Masuk Usia
April 11, 2022 laskarui
In News
para siswa angkat tangan untuk menjawab pertanyaan dari guru

Pendidikan dasar memang menjadi salah satu cara untuk mencerdaskan anak bangsa.

Sehingga syarat masuk SD dengan adanya usia minimal calon peserta didik menjadi satu hal yang mesti menjadi perhatian. 

Masalah pendidikan memang bukan tanggung jawab pemerintah semata, tetapi pendidikan adalah tanggung jawab semua komponen masyarakat.

Itulah yang pada akhirnya kita sebagai ayah dan bunda perlu memahami makna yang terkandung dalam pendidikan dasar selama 9 tahun dan apa saja yang menjadi syarat dan ketentuan untuk sang buah hati kita masuk dalam pendidikan dasar tersebut. 

Karena tanpa memahami dan mengerti dengan benar konsep dari pendidikan dasar 9 tahun itu, maka program wajib belajar yang diprogramkan oleh pemerintah tidak akan berhasil dengan baik.

Setidaknya kita sebagai ayah dan bunda perlu memahami dengan lebih baik seperti apa sebenarnya konteks program wajib belajar selama 9 tahun yang diwajibkan tersebut. 

 

Buah Hati Anda Masuk SD, Berikut Persyaratannya yang Perlu diLengkapi

syarat dan ketentuan yang perlu diperhatikan

Sekalipun programnya masih dalam kelas SD, tetapi tentu saja pemerintah bersama kementerian terkait sudah menentukan apa saja persyaratan yang mesti dimiliki jika sang buah hati ingin masuk ke pendidikan dasar di Sekolah Dasar. 

Semua itu dilakukan oleh pemerintah terkait agar sang buah hati bisa lebih maksimal dalam mengikuti pelajaran yang diajarkan oleh pendidik di bangku kelas walau di tingkat SD. 

Terkait masalah persyaratan yang akan menjadi pertimbangan bagi sang buah hati pada saat ingin masuk ke sekolah  tingkat SD adalah : 

  1. Sebaiknya pada saat sang buah hati ingin masuk ke pendidikan SD usia sang buah hati berada dalam kisaran usia 6-7 tahun.  Hal itu sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh pemerintah terkait. 
  2. Tetapi jika pada waktu pendaftaran belum berusia 7 tahun, maka ada baiknya sang buah hati berada di usia minimal 6 tahun pada tanggal 1 Juli pada tahun yang sedang berjalan.
  3. Memang bisa saja sang buah hati kita masuk ke pendidikan SD pada usia sebelum 7 tahun, tetapi memang hal terbaik yang bisa dilakukan kita sebagai ayah dan bunda adalah ketika sang buah hati berada di usia 7 tahun untuk masuk SD.
  4. Namun bagi ayah dan bunda, tidak perlu kuatir ketika sang buah hati belum genap 7 tahun tetapi dirinya sudah ingin bersekolah. Karena ada persyaratan lain yang juga bisa dikecualikan untuk buah hati yang belum 7 tahun tetapi memiliki kelebihan seperti: (a)  sang buah hati memiliki kecerdasan/ bakat istimewa yang berbeda dari anak anak seusianya (b) sang buah hati memiliki kesiapan psikis .
  5. Penjelasan lain yang berkaitan dengan kelebihan tersebut sudah dalam bentuk rekomendasi yang diberikan oleh seorang psikolog profesional. 

 

4 Aspek Sang Buah Hati Memenuhi Persyaratan Bisa Masuk Ke SD

siswi sekolah dasar yang siap untuk pergi sekolah

Persyaratan yang masuk dalam kategori 4 aspek yang mesti dipenuhi sang buah hati agar dirinya bisa masuk ke Sekolah Dasar dan sudah di sesuaikan dengan adanya ketentuan dari pemerintah terkait adalah: 

1. Aspek Fisik dari sang buah hati

Kenapa usia wajib seorang anak masuk SD adalah 7 tahun, karena pada saat usia itulah biasanya seorang anak akan memiliki fisik yang matang dan pada akhirnya mereka bisa mengikuti pelajaran yang diberikan di kelas dari pagi hingga siang hari.

Disamping itu dengan kondisi fisiknya tersebut seorang anak akan bisa mengikuti semua hal yang terkait dengan pendidikan di sekolah.

2. Aspek Psikologis dari sang buah hati

Secara aspek psikologis biasanya seorang anak sudah bisa memperhatikan dan mengikuti pembelajaran yang diberikan oleh guru di kelas.

Sehingga dengan kondisi seperti ini maka seorang anak sudah bisa berkonsentrasi dalam mengikuti pelajaran.

Tetapi jika anak yang belum berusia 7 tahun di kuatirkan secara psikologis belum siap, sehingga perlu adanya penjelasan lebih lanjut dari seorang psikologis anak. 

3. Aspek Kognitif dari sang buah hati

Dalam mengikuti pembelajaran di kelas, memang ada baiknya seorang anak dalam hal aspek kognitifnya sudah berkembang.

Sehingga diharapkan mereka bisa mengikuti kegiatan dalam hal membaca, menulis, dan berhitung secara sederhana.

Sehingga hal itulah yang menjadi dasar kenapa seorang anak harus minimal standar masuk sekolah di usia 7 tahun agar semuanya sudah bisa berjalan sebagaimana mestinya. 

4. Aspek Emosi dari sang buah hati

Dengan adanya emosi yang sudah berkembang, maka seorang anak akan bisa menentukan kapan bermain dan kapan harus belajar.

Sehingga dengan aspek kognitif yang sudah berkembang dan emosi sang anak juga sudah bisa berjalan dengan baik.

Maka dalam kondisi seperti itulah ada baiknya seorang sudah mulai masuk ke SD.

 

Penjelasan diatas memang sebuah tinjauan yang didasarkan pada satu kondisi yang biasanya terjadi pada diri seorang anak.

Tetapi memang jika pada akhirnya seorang anak bisa mengikuti apa yang mesti di ikutinya walaupun usianya belum masuk 7 tahun maka hal itu juga bisa dilakukan agar sang buah hati tetap bisa masuk sekolah SD. 

Itulah beberapa ketentuan yang mesti kita sebagai ayah dan bunda pahami sebelum pada akhirnya memasukan buah hati kita dalam pendidikan dasar di SD.

Karena dengan mengetahui persyaratan dan ketentuan yang menjadi satu ketetapan dari pemerintah terkait maka kita sebagai seorang ayah dan bunda akan tahu bagaimana menyikapi kondisi jika sang buah hati belum masuk dalam kategori siswa yang wajib masuk ke Sekolah Dasar.

Comments (0)

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*

Balas Chat
1
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?