| Pendaftaran Siswa
08222 333 1144 I 0812 1233 2163
Selamat Datang di Laskar UI!

Strategi Membuat Anak Anak Sukses dan Berbakat di Sekolah Dasar

Strategi Membuat Anak Anak Sukses dan Berbakat di Sekolah Dasar
Maret 8, 2022 laskarui
In News

Siapa orang tua yang tidak ingin anak-anaknya sukses, karena memang itulah yang di inginkan oleh semua orang tua. Mareka ingin agar anak-anaknya sukses dengan prestasi yang di gelutinya. Tetapi mungkin perspektif sukses  itu tiap orang tua berbeda-beda, kesemua  itu tergantung dari cara pandang orang tua dalam melihat dan memaknai arti kesuksesan tersebut.

Lantas jika kita sebagai orang tua ingin tahu, jika memang anak anak kita mesti bersekolah sejak sekolah dasar, apakah dari taraf  sekolah dasar itu mereka bisa juga menjadi pribadi yang sukses. Atau sebenarnya kesuksesan itu harus melalui sebuah proses dan  tidak bisa dilihat dari lingkup sekolah yang paling dasar yaitu SD.

Ada beberapa dasar yang pada akhirnya bisa menjadi penjelasan dari kondisi tersebut. Tentunya terkait dengan pendapat yang mengatakan bahwa kesuksesan itu adalah sebuah proses dan proses itu bisa di mulai atau lalui dari masa saja termasuk pada saat anak anak kita masih di bangku SD.

Perspektif Kesuksesan dari Kaca Mata  Orang Tua dan Bagaimana Mencapainya

Dari  beberapa pendapat   yang mungkin bisa menjadi satu tambahan informasi bagi kita para orang tua.  Sebenarnya untuk menjadikan anak anak kita sukses dengan range usia  yang masih muda yaitu pada saat anak anak kita berada di bangku SD bisa di jelaskan sebagai berikut  :

  1. Jika kesuksesan yang di capai itu berhubungan dengan kesuksesan yang sifatnya  prestasi maka hal itu bisa di mulai dari usia pendidikan kapan pun. Termasuk dalam rentang usia SD pun tidak masalah, karena  yang di kejar adalah kesuksesan yang berkaitan dengan prestasi
  2. Jika kesuksesan yang di capai itu berkaitan dengan sejauh mana anak anak kita bisa mengembangkan minat dan  bakatnya. Maka kondisi itupun bisa di lakukan, yaitu sejak anak anak kita masih dalam taraf sekolah  SD sudah mulai di arahkan tujuan karirnya.
  3. Jika kesuksesan yang ingin di hasilkan adalah berupa kesuksesan yang bersifat materi seperti misalnya sukses menjadi public figur atau atlit berprestasi. Kondisi anak anak kita yang masih bersekolah di tingkat SD pun bisa di lakukan. Namun kondisinya adalah mereka harus selalu komitmen dengan pilihan yang anak anak kita akan pilih.

Itulah perspektif kesuksesan yang bisa di capai oleh anak anak kita yang ingin di capai dalam rentang usia mereka yang masih berada di bangku SD. Namun akan menjadi lain artinya jika konsep kesuksesan yang ingin di capai oleh anak anak kita adalah kesuksesan yang sifatnya sukses secara profesional misalnya sebagai seorang pebisnis. Karena yang namanya bisnis itu akan berkembang, sehingga ketika kita atau anak anak kita masih SD belum tentu akan bisa di wujudkan kesuksesan yang berasal dari profesional. Karena mereka masih labil dan belum bisa menentukan profesi atau profesionalisme dirinya di masa mendatang nantinya.

Pola Pendidikan di Tingkat Sekolah  Dasar untuk Membentuk  Karakter Pribadi Sukses

 Karakter seseorang memang bisa di bentuk, dan cara paling mudah untuk membentuknya adalah ketika diri kita masih kecil. Itulah sebabnya, jika anak anak kita ingin di arahkan menjadi pribadi yang berkarakter maka bisa di lakukan sejak SD dengan pola pendidikan yang berbeda :

 

  1. Pendidikan yang diberikan kepada anak anak kita adalah pendidikan yang di kombinasikan antara  pendidikan formal dan pendidikan kewirausahaan. Dengan cara seperti itu maka anak anak kita akan terbiasa untuk berfikir bisnis sejak dini.
  2. Pendidikan yang diberikan kepada anak anak kita yang masih ada di bangku SD adalah model pendidikan yang tidak saja  pendidikan formal sesuai kurikulum. Tetapi juga di tambah dengan pendidikan pembentukan karakter.
  3. Pendidikan yang diberikan kepada anak anak kita yang masih berada di bangku SD adalah pendidikan yang membuat mereka bisa lebih dewasa dan bertanggungjawab.  Tetap pendidikan  formal sebagai dasar untuk menjadikan pola berfikir secara benar. Sedangkan untuk menumbuhkan rasa percaya dirinya maka model pendidikan yang diberikan seperti pendidikan pendidikan praktek.

Dengan semua penjelasan yang telah di berikan diatas, kita sebagai orang tua hanya tinggal mendukung dan memberikan supporting kepada anak anak kita. Bahwa kesuksesan itu memang bisa diraih dari usia kita dini. Hanya memang kesuksesan seperti apa yang ingin kita wujudkan.  Jika memang kesuksesan itu seperti suksesnya para pelaku bisnis dan profesional bisnis, maka pendidikan anak anak di usia dini bisa di jadikan sebagai motivasi.

Comments (0)

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*

Balas Chat
1
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?