| Pendaftaran Siswa
08222 333 1144 I 0812 1233 2163
Selamat Datang di Laskar UI!

Bacaan Niat Sholat Hajat dan Keutamaannya dalam Islam

Bacaan Niat Sholat Hajat dan Keutamaannya dalam Islam
Maret 8, 2024 laskarui
In News

Bagi kalian siswa sekolah yang saat ini masih duduk di bangku sekolah baik di tingkat SD, SMP hingga SMA. Siapa yang tidak ingin bisa menjadi siswa yang cerdas dan selalu mendapatkan rangking di sekolah. Tentu semua ingin mendapatkannya, tetapi terkadang kita sebagai siswa tidak tahu cara mendapatkannya.  Mungkin selama ini kalian sudah belajar, tetapi ada baiknya di samping belajar kalian juga bisa menambah dengan melakukan sholat  hajat. 

Apa itu sholat hajat, bagi para orang tua yang sudah pernah melakukannya tentu kalian tahu bagaimana menjelaskan sholat ini kepada putra putri kalian. Tetapi bagi yang belum tahu kami akan coba menjelaskan  apa itu sholat hajat dan bagaimana cara menjalankan dan manfaatnya. 

Meskipun manfaat dan keutamaan sholat hajat cukup banyak, tetapi setidaknya kita bisa menjelaskan minimal 3 keutamaan atau  manfaat yang bisa di dapatkan dari kita yang sering melakukan sholat hajat.  Dimana ketiga hal tersebut bisa menjadi motivasi kalian dalam melakukan sholat hajat demi kebaikan diri kalian. 

1. Manfaat atau keutamaan sholat hajat akan cepat terkabulnya Doa

Sholat pada hakekatnya adalah mendekatkan diri kepada Allah swt, sehingga apapun bentuk dan konsep shalat  yang kita lakukan kesemuanya sudah pasti berujung pada berserah dan pasrah kita kepada Allah swt. Dengan seringnya kita melakukan sholat hajat terutama pada saat kita  sedang membutuhkan pertolongan dari Allah swt karena satu hal, maka tidak salah jika kita bermohon dalam sholat hajat agar apa yang jadi keinginan kita bisa terkabul. 

2. Manfaat atau keutamaan sholat hajat akan semakin dicintai oleh Allah swt

Bukan karena sholat  hajatnya saja tetapi karena  sikap pasrah kita dalam menghadapi satu kondisi itu yang membuat Allah swt semakin cinta kepada hambanya. Sehingga dengan selalu melakukan kebaikan dengan cara sholat hajat maka sudah pasti Allah swt akan semakin dekat dengan hambanya. 

Baca Juga  Cara Mudah Optimalkan Pemahaman Membaca Bahasa Inggris dengan Cara Yang Benar

3. Manfaat atau keutamaan shalat hajat bisa menghindarkan dari bahaya

Sholat akan bisa mencegah kita dari bahaya, seperti juga dengan melakukan sholat hajat akan bisa menghindarkan diri kita dari adanya bahaya. Itulah kenapa ada baiknya memang kita sering mengingat diri kita dengan doa dan sholat. Karena dengan cara seperti itu maka kita akan semakin terhindar dari bahaya. 

Dengan adanya beberapa keutamaan tersebut maka tidak salah jika pada akhirnya memang kita baik sedari kecil hingga dewasa selalu melakukan dua hal yaitu berusaha dan berdoa.  Dimana do aitu bisa dilakukan setelah sholat dan menjalankan sholat hajat sehingga apa yang kita  inginkan bisa di kabulkan oleh Allah swt. Mengingat Allah swt adalah tempat kita  untuk meminta dan bermohon kepadaNya. 

Satu hal yang penting ketika  kita melakukan sholat hajat adalah bahwa kita harus tahu tata cara dan prosesnya sehingga sholat yang kita jalankan benar-benar akan membawa keberkahan hidup kita karena sudah menjalankan apa yang diperintah secara benar. 

Berbagai Hal Terkait Sholat Hajat dan Tata Caranya

Sholat dan semua hal yang berhubungan dengan hal yang positif sebaiknya memang didasarkan dengan niat. Maka dalam sholat hajat juga ada baiknya kalian para siswa pahami dahulu apa atau seperti apa niat untuk melakukan sholat hajat  yang jumlah rakaatnya ada 2. 

1. Niat  untuk melakukan sholat hajat 2 rakaat

اُصَلِّى سُنَّةَ الْحَاجَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالَى
Ushollii sunnatal haajati rok’aataini lillahi ta’ala.
Artinya: “Aku berniat sholat hajat sunnah hajat dua raka’at karena Allah Ta’ala.”

Ada baiknya memang sholat hajat dilakukan pada malam hari dengan melakukan 2 rakaat dan satu salam. Tetapi memang tidak ada yang mengharuskan kita melakukan pada malam hari. Ini adalah hanya mengambil waktu terbaiknya saja, tetapi jika dilakukan pada saat siang hari pun tidak ada masalah yang penting niat yang kita lakukan sudah benar. 

Baca Juga  Contoh Media Pembelajaran bagi Anak Anak Berkebutuhan Khusus

2. Tata  Cara dalam Melakukan  Sholat Hajat

Dalam melakukan sholat hajat memang tidak berbeda dengan sholat lainnya, tetapi jika kalian ingin tahu lebih detail, berikut ini kami akan coba berikan informasi terkait bagaimana sebaiknya dalam melakukan sholat hajat sehingga shalatnya menjadi sempurna. 

  • Lafadz niat sholat hajat di dalam hati bersamaan dengan takbiratul ihram
  • Membaca doa iftitah
  • Membaca ta’awudz
  • Dilanjutkan dengan mengucapkan surat al-Fatihah
  • Membaca salah satu surah di dalam al-Quran (Dianjurkan untuk membaca surah Al-Kafirun dan surah Al-Ikhlas satu kali)
  • Rukuk sambil membaca tasbih tiga kali
  • I’tidal dengan tuma’ninah sambil membaca bacaannya
  • Lalu sujud sambil membaca tasbih sebanyak 3 kali
  • Setelah itu, lakukan rakaat kedua seperti cara di atas
  • Jika sudah sampai di tasyahud akhir, jangan lupa untuk mengucapkan salam

4. Hal terakhir yang mesti kalian lakukan adalah berdoa ketika sholat Hajat

Maksudnya adalah, bukan berdoa sembarang doa. Karena inti utama dari shalat hajat adalah permintaan doa kita agar dikabulkan oleh Allah swt. Sehingga pada saat sholat khususnya pada saat pada bagian tertentu yaitu pada saat sholat hajat sebaiknya memang adik adik atau kalian yang ingin agar keinginan terkabulkan melakukan doa khusus pada saat sholat hajat. Proses sebaiknya adalah bisa kalian lakukan pada saat setelah i’tidal dan membaca doanya, bacalah doa qunut. Kemudian pada saat  duduk di antara dua sujud, ucapkan doa memohon kesehatan diri dan keluarga, limpahkan rezeki, permohonan ampun dan maaf atas dosa-dosa atas apa yang telah kita perbuat, dan sebagainya. Dan pada akhirnya di penghujung sholat hajat barulah pada saat sujud, ungkapkan kembali rasa syukur kepada Allah SWT atas segala nikmatnya. Permohonan doa bisa dilanjutkan kembali setelah selesai membaca tasyahud akhir dan shalawat Nabi SAW.

Baca Juga  Les Private Bogor Suasana Belajar yang Menyenangkan

Comments (0)

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Balas Chat
1
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?