| Pendaftaran Siswa
08222 333 1144 I 0812 1233 2163
Selamat Datang di Laskar UI!

Pengaruh Pembelajaran di Bimbel terhadap Solusi Kesulitan Belajar Siswa

Pengaruh Pembelajaran di Bimbel terhadap Solusi Kesulitan Belajar Siswa
January 4, 2022 laskarui
In News

Pengaruh Pembelajaran di Bimbel terhadap Solusi Kesulitan Belajar Siswa

Tiap  anak dalam soal belajar dan memahami sebuah pelajaran yang diberikan di sekolah memang berbeda-beda cara pemahamannya. Ada siswa yang mudah dalam menangkap pelajaran dan ada siswa yang sulit dalam memahami pelajara. Sehingga selain itu menjadi tugas dan  tanggung jawab  guru di kelasnya juga tanggung jawab kita sebagai orang tua di rumah.

Karena bagaimana pun juga masalah belajar dan pemahaman pelajaran itu tidak semua jadi tanggung jawab guru tetapi juga  tanggungjawab kita sebagai orang tua.  Itulah sebabnya, perlu adanya satu pemahaman yang sejalan antara orang tua dan guru dalam mendidik dan memberikan pembelajaran yang baik kepada sang buah hati kita agar mereka bisa maksimal.

Banyak cara sebenarnya yang bisa di lakukan baik guru di sekolah ataupun khususnya orang tua di rumah.  Setidaknya dari beberapa referensi yang bisa kita jadikan acuan, seharusnya kita bisa memberikan beberapa solusi kepada sang buah hati ketika mereka mengalami masalah dalam memahami pelajaran yang ada di sekolah.

Nah bagi ayah dan bunda jika ingin memberikan solusi bagi sang buah hati yang mengalami kesulitan belajar, maka salah satunya bisa dengan memberikan program belajar melalui bimbingan belajar.  Banyak hal menarik yang bisa diberikan bimbel agar kesulitan  belajar dari sang buah hati kita  bisa di atasi dengan cukup baik.

1.Program bimbingan belajar bisa menciptakan iklim belajar yang nyaman.

Dengan nyamannya siswa belajar, itu akan bisa membantu dalam menguasai pelajaran yang diberikan oleh pengajar di bimbel. Itu penting karena kenyamanan belajar penting untuk siswa belajar dengan baik.

2.Program bimbingan belajar bisa menciptakan lingkungan kelas yang menarik

Dengan adanya lingkungan kelas yang baik, maka siswa akan lebih mudah memahami pelajaran yang disampaikan oleh pengajar di bimbingan belajar. Sehingga hasilnya bisa lebih baik.

3.Program bimbingan belajar cepat dalam merespon apa yang di tanya siswa

Ini menjadi penting bagi siswa, sehingga mereka bisa lebih aktif dalam belajar dan hal itu akan berdampak positif dalam proses belajar dan mengajar.

4.Program bimbingan belajar bisa menciptakan keakraban siswa dan pengajar

Dengan adanya kedekatan antara siswa dan pengajar   itu cukup membantu bagi siswa untuk bisa sedapat mungkin berkomunikasi dengan pengajar. Sehingga ketika ada soal yang kurang jelas bisa langsung di tanyakan.

5.Program bimbingan belajar akan bisa menemukan cara dan metode belajar yang baru

Hal itu menjadi penting karena dengan cara baru akan semakin menjadikan proses belajar jadi lebih menarik dan tidak membosankan bagi siswa.

6.Program bimbingan belajar bisa mengulang materi yang kurang paham

Ini yang membedakan belajar di  bimbel dan kelas. Karena belajar di bimbel siswa bisa saja meminta pengulangan pembelajaran ketika ada materi yang kurang jelas atau kurang bisa di pahami dengan cukup baik.

7.Program bimbingan belajar bisa mendengarkan keluhan dari siswa

Sistem bimbel memang bukan belajar  yang formal seperti di kelas, sehingga dengan model non formal siswa akan lebih nyaman   belajar melalui sistem bimbel.

8.Program bimbingan belajar bisa mengontrol siswa

Karena jumlah siswanya terbatas, maka pengajar di bimbel bisa dengan mudah mengontrol siswanya. Sehingga semua siswa bisa dengan mudah di kontrol dan di perhatikan dengan seksama oleh pengajar.

9. Program bimbingan belajar bisa belajar dengan sistem percakapan

Penyesuaian cara penyelesaian soal atau  belajar bisa mengubah sesuatu yang formal jadi lebih santai. Seperti misalnya melakukan percakapan atau diskusi akan bisa menjadikan proses belajar jadi lebih menyenangkan.

10. Program bimbingan belajar bisa saja pengajar menggunakan cara bercerita

Ini juga sering di lakukan pengajar agar siswanya lebih paham.  Karena model pengajaran di bimbel memang tidak formal jadi bisa di lakukan dengan banyak cara agar siswa lebih paham.

11. Program bimbingan belajar bisa melakukan hiburan untuk siswa agar tidak tegang dalam belajar

Kondisi ini jarang dilakukan pada sekolah atau kelas formal di sekolah. Sehingga program bimbingan belajar  ini bisa membuat siswa lebih rileks dalam menjalani proses belajar di lokasi dimana bimbel berada.

12. Program bimbingan belajar akan bisa memberikan pertanyaan yang membuat siswa akan tertantang untuk lebih aktif.

Cara seperti ini biasa di gunakan oleh pengajar di bimbingan belajar agar siswanya bisa lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran di bimbel.

13. Program bimbingan belajar biasa sang pengajar memberikan pujian kepada siswanya

Ini bagus bagi siswa karena apresiasi akan bisa meningkatkan motivasi dan semangat belajar yang tinggi pada siswa yang bersangkutan.

Dari penjelasan diatas kita bisa menilai bahwa program bimbingan belajar bagi sang buah hati kita menjadi satu hal yang menarik untuk di jalankan. Kenapa, karena  beberapa hal  tadi  jarang di lakukan di  kelas formal, sehingga bisa jadi dengan beberapa cara seperti diatas itulah biasanya siswa akan tertantang untuk bisa secara aktif mengikuti pelajaran.

Kesemua itu tujuan akhirnya sudah  jelas,  bahwa pada akhirnya siswa akan terbiasa untuk selalu aktif dan selalu bersikap komunikatif dengan para pengajar.  Dengan adanya kedekatan yang semakin baik itulah yang akan membuat proses belajar jadi sesuatu yang menarik bagi kedua belah pihak.  Dan positifnya bagi kita sebagai orang tua adalah sang buah hati akan semakin menyukai pola belajar yang di berikan oleh pengajar di bimbel  tersebut.

 

Comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Balas Chat
1
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?