| Pendaftaran Siswa
08222 333 1144 I 0812 1233 2163
Selamat Datang di Laskar UI!

Kesalahan Orang Tua dalam Mendidik Anak

Kesalahan Orang Tua dalam Mendidik Anak
Maret 8, 2022 laskarui
In News

Apapun kondisinya peran orang tua dalam mendidik seorang anak memang bisa membawa dampak yang berbeda bagi sang anak. Ambil contoh misalnya, kita sebagai orang tua memiliki anak lebih dari satu sudah pasti cara kita mendidik terkadang bisa berbeda hasilnya kepada anak-anak tersebut. Begitupula dengan kita   yang hanya memiliki satu anak, belum tentu didikan yang kita lakukan langsung menjadikan anak kita menjadi pribadi yang penurut, pintar dan sudah pasti membanggakan kedua orang tuanya.

Jika ingin berkaca dari pengalaman, sejatinya cara orang tua mendidik anak-anaknya bisa di katakan cukup beragam. Karena dasar pendidikan yang biasanya di lakukan oleh orang tua juga berasal dari sumber yang berbeda-beda sehingga kita bisa katakan bahwa hasil yang kita dapatkan dari pendidikan orang kepada anak-anaknya pun tidak akan sama.

Dasar Orang Tua dalam Mendidik Anak Berasal dari mana saja ?

Ada banyak dasar atau sumber yang bisa kita katakan sebagai orang tua terkait bagaimana kita mendidik anak-anak kita. Tetapi secara umum kita bisa jelaskan bahwa cara orang tua mendidik anak-anaknya bisa berasal dari :

 

  1. Pengalaman yang telah  diberikan orang tua kita pada saat dulu kita masih menjadi seorang anak. Sehingga pengalaman itu coba di lanjutkan pada saat kita mendidik anak anak kita. Walau  hasilnya belum tentu saja tetapi orang tua akan melakukan hal  yang telah di  terimanya dahulu dari seorang ayah.
  2. Pengalaman orang lain atau yang kita dapatkan dari informasi atau sumber lainnya. Sumber itu bisa saja cerita  temannya, saudaranya atau dari apa yang kita dapatkan dari media massa. Kesemua itu coba di rangkum oleh kita sebagai orang tua agar bisa menjadi orang tua yang   baik untuk anak anak kita.
  3. Hasil dari komunikasi antara suami dan istri yang di perkaya dengan masukan dari seorang anak. Sehingga didikan itu adalah hasil dari demokrasi yang  terbangun dalam keluarganya. Jika itu hasilnya akan bagus wajar, karena berdasarkan kesepakatan bersama.

Kesalahan Orang Tua dalam Mendidik Anak dan Jangan di Lakukan Pada Anak Anda

Tetapi dari semua penjelasan dan metode pendidikan pada anak anak kita, memang ada cara atau metode yang salah jika hal itu dilakukan pada anak-anak kita .Karena jika didikan itu di paksakan maka hasilnya sudah pasti akan kurang baik bagi si anak dan juga bagi orang tua yang bersangkutan karena kita menjadi kurang dekat dengan anak anak kita sendiri.

  1. Kesalahan yang biasanya di lakukan  oleh orang tua adalah ketika dirinya lebih mementingkan  didikan dengan menggunakan materi. Sehingga bukan pendekatan kasih sayang yang diberikan tetapi justru materi. Ini kurang bagus bagi perkembangan jiwa anak anak karena pada akhirnya mereka akan selalu berorientasi pada materi.
  2. Kesalahan lain yang sebaiknya tidak perlu di lakukan pada anak anak kita pada saat sedang mendidik mereka adalah : jangan mencoba memaksakan kehendak kita pada anak anak kita.  Jika kondisi itu kita lakukan, maka bisa jadi anak anak kita akan tumbuh menjadi pribadi  yang egois dan mau menang sendiri.
  3. Kesalahan lain yang sering terjadi pada saat kita sedang mendidik anak anak kita adalah terlalu mudah untuk memvonis atau memberikan cap salah pada anak anak kita. Dengan didikan seperti itu maka anak anak anda akan justru menjauh karena dirinya merasa tidak mendapatkan keadilan dalam memberikan pembelaan dari apa yang di tuduhkan oleh orang tuanya.
  4. Kesalahan berikutnya adalah kita memperlakukan anak anak kita karena keinginan kita di masa muda atau karena adanya hal lain. Misalnya diwaktu muda kita ingin punya citacita sebagai dokter misalnya. Karena kita tidak kesampaian  maka hal  itu kita paksakan pada anak anak kita dalam mendidik mereka. Sehingga anak anak seperti tidak memiliki jati diri nantinya.
  5. Kesalahan lainnya yang mungkin sering kita lakukan adalah kita sebagai orang tua sering memperlihatkan kondisi yang tidak jujur atau bohong. Jika anak anak tahu kondisi seperti itu maka mereka akan mengikuti apa yang anda lakukan. Pada akhirnya anak anak anda berkembang menjadi pribadi yang suka berbohong.

Itulah beberapa hal yang mungkin bisa dijadikan masukan bagi kita para orang tua pada saat mendidik anak anak kita. Ada baiknya selalu memperkenalkan sebuah kejujuran  itu jauh akan lebih bernilai dan berharga dibandingkan dengan kebohongan yang kita berikan pada mereka.

Karena apapun kondisinya yang namanya kebohongan itu tidak akan ada gunanya. Tetapi sebaliknya kejujuran itu sejelek apapun pasti akan bisa mendatangkan kebaikan untuk kita dan keluarga kita. Jadi cobalah untuk selalu mengatakan yang baik dan benar walaupun pahit.

 

 

Comments (0)

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*

Balas Chat
1
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?