| Pendaftaran Siswa
08222 333 1144 I 0812 1233 2163
Selamat Datang di Laskar UI!

Cara Mudah Mendidik Anak Supaya Mereka Bisa Rajin Belajar di Rumah

Cara Mudah Mendidik Anak Supaya Mereka Bisa Rajin Belajar di Rumah
Maret 8, 2022 laskarui
In News

Cara Mendidik Anak Agar Rajin Belajar di Rumah

Proses belajar dan mengajar memang bukan dominasi guru di kelas. Tetapi pengajaran adalah tugas kita juga sebagai orang tua, hanya memang metode dan cara cara nya yang berbeda karena orang tua kita bukan seorang guru. Tetapi jelas tujuannya adalah sama menjadikan anak anak atau buah hati kita tumbuh menjadi anak anak yang rajin  belajar.

Sebagai orang tua memang kita tidak selalu berharap anak anak kita menjadi anak yang pintar dan berprestasi. Tetapi jika pada akhirnya mereka menjadi pribadi yang seperti itu, pertanda bahwa memang mereka memiliki kemampuan untuk menjadi pribadi yang pintar.

Lantas jika  kondisinya adalah bagaimana mendidik anak anak kita agar mereka bisa menjadi anak anak yang rajin belajar. Maka kita bisa membaginya menjadi 2 bagian  dengan tujuan  yang agak beda. Pertama rajin belajar yang bertujuan agar anak anak kita menjadi anak yang berprestasi secara akademik.  Kedua rajin belajar agar anak anak kita bisa menjadi pribadi   yang bertanggungjawab. Maksudnya adalah belajar itu tugas seorang anak, sehingga  belajar itu harus di jalankan oleh seorang anak  walau tanpa tujuan agar dirinya sukses dan berprestasi.

Mendidik Agar Anak Kita Menjadi Anak yang Pintar dan Berprestasi

Tercatat ada beberapa hal atau kondisi yang bisa kita lakukan sebagai orang tua untuk menjadikan anak-anak kita tumbuh menjadi pribadi  yang pintar secara akademik.  Minimal dengan dukungan dan supporting yang kita sebagai orang tua lakukan akan bisa menjadikan anak anak kita menjadi anak yang pintar dan berprestasi :

 

  1. Pada saat mendidik anak agar bisa jadi anak yang pintar dan berprestasi. Maka sistem mendidik yang kita  gunakan adalah dengan menggunakan seperangkat acuan target. Jika kita sebagai orang tua bisa fokus dalam menjalankan hal itu maka anak anak kita bisa di arahkan untuk belajar demi mencapai kesuksesan dalam bentuk prestasi belajarnya bagus.
  2. Pada saat mendidik agar  anak anak kita bisa sukses dalam belajar dapat dilakukan dengan menggunakan parameter prestasi akademik. Seperti misalnya untuk mencapai rangking kelas terbaik, maka ada baiknya anak anak kita diberikan model belajar dengan adanya tugas tugas yang akan bisa menjadikan anak anak termotivasi untuk bisa mencapai hasil yang  terbaik.

 

Mendidik Agar Anak Kita Menjadi Anak yang Pintar dan Berprestasi ( anak tanggungjawab)

 Bagi kita sebagai orang tua untuk menjadikan anak anak kita menjadi pribadi bertanggungjawab. Maka kita bisa mendidik anak anak kita dengan  belajar, karena belajar akan bisa membuat anak anak menjadi pribadi  yang bertanggungjawab.

  1. Mendidik anak untuk bisa bertanggungjawab dengan mengharuskan mereka rutin membaca buku adalah juga salah satu metode yang baik. Misalnya kita meminta anak anak kita untuk bisa menyelesaikan membaca satu buku dalam periode waktu tertentu maka itu pada akhirnya akan bisa membuat anak anak kita rajin belajar.
  2. Mendidik anak anak untuk bisa rajin belajar dengan tujuan mendapatkan reward dari kita sebagai orang tua. Itu juga bisa menjadi salah satu cara untuk kita bisa mendidik anak anak kita menjadi pribadi yang bertanggungjawab.

 

Jadi pada dasarnya menjadikan anak anak kita supaya bisa rajin belajar bisa di lakukan dengan banyak cara.  Hanya memang cara yang bisa kita pilih ada baiknya kita sesuaikan dengan minat dan bakat dari anak anak tersebut. Karena sejatinya dengan membaca buku kita akan bisa mendapatkan banyak keuntungan. Ilustrasinya bisa kita jelaskan berikut ini manfaat dari membaca buku agar bisa menjadi pribadi yang pintar :

  1. Membaca buku pelajaran  jika sering diulang akan  bisa menjadikan anak anak kita pintar. Karena mereka selalu mengulang pelajaran yang diberikan oleh guru.
  2. Membaca buku akan bisa menjadikan diri kita pribadi yang bertanggungjawab.  Karena pada saat kita membaca buku itu harus dari awal hingga akhir buku selesai.
  3. Membaca  buku pada akhirnya bisa menjadikan diri kita lebih berkembang karena pengetahuan dan pemahaman kita semakin lebih baik dan lebih luas.
  4. Membaca buku itu akan memberikan kita satu pendalaman materi yang sesuai dengan kondisi diri kita. Karena membaca itu akan membuat kita lebih cepat menjadi pribadi yang fokus dalam menyelesaikan satu masalah.
  5. Membaca  buku bisa menjadikan diri kita menjadi pribadi yang memiliki wawasan  luas, karena membaca buku itu tidak ada batasan jenis buku dan katagori bukunya.

Yang pasti dengan membaca dan kesukaan kita dalam membaca buku, tambahan wawasan dan pengetahuan kita akan menjadi lebih baik dan berkembang lebih baik .

 

Comments (0)

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*

Balas Chat
1
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?