| Pendaftaran Siswa
08222 333 1144 I 0812 1233 2163
Selamat Datang di Laskar UI!

10 Tips Belajar Dirumah Agar Anak Fokus

10 Tips Belajar Dirumah Agar Anak Fokus
September 11, 2020 laskarui
In Uncategorized

Saat ini, kegiatan sekolah anak-anak dilakukan secara online di rumah masing-masing. Tentu saja, adanya kebijakan sekolah online dari pemerintah ini tidak serta merta lancar dijalankan tanpa adanya gangguan. Untuk itu, sangat penting bagi Anda mengetahui 10 tips belajar di rumah agar anak fokus.

Pasalnya, gangguan-gangguan belajar memang tidak dapat dihindari meski sang anak berada di rumahnya sendiri. Selalu ada saja hal-hal yang dapat mengganggu kegiatan belajar seorang anak. Tak heran jika akibatnya tingkat fokus sang anak saat belajar justru semakin berkurang. 

Lalu, bagaimana agar fokus anak tetap meningkat saat belajar secara online di rumah? Di bawah ini 10 tips belajar di rumah agar anak fokus yang bisa Anda terapkan.

10 tips belajar di rumah agar anak fokus

Seorang anak yang belajar di rumah tentu perlu beradaptasi dengan kondisi belajar yang berbeda dari kondisi belajar di sekolah. Untuk itu, sebagai orang tua sangat penting bagi Anda untuk segera memperhatikan tingkat kefokusan anak dalam belajar dengan mengetahui 10 tips belajar di rumah agar anak fokus di bawah ini:

1. Tetap lakukan aktivitas seperti biasanya

Meski belajar dilakukan di rumah, Anda bisa mempersilahkan anak untuk tetap beraktivitas seperti pada biasanya. Mulai dari bangun pagi, sarapan pagi, hingga mempersiapkan waktu istirahat di siang harinya. Yang terpenting, berilah peringatan kepada anak bahwa kegiatan belajar tetap harus dijalankan dengan baik.

2. Pastikan jam belajar dilakukan dengan kondisi yang mendukung

Setiap anak tentu akan berkurang tingkat fokus belajarnya apabila kondisi lingkungan sekitarnya tidak mendukung. Untuk itu, sebagai orang tua Anda perlu menyiapkan jam belajar yang tepat untuk anak dengan diimbangi kondisi yang mendukung. Terlebih, saat anak belajar di rumah yang kondisinya jelas jauh berbeda jika dibandingkan dengan sekolah.

Lingkungan sekolah merupakan lingkungan yang dibuat sedemikian rupa dengan kondisi yang memang bertujuan untuk menambah fokus belajar anak-anak. Oleh karena itu, sebisa mungkin buatlah lingkungan rumah Anda menjadi lebih mendukung untuk belajar anak.

3. Jangan lupa dampingi anak saat belajar

Tips selanjutnya, Anda bisa mendampingi anak saat belajar. Duduk dan lakukan kegiatan belajar bersama anak, baik itu mulai dari membaca, mengerjakan PR, dan lain sebagainya. Anda juga perlu sesekali mengajaknya aktif berbicara sehingga kegiatan belajar pun akan jauh lebih interaktif dan menyenangkan.

4. Buatlah jadwal rutinitas agar kegiatan belajar lebih efektif

Tips lain yang bisa Anda terapkan dari 10 tips belajar di rumah agar anak fokus adalah dengan membuat jadwal rutinitas kegiatan belajar. Dengan begitu, kegiatan belajar di rumah akan jauh lebih efektif. Anak pun akan lebih mudah fokus untuk belajar mata pelajaran yang diperlukan semasa di rumah.

Selain membuat jadwal, ada baiknya Anda juga turut serta membantu anak untuk memenuhi semua kegiatan dari jadwal tersebut agar terselesaikan setiap harinya. Dengan begitu, seorang anak akan terbiasa mengetahui kapan waktu belajarnya dan kapan waktu untuk bermain. 

5. Tetapkan target keseharian anak

Saat anak mengerjakan tugas ataupun belajar di rumah, jangan lupa untuk menetapkan setiap target yang ada. Salah satunya bisa Anda lakukan dengan menetapkan berapa lama waktu belajar anak tersebut. Biasakan agar anak berkonsentrasi dalam waktu belajar yang sudah ditetapkan tersebut. 

Tidak perlu memaksa seorang anak terlalu lama dalam belajar. Anda bisa memberikan waktu istirahat kemudian melanjutkan aktivitas belajarnya hingga target yang ditetapkan tetap terlaksana setiap harinya. 

6. Ajari anak untuk fokus mengerjakan satu tugas di satu waktu

Seorang anak mungkin saja memiliki kemampuan multitasking yang baik. Tak heran apabila mereka juga bisa melakukan berbagai akvititasnya meski dalam waktu bersamaan layaknya orang dewasa. Akan tetapi, tak jarang kemampuan tersebut justru mengganggu konsentrasi dan mengurangi kinerja anak itu sendiri.

Anak akan menjadi kurang fokus belajar sehingga akan lebih baik apabila mengerjakan satu hal dalam satu waktu saja. Mengapa? Pasalnya, tugas yang dikerjakan satu per satu dalam satu waktu akan lebih cepat selesai. Jika sudah selesai satu tugas maka barulah ajak sang anak untuk melanjutnya menyelesaikan tugas berikutnya.

7. Saat belajar, beri kesempatan anak untuk beristirahat

Fokus belajar memang salah satu hal yang wajib dilakukan saat anak berada di rumah. Akan tetapi, jangan sampai anak merasa terbebani dalam proses belajarnya. Pasalnya, hal ini hanya akan membuat sang anak merasa kelelahan dan semakin tidak fokus dalam belajar. Untuk itu, ada baiknya Anda memberikan kesempatan anak untuk beristirahat.

Anda bisa memberikan waktu istirahat sekitar 5-10 menit kepada anak untuk sedikit menyegarkan dan merefresh pikiran. Dengan waktu istirahat tersebut, seorang anak tentu akan lebih mudah untuk mendapatkan fokusnya untuk kembali belajar.

8. Dukung dengan memberikan asupan makanan yang mendukung perkembangan otak anak

Agar anak tetap fokus dalam kegiatan belajarnya, tentu akan kurang rasanya jika tidak diimbangi dengan membantu mereka dengan memberikan asupan makanan yang bergizi. Khususnya asupan makanan yang memang baik untuk mendukung perkembangan otak anak. Beberapa makanan tersebut seperti ikan, brokoli, blueberry, dan masih banyak lagi lainnya.

9. Ajarkan anak untuk melawan distraksi

Distraksi merupakan perhatian yang terbagi dari suatu objek yang dipilih untuk diperhatikan. Adanya distraksi tersebut terjadi karena lemahnya kemampuan anak untuk memperhatikan atau tertarik kepada objek tertentu. Untuk itu, Anda bisa mengajarkan anak dalam melawan ditraksi itu sendiri.

Caranya, Anda bisa membantu anak mencarikan solusi agar saat belajar bisa lebih fokus dan tidak terganggu lagi dengan adanya distraksi sewaktu-waktu. Anda bisa mencari tahu hal-hal apa saja yang dapat menjadi gangguan kemudian cari tahu juga seperti apa cara terbaik untuk menghindarinya.

Misalnya saat anak belajar, Anda bisa menjauhkannya dengan benda-benda yang dapat mengganggu aktivitas belajar si kecil. Yakni seperti menjauhkan beberapa mainan kesayangan maupun gadget terlebih dahulu.  

10. Terakhir, jangan lupa beri dukungan kepada anak

Peran orang tua memang tidak bisa terlepas untuk membantu anak agar tetap fokus. Tips terakhir dari 10 tips belajar di rumah agar anak fokus ini wajib Anda lakukan. Pastikan anak mendapatkan dukungan lewat perbuatan positif Anda. Salah satunya adalah dengan memberikan saran, masukan, dan memberi semangat untuk belajar lebih giat lagi.

Tak hanya itu, Anda juga bisa memberikan dukungan kepada anak saat proses belajar berlangsung. Caranya dengan mendorong anak agar terlibat aktif dalam menentukan jadwal belajar, jadwal istirahat, lalu ajaklah anak bertanggung jawab atas jadwal yang sudah ditentukan tersebut.

Sebagai orang tua, sudah seharusnya bagi Anda untuk turut serta dalam mendampingi anak belajar di rumah. Agar anak tidak kehilangan fokusnya, maka jangan lupa untuk senantiasa menerapkan 10 tips belajar di rumah agar anak fokus di atas.

Comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Balas Chat
1
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?