| Pendaftaran Siswa
08222 333 1144 I 0812 1233 2163
Selamat Datang di Laskar UI!

Yuk Mengenal Pendidikan Sekolah Alam Untuk Anak

Yuk Mengenal Pendidikan Sekolah Alam Untuk Anak
January 5, 2021 laskarui
In Uncategorized
Yuk Mengenal Pendidikan Sekolah Alam Untuk Anak

Jangan anggap sekolah alam itu hanya sekadar memindahkan sekolah atau pendidikan.  Bukan juga mengubah cara belajar dari  kelas ke alam terbuka. Karena sejatinya sekolah alam itu adalah sebuah metode yang saat ini banyak diterapkan oleh para guru. Istilah lain dari sekolah alam adalah sekola berkarakter.

Kenapa sekolah alam disebut juga sekolah berkarakter. Karena pada dasarnya salah satu tujuan dari beberapa tujuan yang ingin dicapai oleh para guru dalam mendirikan sekolah alam adalah untuk membuat anak didiknya menjadi berkarakter. Dikarenakan tujuan itulah pada akhirnya baik kurikulum, cara belajar, cara berinteraksi antara guru dan murid serta  beberapa  hal lain yang ada di dalam sekolah alam di buat berbeda.

Jika  dijabarkan dalam beberapa ketentuan, maka kita akan bisa memberikan beberapa contoh makna dan tujuan dari keberadaan sekolah alam. Setidaknya ada beberapa  hal yang menjadi tujuan atau visi dari terbentuknya sekolah alam :

  1. Bahwa sekolah alam itu  bertujuan untuk pengembangan akhlak atau budi pekerja seorang anak atau siswa didik. Itulah salah satu dasar kenapa sekolah alam saat ini begitu banyak bermunculan  dengan beberapa model.  Seperti sekolah alam khusus untuk mendidik anak-anak agar bisa lebih paham dalam mendalami ilmu Alquran, maka sekolah alam ini akan membuat kurikulum yang lebih banyak dalam  hal pendalaman materi yang berhubungan dengan pemahaman soal agama.
  1. Bahwa  sekolah alam bisa juga ditujukan untuk pengembangan logika dan cara berfikir para siswanya. Sehingga diharapkan mereka lebih bisa menggunakan logika dan cara berpikirnya berbeda dari anak-anak kebanyakan. Maka model sekolah alam ini menekankan  pada beberapa hal seperti action learning, dan model belajar yang bisa memberikan penekanan pada cara berpikir.
  1. Bahwa sekolah alam bisa juga ditujukan untuk menumbuhkan  jiwa kepemimpinan atau leadership pada anak-anak didiknya.  Jika ditujukan untuk hal seperti ini, maka biasanya sekolah alam jenis ini akan lebih banyak memberikan pelajaran yang berhubungan dengan outbond training,  Serta beberapa kegiatan berkelompok, dengan model seperti  itu maka secara langsung akan mengajarkan anak-anak untuk bisa menjadi pemimpin dalam sebuah kelompok kecil.
  1. Bahwa sekolah alam juga bisa diarahkan agar anak-anak didiknya bisa memahami dan mengerti dasar-dasar sebuah bisnis. Jika arah dari sekolah tersebut adalah berhubungan dengan sebuah bisnis, sudah pasti dalam pelajarannya akan memberikan banyak hal yang berhubungan dengan  faktor-faktor bisnis. Sehingga pada akhirnya si anak didik akan tahu  bagaimana sejatinya sebuah bisnis itu dijalankan.

 Dari beberapa contoh penjelasan diatas, pada akhirnya kita bisa tahu apa makna yang sebenarnya ingin di capai dari pendirian sebuah sekolah alam.  Sehingga dari sanalah kita bisa tahu kenapa pada saat ini sekolah alam banyak bermunculan dan di kembangkan oleh para guru atau pendidik yang  telah berpengalaman dalam mendidik anak-anak. Karena semua hal itu menjadi penting mengingat sekolah alam itu bukan sekadar sekolah di alam. Tetapi seperti yang telah dijelaskan diatas, bahwa untuk menunjang keberhasilan sebuah sekolah alam biasanya para pengelola akan membuat kurikulum yang didasarkan pada  tujuan akhir dari pendirian sekolah alam tersebut.

Dari beberapa hal yang telah dijelaskan diatas,  setidaknya ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian para pengelola sekolah alam terkait bagaimana seharusnya mereka bersikap. Dimana sikap tersebut mesti menjadi perhatian para pengelola agar anak didiknya bisa menyelesaikan sekolah tersebut dengan baik. 

  1. Hal utama yang mesti diperhatikan pada saat mendirikan sekolah alam adalah tentukan terlebih dahulu kemana tujuan dari berdirinya sekolah alam  tersebut.  Jika mengacu pada 4 hal yang telah dijelaskan diatas, sebaiknya tentukan 1 hal saja agar lebih fokus dalam menjalankan aktivitasnya.
  1. Dalam membuat kurikulum pendidikan untuk anak-anak didiknya sebaiknya hal yang harus menjadi perhatian adalah metode belajarnya. Ingat sekolah alam adalah sekolah berkarakter sehingga kurikulum yang akan di bangun harus mengutamakan pendidikan karakter pada anak didiknya.
  1. Sekolah alam atau sama dengan sekolah karakter, maka model pembelajaran dan model kegiatan yang diajarkan  harus berbeda. Berbeda dibanding sekolah formal yaitu sekolah di dalam kelas. Atau berbeda pula dengan model pengajaran seperti yang biasanya dilakukan di dalam kelas. Karena sekolah alam kondisinya lebih banyak di alam terbuka bukan di dalam  kelas.
  1. Dalam berinteraksi antara guru dan murid dalam sekolah alam, ada hal yang harus menjadi perhatian para guru atau pengajar. Bahwa keamanan, keselamatan dan kesungguhan para siswa dalam mengikuti pelajaran harus menjadi perhatian utama. Karena jika hal itu kurang diperhatikan   maka proses belajar mengajar para siswa dan guru menjadi terhambat.

Jika memang saat ini anda sebagai orang tua yang menginginkan anak-anaknya mendapatkan pengajaran yang baik dalam sebuah sekolah alam. Cobalah untuk mencari  tahu sekolah alam mana yang kemungkinan baik untuk  putra putri kita.  Jangan asal  langsung memasukan anak-anak kita dalam sekolah alam, karena jika salah maka yang terjadi anak-anak kita akan merasa sulit untuk mengikuti pelajaran di sekolah alam tersebut.

Kenapa,  karena sekolah alam beda dengan sekolah  tata muka di kelas. Dimana kemandirian, kedisiplinan dan ketaatan  murid kepada gurunya menjadi salah satu hal yang mesti diperhatikan tidak saja oleh para  guru tetapi juga para orang tua. Dan jika kalian para orang tua ingin  tahu lebih jauh seperti apa model sekolah alam yang baik dan tepat untuk putra putri kalian. Maka  kami coba berikan referensi dengan melihat website berikut :  Https://laskarui.com/homeschooling

Setidaknya dengan melihat apa yang terdapat dalam website tersebut kita semua akan  tahu apa dan bagaimana sebenarnya sekolah alam tersebut.  Sejauh mana sesuai dengan putra putri kita. Bijaklah dalam melihat dan menentukan pendidikan  yang layak  bagi putra putri kita dengan berkonsultasi dengan para pengelola  yang ada di Lembaga Pendidikan  Laskar UI  divisi pendidikan Homeschooling.

Comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Balas Chat
1
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?