| Pendaftaran Siswa
08222 333 1144 I 0812 1233 2163
Selamat Datang di Laskar UI!

5 Kiat Untuk Memotivasi Agar Anak Giat Belajar

5 Kiat Untuk Memotivasi Agar Anak Giat Belajar
November 14, 2019 laskarui
In Uncategorized

Anak Merupakan Anugerah setiap orang tua , semua pasti berharap anak bisa menjadi kebangggan setiap orang tua, namun ada beberapa kendala dalam proses pendidikan anak khususnya rasa malas terhadap pelajaran yang diberikan oleh sekolah berikut kiat untuk memotivasi ana agar giat belajar.

  1. Selalu Memberikan Support Untuk Anak 

Dengan memberikan support atau dukungan untuk anak kita akan membuat anak kita memiliki semnagat untuk melakukan segala sesuatu kebaikan yang baik untuk mereka, yaitu seperti semangat untuk belajar. Salah satu contoh pemberian support atau dukungan untuk anak kita dalam belajar yaitu dengan memeberikan fasilitas mereka untuk belajar. Dengan cara memberikan buku-buku yang harus mereka pelajari, membuatkan atau membelikan meja untuk mereka membaca dan menulis, dan beberapa kebutuhan dan keinginaan yang mereka mau. Hal ini sangat baik dilakuakan oleh para orang tua agar anak kalian tersebut merasakan jika para orang tua mereka memberikan dukungan penuh untuk mereke, yang nantinya mereka akan merasakan semangat yang tinggi  memiliki rasa tanggung jawab dari dukungan yang diberikan orang tua mereka tersebut.

2. Selalu  Jalin komunikasi Yang Baik Pada Anak

Sebagai seorang orang tua, kita harus memberikan sebagian waktu untuk berkomunikasi pada anak-anak kita agar memahami apa yang mereka rasakan, butuhkan, dan harus mereka lakukan. Dengan komunikasi dengan anak juga bisa dilakukan oleh para orang tua sebagai salah satu metode untuk memberi tahu dan menjelaskan manfaat dan keuntungan yang akan didapatkan dan diraih oleh mereka apabila mereka rajin dan giat belajar. Jika komunikasi para orang tua dengan anak dapat terbangun dengan baik pastinya anak-anak tersebut akan selalu mematuhi dan selalu mengingatkan mereka dengan sendiri jika belajar itu merupakan sesuatu kegiatan yang sangat baik untuk dirinya sendiri.

  1. Pelajari Tipe Belajar Terbaik Untuk Anak

Orang tua sebaiknya mengetahui bagaimana tipe yang baik untuk metode belajar terbaik bagi putra-putrinya. Setiap anak pastinya memiliki cara dan metode yang berbeda yang dapat mereka lakukan dalam menyerap dan mempelajari sebuah materi dan sesuatu hal yang mereka terima. Jika para orang tua mengetahui dan mengenal tipe dan metode belajar terbaik dan tepat seperti apa untuk  anak-anak mereka, para orang tua akan bisa menyesuaikan hal tersebut untuk dilakukan bagi putra-putrinya.  

  1. Memberikan contoh yang baik

Pada umumnya seorang anak pasti akan mencontoh setiap orang tuanya. Maka dari itu sebagai orang tua yang baik pastinya harus memberikan contoh dan pedoman yang terbaik untuk putra-putri tercinta mereka. Para orang tua bisa memberikan contoh-tontoh yang baik untuk mereka seperti membiasakan untuk tidak menyalakan TV atau tidak bermain gadget saat melakukan sesuatu hal, seperti saat belajar ataupun makan. Dengan hal semacam itu akan membuat anak lebih disiplin dan melakukan kebiasaan-kebiasaan tersebut dengan baik dan dengan merasa 

  1. Memberi Reward Saat anak Mendapatkan Prestasi

Dengan para orang tua memberikan sebuah reward kepada anak-anaknya yang mendapatkan sebuah prestasi akan membuat anak kalian merasa tertantang untuk melakukan sebuah ujian dan kegiatan yang mereka hadapi. Hal ini juga pasti akan membuat anak-anak kalian memiliki semangat dan terus termotivasi untuk belajar dan terus berusaha apabila melakukan dan menghadapi sebuah kegiatan-kegiatan yang ada. Salah satu caranya mungkin para orang tua memberikan hadiah liburan ketika anak-anak kalian mendapatkan nilai ujian yang baik dan tinggi.

 

Comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Balas Chat
1
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?
Powered by