| Pendaftaran Siswa
08222 333 1144 I 0812 1233 2163
Selamat Datang di Laskar UI!

Hal Tersulit Ketika Belajar Bahasa Indonesia

Hal Tersulit Ketika Belajar Bahasa Indonesia
September 26, 2022 laskarui
In News

Mungkinkah Ada Hal Tersulit dalam Belajar  Bahasa Indonesia 

Bahasa Indonesia adalah Bahasa sehari-hari kita, sehingga wajar jika dalam sekolah sendiri dari tingkat dasar hingga lanjutan selalu ada pelajaran Bahasa Indonesia.  Tetapi sekalipun demikian, masih saja ada siswa yang sulit mempelajari pelajaran Bahasa  Indonesia. 

Mungkin diantara kalian ada  yang merasa bahwa   pelajaran Bahasa Indonesia adalah pelajaran yang kurang  menyenangkan dan mengasyikan. Dimana kita sebagai siswa dituntut harus selalu mempelajari Bahasa yang setiap hari kita gunakan. Mungkin itulah yang menjadi dasar kenapa pada akhirnya ada siswa yang kurang suka dengan pelajaran  Bahasa Indonesia. Sekadar menjelaskan beberapa yang mungkin menjadi satu dasar kenapa ada siswa sekolah yang kurang tertarik dengan pelajaran Bahasa Indonesia. 

  1. Para siswa tersebut berfikir untuk apa belajar Bahasa Indonesia, toh setiap hari kita sudah menggunakan Bahasa Indonesia. Beda dengan Bahasa inggris karena masih sulit sehingga perlu adanya pelajaran Bahasa inggris. 
  2. Para siswa merasa bahwa dirinya sudah mampu atau pandai dalam berbicara menggunakan Bahasa Indonesia. Padahal mereka lupa bahwa Bahasa Indonesia itu tidak hanya untuk percakapan tetapi juga untuk tulisan dan berbagai kebutuhan komunikasi lainnya.  Sehingga mau tidak mau memang harus belajar secara benar. 
  3. Para siswa merasa sejak dari tingkat dasar SD, SMP sudah belajar Bahasa Indonesia, jadi merasa sudah cukup untuk belajar lagi di tingkat lanjutan seperti SMA atau Kuliah. Jadi mereka berpikir apa yang selama ini dipelajari  toh sama saja dengan yang di dapat pada saat tingkat SD, SMP. 
  4. Para siswa merasa malas atau tidak suka Ketika ada pelajaran untuk mengarang dalam Bahasa Indonesia karena menurut mereka pelajaran Bahasa Indonesia itu akan sama saja untuk menulis ataupun mengarang jadi kenapa harus ada pelajaran mengarang Bahasa Indonesia toh yang ditulis adalah sama Bahasa Indonesia. 
Baca Juga  Cara Cerdas Mengejar Ketertinggalan Dalam Pelajaran di Sekolah

Dari beberapa anggapan yang salah tentang pelajaran Bahasa Indonesia itulah yang pada akhirnya banyak siswa yang merasa bahwa pelajaran Bahasa Indonesia tersebut menjenuhkan atau kurang menarik. Beda dengan pelajaran lainnya yang memang berbeda dibandingkan dengan Bahasa Indonesia. Sehingga karena itulah dirinya merasa bahwa pelajaran Bahasa Indonesia tersebut kurang menantang dan tidak perlu harus belajar secara terus menerus.

Nah jika melihat kondisi yang ada diatas itulah, pada akhirnya kita sebagai  orang tua atau pendidik merasa bahwa inilah yang menjadi dasar kenapa pada akhirnya siswa sulit untuk bisa memahami dengan  baik pelajaran Bahasa Indonesia. Karena dalam dirinya sudah ada rasa kurang tertarik dengan  pelajaran tersebut sehingga pada saat pelajaran dimulai dirinya kurang  bisa fokus dan konsentrasi dengan pelajaran tersebut. 

Berdasarkan kondisi  itulah  pada akhirnya kita sebagai orang tua dan pendidik merasa perlu untuk memberikan satu pemahaman yang benar terkait bagaimana sebaiknya kita menyikapi pelajaran Bahasa Indonesia. Karena jika sedari sekarang saja sudah tidak suka bagaimana nantinya jika dirinya sudah bekerja dan harus menggunakan Bahasa Indonesia untuk bekerja dan lainnya. 

5 Cara Terbaik dalam Membuat  Pelajaran Bahasa Indonesia menjadi Menarik 

Sebenarnya untuk bisa menyenangi pelajaran Bahasa Indonesia kita bisa menggunakan beberapa cara yang bisa kita lakukan.  Dimana beberapa cara tersebut adalah bisa menggunakan cara  yang umum ataupun cara khusus tergantung bagaimana kita menyikapi kondisinya tersebut.  Dengan mempertimbangkan beberapa hal yang disesuaikan dengan kondisi yang ada, maka kita akan bisa melihat cara apa saja yang bisa dilakukan untuk membuat pelajaran Bahasa Indonesia menjadi mata pelajaran yang menarik : 

  1. Cara pertama yang bisa siswa lakukan adalah mencoba untuk mengakrabkan penggunaan Bahasa Indonesia yang baku dan benar. Bukan Bahasa Indonesia pergaulan, karena hal itu akan bisa membuat siswa merasa  bahwa pengetahuan dan kemampuan Bahasa indonesianya masih jauh dari cukup. Sehingga siswa akan merasa perlu untuk terus belajar dan  belajar agar  bisa lebih memahami Bahasa Indonesia  yang benar.
  2. Cara kedua  yang siswa bisa lakukan adalah dengan menggunakan Bahasa indonesia secara benar dengan memperhatikan definisi dan penggunaanya kosa kata Bahasa indonesianya secara benar.  Dengan cara seperti itu maka perbendaharaan kosa kata yang  siswa miliki akan semakin banyak dan itu akan membuat siswa menjadi lebih paham bahwa memang Bahasa Indonesia memang harus dipahami bukan sekadar di lakukan saja.
  3. Cara ketiga yang bisa dilakukan adalah cobalah siswa memahami secara benar struktur kalimat dan tata Bahasa dalam membuat sebuah tulisan.  Bisa Tulisan sederhana ataupun tulisan yang bersifat ilmiah, dari sana siswa akan tahu bahwa tidak mudah menggunakan Bahasa Indonesia sehingga kalian harus belajar secara benar tentang  Bahasa Indonesia. 
  4. Cara keempat yang mungkin bisa lebih menarik adalah dengan melihat dan memperhatikan perkembangan dinamika Bahasa Indonesia. Kita tahu bahwa saat ini Bahasa Indonesia Sudah berkembang sedemikian rupa, sehingga  bisa dikatakan bahwa setiap hari sudah pasti Bahasa Indonesia terus berkembang. Beda dengan Bahasa inggris yang memiliki struktur Bahasa yang baku. Sedangkan Bahasa Indonesia bersifat fleksibel dan tidak baku sehingga setiap hari pasti ada perkembangannya. 
  5. Cara kelima agar siswa suka dengan  pelajaran Bahasa Indonesia adalah dengan menyukai membaca.  Apa saja yang bisa menarik untuk dibaca sebaiknya dibaca sehingga memiliki banyak perbendaharaan kosa kata. Dengan sering membaca maka kita akan semakin kaya dengan kosa katanya dan itu membuat siswa akan mudah dalam membuat sebuah kalimat dalam Bahasa Indonesia. 
Baca Juga  6 Jurus Jitu Lolos SBMPTN

Berdasarkan beberapa kondisi yang telah dijelaskan diatas itulah, pada akhirnya kita tahu bahwa untuk bisa mempelajari dan memahami Bahasa Indonesia yang baik dan benar juga tidak mudah. Butuh usaha dan kerja keras, gimana caranya kita bisa menyukai Bahasa Indonesia jika kita sendiri tidak pernah banyak belajar untuk bisa memahami Bahasa Indonesia yang baik dan benar. 

Cobalah saat ini untuk memulai menggunakan Bahasa Indonesia yang  baik dan benar, karena dengan cara seperti itu maka siswa akan tahu dimana letak kekurangan dan kurangnya pengetahuan soal Bahasa Indonesia.  Sehingga Ketika kalian ingin belajar lebih jauh soal Bahasa Indonesia maka kalian akan tahu dari mana kalian akan memulai untuk  belajar Bahasa Indonesia yang  baik dan benar. 

 

Comments (0)

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Balas Chat
1
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?