| Pendaftaran Siswa
08222 333 1144 I 0812 1233 2163
Selamat Datang di Laskar UI!

Menunaikan Ibadah Haji dalam Kaitan Pembelajaran Agama Islam di Sekolah

Menunaikan Ibadah Haji dalam Kaitan Pembelajaran Agama Islam di Sekolah
Februari 15, 2024 laskarui
In News
Menunaikan Ibadah Haji dalam Kaitan Pembelajaran Agama Islam di Sekolah

Bagi kalian yang saat ini masih duduk di bangku sekolah, terutama yang ada dibangku sekolah SMA sederajat. Masalah menunaikan ibadah haji memang menjadi salah satu pembelajaran yang sebaiknya perlu kalian pahami dengan baik. Kenapa, karena menunaikan ibadah haji itu bisa menjadi wajib jika kondisinya kalian sudah cukup rukun  dan wajibnya,   Hal itulah yang seharusnya perlu dipahami ketika kalian mempelajari agama Islam di sekolah. 

Berbagai Hal Penting Terkait Kegiatan atau  Ibadah Menunaikan Ibadah Haji

Dalam menjalankan ibadah atau rukun Islam, maka setiap orang yang beragama Islam bisa saja diwajibkan menjalankan ibadah haji ketika dirinya memang sudah memenuhi ketentuan yang telah di gariskan dalam Islam. Sehingga ada baiknya memang ketika kalian sedang mempelajari agama Islam khususnya soal menunaikan ibadah haji maka ada beberapa hal penting yang semestinya kalian pahami dengan benar . 

1. Pengertian Ibadah Haji sebagai sebuah Ibadah dalam Rukun Islam

Jika kalian beragama Islam maka ada yang disebut rukun islam, dimana salah satunya adalah menunaikan ibadah haji. Jika kalian sudah paham atau jika kalian ingin lebih tahu makna dari ibadah haji itu sendiri adalah : melaksanakan ibadah haji ke Baitullah termasuk salah satu kewajiban manusia terhadap Allah SWT. Hal itu tertuang dalam Ayat dalam Surat tersebut pun menyebutkan siapa yang wajib haji, yakni orang-orang yang mampu mengadakan perjalanan ke sana.

2. Pengertian dan syarat wajib dalam menunaikan Ibadah  Haji

Bagi kalian yang memang sudah bisa dan merasa sanggup dalam menjalankannya. Maka ada baiknya kalian ketahui beberapa syarat yang wajib kalian ketahui sebelum melaksanakan ibadah  haji. Karena syarat wajib ini harus benar benar kalian pahami. 

Baca Juga  Pengaruh Media Sosial Terhadap Prestasi Belajar Siswa

Syarat-syarat wajib melaksanakan haji adalah:

  • Syarat pertama adalah Beragama Islam.
  • Syarat kedua adalah Berakal sehat.
  • Syarat ketiga adalah Sudah mencapai usia dewasa atau
  • Syarat keempat adalah Sehat jasmani dan rohani, serta kuat untuk menjalankan rangkaian ibadah haji di Tanah Suci secara keseluruhan.
  • Syarat kelima adalah Mampu secara fisik, mental, dan materi. Dalam hal mampu materi, seseorang tidak boleh menjual satu-satunya sumber kehidupan yang dimiliki karena hal tersebut akan mendatangkan mudharat bagi dirinya dan keluarganya.
  • Syarat keenam adalah Merdeka, yang artinya bukan seorang budak.

Setelah semua syarat kalian pahami, maka Langkah selanjutnya adalah kalian perlu pahami berbagai hal yang berhubungan dengan rukun dalam menunaikan ibadah haji. Karena jika salah satu rukunnya kalian terlupakan akan membuat ibadah haji kalian tidak sempurna. Ini bisa kalian pelajari pada saat sedang belajar di SMA sehingga akan membawa manfaat ketika kalian nantinya benar benar akan menjalankan ibadah haji karena sudah ada kemampuan.  

Tetapi karena saat ini kalian sedang belajar, maka ada baiknya kalian pahami dengan benar apa saja yang mesti di perhatikan dalam menjalankan ibadah haji ke tanah suci sesuai dengan syarat dan rukunnya. 

Rukun Haji dan Pemahaman yang Benar Tentang Ibadah Haji 

Dalam Islam agar  kalian para siswa yang saat ini sedang memahami pelajaran agama islam khususnya soal ibadah haji. Yang membedakan pelajaran agama islam dengan agama lainnya terletak pada pemahaman agamanya. Karena yang namanya agama Islam itu ketika kita menjalankannya harus tahu syarat dan rukunnya, sehingga apa yang kita jalankan benar-benar mendapatkan pahala dari Allah swt. 

Seperti juga ketika kita menjalankan ibadah haji ke tanah suci. Bukan hanya kita mampu yang perlu kalian pahami dengan benar. Tetapi syarat dan rukun haji itulah yang seharusnya dipahami dengan benar agar semua syarat dan rukun haji bisa dilaksanakan dengan baik dan benar. Sehingga selesai menjalankan ibadah haji kalian mendapatkan predikat haji yang mabrur.

Baca Juga  Pengaruh Teman Sebaya dalam Menyikapi Perkembangan Anak

Jika diatas kita sudah bicara soal syarat ibadah haji, maka kali ini kita akan bahas soal bagaimana ibadah haji dan menjalankan rukun hajinya secara benar.   Di mana ketika kita bicara soal rukun haji maka ada beberapa hal yang semestinya perlu kalian  pahami sehingga semuanya bisa sempurna dijalankan : 

1. Rukun haji yang pertama adalah Menggunakan Pakaian Ihram

Ada tatacara yang mesti dilakukan ketika kita menggunakan pakaian ihram. Karena itu adalah pakaian yang mesti di kenakan pada saat sedang menjalankan ibadah haji. Ihram dimulai dengan membaca niat, kemudian mengenakan pakaian putih; dua kain putih yang dililitkan di pinggang sampai ke bawah lutut dan disampirkan di bahu kiri untuk laki-laki, sedangkan pakaian biasa yang menutup aurat untuk perempuan.

2. Rukun haji yang kedua adalah Melaksanakan Wukuf di Arafah

Pada saat melakukan wukuf memang tidak bisa sembarangan, karena ada hitungan harinya sehingga ketika dilakukan pada waktu yang beda itu artinya kalian belum melakukan wukuf. Karena untuk wukuf sendiri dilaksanakan di Padang Arafah dari matahari terbenam sampai matahari terbit pada tanggal 9 sampai 10 Dzulhijjah. Selama wukuf, hal yang dilakukan adalah berdoa dan berzikir.

3. Rukun haji yang ketiga adalah Melakukan Tawaf 

Kegiatan ibadah yang satu ini memang bisa dilakukan kapan saja, tetapi ada baiknya memang dengan menyesuaikan atau mengikuti aturan yang telah ditetapkan.  Karena tawaf adalah ibadah mengelilingi Kabah dengan putaran searah jarum jam. Sebaiknya memang pada saat melakukan tawaf jamaah bisa menyentuh atau mencium Hajar Aswad. Namun, jika tidak memungkinkan, cukup menunjuk dengan tangan. Setelah tawaf, jamaah melaksanakan salat sebanyak dua rakaat di maqam Nabi Ibrahim.

Baca Juga  8 Strategi Ampuh agar Sang Buah Hati gemar Pelajaran Matematika

4. Rukun haji yang keempat adalah dengan melakukan Ibadah Sai 

Arrtinya adalah dengan melakukan lari lari kecil yang dahulu pernah di lakukan oleh istri seorang nabi dari mulai lari-lari kecil atau berjalan di antara Bukit Safa dan Bukit Marwah sebanyak tujuh kali.

5. Rukun haji yang kelima adalah dengan kegiatan Tahallul 

Untuk ibadah yang satu ini karena termasuk dalam rukun haji maka wajib dilaksanakan. Yaitu memotong rambut. Jamaah laki-laki mencukur atau merapikan rambutnya, sedangkan jamaah perempuan memotong sedikit bagian rambutnya.

6. Rukun  haji yang keenam adalah Tertib

Maksudnya adalah semua dilakukan secara berurutan dan tidak terpisah pisah. Sehingga dari rukun haji pertama hingga terakhir harus berurutan, tidak boleh ada  yang terlewatkan karena jika terlewatkan harus mengulang agar hajinya bisa dianggap sah.

Comments (0)

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Balas Chat
1
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?