| Pendaftaran Siswa
08222 333 1144 I 0812 1233 2163
Selamat Datang di Laskar UI!

Peran Matematika dalam Mengembangkan Kemampuan Logika dan Pemecahan Masalah

Peran Matematika dalam Mengembangkan Kemampuan Logika dan Pemecahan Masalah
Agustus 22, 2023 laskarui
In News
Metmatika sebagai pemecahan masalah

Matematika memang bukan sekadar ilmu pelajaran, tetapi matematika adalah sebuah proses untuk belajar banyak hal. Sehingga memang bisa di katakan bahwa matematika menjadi sangat penting bagi kita baik  yang masih sekolah ataupun sudah tidak sekolah.  Kenapa, karena dengan belajar matematika banyak hal yang bisa kita dapatkan sehingga memang menjadikan matematika hal yang penting. 

Itulah sebabnya dalam pelajaran matematika yang ada di sekolah, seorang siswa akan di ajarkan untuk menggunakan matematika dalam penyelesaikan suatu masalah atau kasus. Hal ini sengaja di berikan karena untuk melatih siswa agar terbiasa dalam penggunaan matematika dalam kehidupan sehari – harinya. Karena secara umum,  matematika memang banyak di pakai untuk aktivitas seperti menghitung luas tanah atau bangunan, menghitung jumlah barang yang ada dalam satu wadah, menghitung jumlah atau berat sebuah benda, hingga membandingkan sebuah jumlah baik itu berupa uang ataupun lainnya.  Sehingga berdasarkan kondisi itu lah ketika siswa bisa menggunakan  hitungan matematika akan bisa menjadi lebih mudah dalam melakukan hitungan .

Nah agar kalian para siswa bisa menyelesaikan satu masalah dan mencarikan jawabannya, memang seharusnya kalian pahami dahulu apa dan bagaimana sebuah problem solving itu terjadi dan di lakukan. Dengan kalian pahami itu maka problem  solving akan mudah di lakukan dengan cara yang benar. 

4 Langkah Terbaik dalam Menyelesaikan sebuah Problem  Solving 

Ada  banyak cara di lakukan  untuk kita bisa menyelesaikan suatu masalah. Tetapi memang kesemuanya itu di dasarkan pada masalah yang terjadi, sehingga perlu memang kita memahami seperti apa masalahnya baru setelah itu kita tentukan solusi seperti apa yang akan di jalankan. Karena hanya dengan cara seperti itu kita bisa menyelesaikan satu masalah dengan cukup mudah. 

Baca Juga  Homeschooling, Cara Cerdas Orang Tua Dalam Memberikan Pendidikan Yang Layak Bagi Anak

Setidaknya ada 4 hal yang biasanya di lakukan untuk kita bisa menyelesaikan satu masalah.   Dimana ke 4 hal yang biasanya kita lakukan  tersebut akan  bisa membuat kita semakin mudah dalam menyelesaikan satu masalah yang sedang terjadi. 

  1. Cara pertama yang harus di lakukan dalam menyelesaikan satu masalah adalah dengan terlebih dahulu mengetahui masalah yang sedang terjadi. Karena dengan  kita pahami secara benar masalah yang terjadi akan memudahkan kita pula dalam menyelesaikan satu masalah yang akan kita hadapi nantinya. Ini juga akan memudahkan untuk kita bisa mencari solusi terbaik dari masalah yan sedang kita hadapi. 
  2. Cara kedua adalah dengan mencari tahu akar masalah yang sebenarnya terjadi. Biasanya satu masalah ada akar atau asal mula dari masalah  tersebut.  Ketika kita bisa tahu akar masalahnya akan bisa menjadikan kita mudah untuk mencari solusi dari masalah yang ada, karena akar masalah itu sama juga dengan kita membuka satu masalah dari awal masalah itu terjadi. 
  3. Cara ketiga yang bisa kita lakukan adalah dengan mencari dan memilih solusi  yang akan kita jadikan landasan dalam menyelesaikan satu masalah. Karena setiap masalah sudah pasti memiliki beberapa solusi, tinggal kita bisa menentukan solusi mana yang akan kita pilih dari masalah tersebut. Karena dengan kita memiliki pilihan solusi maka akan semakin mempermudah kita dalam penyelesaikan masalah. 
  4. Cara keempat yang akan kita lakukan adalah menentukan satu solusi dari pilihan yang ada. Karena dengan kita sudah tentukan satu solusi artinya kita sudah tahu bahwa solusi tersebut adalah yang paling pas. Dan pada akhirnya kita bisa melakukan evaluasi dari solusi yang kita pilih.  Dengan cara seperti ini maka kita akan semakin pandai dalam menyelesaikan satu masalah. 
Baca Juga  4 Hal Penting sebelum Memutuskan Ikut dalam BImbel UN 

Terkait dengan penyelesaian masalah yang berhubungan dengan mata pelajaran matematika. Maka ketika kita sedang menghadapi satu masalah, maka secara matematika terdapat 4 hal juga yang bisa di jadikan acuan dalam menyelesaikan satu masalah :

(1) Hal pertama tentu saja memahami masalah dari soal matematika yang di berikan kepada kita. Dengan kita tahu dan memahami soalnya akan semakin mudah untuk kita bisa mencarikan solusi masalahnya

(2) Hal kedua dengan cara merencanakan satu penyelesaian masalah matematika  yang sedang kita  jalankan.  Dari ini kalian akan bisa menentukan kaitan pemahaman masalah dengan merencanakan perjuangannya. 

(3) Hal ketiga adalah bagaimana kita bisa melakukan pelaksanaan perencanaan   penyelesaian masalah sesuai dengan  kondisi yang ada di lapangan

(4) Cara terakhir adalah  melakukan pemeriksaan dari soal matematika atau soal kehidupan yang ada dengan pilihan solusi yang telah di tentukan kita bisa menganalisa. Apakah solusi  trrsebut benar atau salah.

Sejatinya ketika kita sedang mencoba untuk menyelesaikan satu masalah dalam pelajaran matematika, itu sama saja kita sedang berusaha untuk melatih otak kita dalam belajar matematika. Karena   otak ketika jarang di latih pun akan kurang baik, sehingga  perlu kita latih agar otak bisa menjadi lebih baik. 

3 Cara Melatih Otak agar Bisa menjadikan Kecerdasan yang maksimal dalam Logika Matematika

Untuk melatih kecerdasan logika matematika memang bisa di lakukan secara mandiri atau bersama orang tua atau teman permainan.  Disini kami akan coba berikan 3 cara melatih logika kecerdasan matematika ketika anak anak berada di rumah. 

  1. Cara pertama yang bisa di latih adalah dengan melakukan permainan logika matematika sesering mungkin. Karena ada di rumah maka kita sebagai orang tua bisa mengajaknya dalam waktu waktu senggang agar anak tidak merasa terbebani. 
  2. Cara kedua untuk  melatih kecerdasan anak bisa di lakukan dengan anak anak kita arahkan untuk belajar sempoa. Ini adalah suatu alat yang biasa di pakai untuk melatih kecerdasan otak. Jika di lakukan sejak kecil maka anak anak akan terbiasa untuk menggunakan logika otaknya dengan cukup baik. 
  3. Cara ketiga bisa kita ajak anak anak untuk bermain logika teka teki untuk melatih kecerdasan otak sang anak. Karena dengan bermain teka teki ini akan menjadikan otak baik kiri dan kanan terbiasa untuk menyelesaikan satu teka teki logika matematika yang bagus untuk anak anak di rumah.  Ibarat kata kita bisa ajak anak anak bermain sambil belajar sehingga apa yang di pelajari bisa sambil di praktekan dengan menggunakan permainan yang telah kita jelaskan diatas. 
Baca Juga  8 Strategi Ampuh agar Sang Buah Hati gemar Pelajaran Matematika

Comments (0)

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Balas Chat
1
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?