| Pendaftaran Siswa
08222 333 1144 I 0812 1233 2163
Selamat Datang di Laskar UI!

Cara Menumbuhkan Semangat Anak Agar Anak Mau Belajar

Cara Menumbuhkan Semangat Anak Agar Anak Mau Belajar
Januari 12, 2023 laskarui
In Uncategorized

Cara Mudah Menumbuhkan Semangat Anak Agar Mau Belajar

Tidak mudah memang menjalankan satu keinginan agar anak – anak kita mau dan bisa belajar dengan mandiri tanpa harus disuruh atau di minta agar dirinya mau belajar dengan sungguh-sungguh. Kenapa, karena memang tujuan mereka pada saat itu adalah hanya untuk bermain dan bermain. Sehingga ketika ada kata belajar itu sudah menjadi sesuatu yang kurang menarik bagi diri sang anak. 

Walaupun demikian, memang kita tidak boleh menyerah dengan  keinginan sang anak, harus ada satu strategi yang mesti di jalankan oleh orang tua agar sang anak mau dan menerima ajakan orang tuanya untuk belajar. Karena salah satu tujuan anak semasa dirinya kecil adalah belajar dan belajar.  

4 Cara Menumbuhkan Semangat dan Motivasi Belajar pada Anak. 

Ada beberapa hal yang sebenarnya bisa kita jalankan sebagai orang tua dalam mendidik dan mensupport anak agar dirinya mau belajar dan belajar dengan baik secara mandiri. Meskipun memang tidak mudah tetapi beberapa hal ini harus coba di usahakan agar sang anak mau mengikuti apa yang jadi keinginan orang tuanya. 

1. Coba buatlah suasana yang menyenangkan ketika mengajak anak untuk belajar. 

Menyenangkan disini bisa bermacam-macam dari mulai soal tempat atau suasana ruangan untuk belajarnya. Sehingga suasana atau kondisi yang memungkinkan sang anak merasa aman dan nyaman pada saat belajar. Ini akan bisa menjadi supporting kondisi yang bisa di jadikan cara agar sang anak mau belajar.

2. Coba lakukan cara dengan kita masuk melalui apa yang di minati sang anak

Dengan kita tahu minat dan bakat sang anak maka itu bisa kita jadikan cara dalam mengajak anak untuk mau belajar. 

Baca Juga  5 Manfaat Bimbel Guna Meningkatkan Semangat Belajar Pada Anak- Anak

3. Coba jadikan anda sebagai contoh terbaik bagi sang anak dalam belajar.

Ketika anda bisa memberikan contoh terbaik bagi anak, maka anak anak akan merasa bahwa semangat belajarnya itu jadi sesuatu yang bisa membuatnya tertarik. Karena dirinya melihat apa yang di lakukan oleh kedua orang tuanya di rumah pada saat mereka sedang belajar atau bekerja.

4. Cobalah untuk menjadikan suasana belajar jadi sarana belajar dan bermain

Bisa jadi dengan cara membawa anak dalam sebuah permainan kita akan bisa memaksa dengan tanpa disadari oleh anak anak kita bahwa itu adalah bagian dari proses belajar sang anak. Jika ini  bisa di jalankan maka kita sebagai orang tua bisa menggunakan beberapa cara diatas agar bisa mengajak anak untuk belajar dengan benar.

Tidak bisa di pungkiri memang, belajar dan  bermain bagi anak anak dua hal yang sangat berbeda. Tetapi jika perbedaan tersebut bisa di satukan justru hal itulah yang akan bisa menjadi satu cara agar sang anak bisa melakukan aktivitas belajar secara benar di rumah. Sekalipun dengan metode yang berbeda tetapi tetap tujuannya satu belajar. 

Tips  Mengatasi Anak Malas untuk Belajar di Rumah 

Rasa malas untuk melakukan kegiatan belajar memang menjadi salah satu kondisi yang mesti di antisipasi para orang tua agar dirinya bisa dengan berbagai cara melakukan satu kondisi agar sang anak tidak malas dalam belajar.  BUkan karena belajar adalah sebuah kebutuhan bagi sang anak, tetapi karena hanya dengan cara seperti inilah sang anak akan tahu mana yang mesti di jalankan pada saat dirinya sedang berada di rumah. 

Ada beberapa cara sebenarnya yang  bisa kita lakukan kepada sang anak agar mereka bisa belajar dengan baik tanpa kita sebagai orang tua harus meminta secara terus menerus agar mereka mau belajar dan belajar dengan baik dan benar. Karena seperti apapun kondisinya ketika sang anak sudah tahu tanggung jawabnya dalam belajar maka yang terjadi adalah kita sebagai orang  tua sudah merasa bersyukur. 

Baca Juga  Bimbel Privat SD

1. Cara yang benar adalah kita sebagai orang tua membangun komunikasi dengan anak

KOmunikasi itu adalah salah satu cara atau sarana  yang penting untuk kita bisa mengajak anak anak untuk bisa belajar secara teratur. Karena komunikasi adalah sebuah media yang bisa di pahami oleh semua orang berdasarkan  tingkatan usianya. 

2. Cara kedua yang bisa di lakukan adalah ajak anak untuk menentukan pola belajarnya

Cara menentukan pola belajar pada sang anak memang akan lebih baik jika di lakukan secara bersama-sama. Sehingga dengan cara seperti itu sang anak menjadi tahu bahwa pilihan pola belajar ini adalah keinginan dirinya.

3. Cara ketiga adalah dengan mengetahui cara belajar yang disukai anak

Dengan kita sebagai orang tua tahu cara dan model belajar yang paling disukai oleh sang anak akan bisa menjadi dasar untuk kita bisa membawa mereka untuk bisa belajar secara mandiri dan konsisten.

4. Cara keempat bisa anda lakukan dengan mencoba Menyusun sistem belajarnya

Sistem belajar  yang dimaksud adalah terkait materi yang akan di ajarkan bagi sang anak di rumah. Karena jika materinya saja sudah  tidak menarik maka sang anak akan semakin sulit untuk diajak belajar. 

5. Cara kelima bisa anda lakukan dengan membuat kondisi belajar yang menarik

Kondisi disini bisa dengan membuat sebuah permainan sambil belajar, atau bisa juga dengan mengatur suasana ruangan belajar atau dengan beberapa cara lain yang akan membuat sang anak menjadi betah untuk belajar. 

6. Cara keenam dalam mengajak anak untuk belajar bisa dengan cara  yang berbeda

Cara berbeda disini adalah dengan mencoba model belajar dengan fokus dahulu dengan satu hal yang bisa membuat anak menjadi fokus terhadap satu hal tadi, sehingga dari sana baru kita arahkan mereka ke materi selanjutnya.

Baca Juga  Cara Belajar Matematika yang Efektif

7. Cara ketujuh bisa kita jadikan diri kita sebagai orang tua menjadi role model.

Dengan menjadikan orang tua sebagai role modelnya maka akan semakin memudahkan bagi sang anak melihat diri kita sebagai contoh yang benar di rumah. Ini akan semakin memudahkan bagi anak mengerti kenapa dirinya harus belajar selama di rumah. 

 

Comments (0)

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Balas Chat
1
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?