| Pendaftaran Siswa
08222 333 1144 I 0812 1233 2163
Selamat Datang di Laskar UI!

Cara Cerdas Mengejar Ketertinggalan Dalam Pelajaran di Sekolah

Cara Cerdas Mengejar Ketertinggalan Dalam Pelajaran di Sekolah
November 16, 2021 laskarui
In News

Bagi  para  ayah dan bunda, memberikan bimbingan dan pengarahan pada buah  hati dalam soal belajar memang menjadi satu hal yang penting untuk dilakukan.  Bukan saja ketika sang buah hati sedang dalam kondisi yang paham mengenai pelajaran di sekolah. Dalam keadaan kurang bisa memahami atau  kondisi sedang tertinggal  pelajaran, seorang ayah dan bunda  harus bisa memberikan motivasi terbaik agar sang buah hati bisa  lebih bersemangat dalam belajar. 

Memang sebagai orang tua kita harus senantiasa memberikan dukungan dan perhatian khusus bagi sang buah hati ketika dirinya dalam proses belajar. Dimana hal itu menjadi satu  hal terbaik bagi sang buah hati karena keberadaan kedua orang tuanya mau dengan sungguh-sungguh memberikan perhatiannya sehingga proses belajar di rumah  menjadi lebih baik tidak saja bagi  ayah dan bunda tetapi juga bagi sang buah hati. 

Termasuk dalam kondisi seperti ini adalah, ketika sang buah hati sedang mengalami  ketertinggalan dalam pelajaran di  sekolah. Hal terbaik yang mesti menjadi perhatian kita sebagai orang tua adalah mencoba mencarikan  solusi terbaik dari kondisi yang sedang dihadapi sang buah hati. Setidaknya ada beberapa hal yang bisa kita sebagai ayah dan bunda lakukan untuk bisa membantu sang buah hati yang mengalami  ketertinggalan dalam pelajaran di sekolah : 

  1. Sebaiknya ayah dan bunda selalu ingatkan pada sang buah hati terkait materi pelajaran apa selama ini tertinggal. Hal ini menjadi penting agar materi pelajaran yang tertinggal bisa segera dicarikan solusi terbaiknya untuk sang buah hati dan kita sebagai kedua orang tua.
  2. Jika sang buah hati mengalami masalah dengan materi pelajaran di sekolah sehingga mengalami ketertinggalan dalam  pelajaran. Sebaiknya kita sebagai orang tua  juga bisa berusaha untuk bertemu dengan guru atau tutor yang bisa membimbing atau mengajar sang buah hati.  Dengan cara seperti itu maka ketertinggalannya tidak akan lama. 
  3. Bagi ayah dan bunda, jika sang buah hati merasa tertinggal dengan materi pelajaran di sekolahnya. Maka sebaiknya usahakan untuk memprioritaskan materi yang tertinggal tersebut agar bisa diprioritaskan pada saat tutor atau pengajar  bimbel atau private sang buah hati bisa mendapatkan pelajaran yang tertinggal tersebut. Tujuannya adalah agar sang buah hati  bisa segera menyusul pelajaran yang tertinggal. 
  4. Tolong kepada ayah dan bunda juga bisa memberikan bimbingan dan arahan kepada sang buah  hati. Ketika  tertinggal dalam satu pelajaran di sekolah misalnya, cobalah untuk selalu melakukan satu kegiatan yaitu meluangkan waktu untuk bisa mengulang pelajaran  yang tertinggal. Baik melalui  belajar sendiri dirumah atau bisa juga dengan meminta bantuan dari sang pengajar agar pelajaran bisa kembali dikuasai dengan baik.
  5. Cara terbaik lainnya  yang bisa dilakukan kita sebagai orang tua adalah dengan memberikan masukan kepada sang buah hati agar dirinya bisa mencoba untuk berdiskusi dengan teman sekelasnya. Karena bisa jadi dengan berdiskusi pelajaran  yang tertinggal bisa segera terselesaikan dengan baik dan sang buah hati bisa kembali memahami mata pelajaran yang tertinggal. 

Itulah 5  hal yang mungkin bisa kita berikan sebagai orang tua kepada sang buah hati ketika dirinya merasa bahwa mata pelajaran yang diajarkan di sekolah terdapat ketinggalan. Karena bagaimanapun juga ketika sang buah hati merasa pelajaran di sekolahnya tertinggal perlu adanya satu solusi yang  bisa di jalankan oleh sang buah hati agar semua mata pelajarannya tidak ada yang tertinggal. 

Dampaknya adalah, ketika ada mata pelajaran yang tertinggal jika tidak segera dicarikan solusinya maka sang buah hati akan semakin tertinggal. Sehingga kita sebagai  orang tua harus tahu dan bisa memberikan solusi terbaik agar sang buah hati bisa mengejar ketertinggalan dan  bisa kembali mengikuti pelajaran di sekolah dengan baik. 

 

Intinya apapun kondisinya, ketika sang buah hati sedang mengalami masalah dengan pelajaran di sekolahnya.  Cara  terbaik yang bisa kita lakukan sebagai orang tua adalah mendampingi agar sang buah hati tidak merasa sendiri dalam menghadapi pelajaran – pelajaran di sekolahnya. 

Comments (0)

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*

Balas Chat
1
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?