| Pendaftaran Siswa
08222 333 1144 I 0812 1233 2163
Selamat Datang di Laskar UI!

Cara Mudah Belajar Matematika

Cara Mudah Belajar Matematika
Juni 7, 2022 laskarui
In News

Cara Mudah Belajar Matematika Guna Meningkatkan Nilai Akademis Matematika

Sebenarnya salah satu dasar kenapa kita selalu belajar matematika adalah, karena matematika tersebut adalah ilmu dasar yang akan berguna untuk semua pelajaran. Seperti misalnya pelajaran seperti Kimia,  Fisika, Akuntansi, Ekonomi semua pasti akan menggunakan ilmu matematika karena di dalam pelajaran tersebut selalu ada proses perhitungan. Itulah yang menjadi dasar kenapa dari tingkat SD hingga Kuliah, pelajaran matematika akan selalu ada. 

Namun sekalipun ilmu matematika adalah penting tetapi  hingga saat ini matematika masih saja menjadi momok atau masalah yang membuat paras siswa kadang merasa takut sebelum mengerjakannya. Padahal  jika matematika dipahami secara benar maka bisa jadi apa  yang menjadi ketakutan kalian tersebut tidak perlu  terjadi. Itulah sebenarnya yang saat ini di kalangan siswa yang masih duduk di bangku sekolah, perlu adanya satu konsep belajar matematika.

7 Konsep dan Cara Mudah  Belajar Matematika Agar Menyenangkan.

Dengan memahami arti penting dari pelajaran matematika, maka kita bisa mengambil beberapa kesimpulan yang intinya adalah bahwa pelajaran matematika tersebut bisa di buat menjadi lebih menarik.  hanya saja untuk menjadikannya lebih menarik maka kita mesti melakukan beberapa hal seperti yang bisa kita lakukan di bawah ini : 

  1.  Hal pertama  yang mesti kita lakukan adalah dengan kita mencoba mengubah cara memandang pelajaran matematika. Ketika kalian memandang matematika adalah pelajaran yang sulit maka akan menjadi sulit, tetapi berbeda jika kalian anggap matematika mudah maka semua hal yang berhubungan dengan matematika adalah mudah. 
  2. Hal kedua yang semestinya bisa kita lakukan adalah dengan mencari atau mendapatkan lokasi yang terbaik untuk mempelajari matematika.  Kita bisa lakukan itu pada saat di rumah, dengan kita bisa menentukan lokasi yang nyaman  untuk  belajar matematika maka semua pelajaran matematika akan bisa kita  bahas di tempat  tersebut. 
  3. Hal ketiga yang semestinya bisa kita lakukan adalah dengan mencoba menghafalkan  beberapa rumus matematika yang mungkin sulit kalian cerna. Pada saat kalian bisa melakukan hal itu pada dasarnya pada saat kalian menulis rumus itu juga sedang menghafal rumus, sehingga kalian akan bisa cepat ingat dengan rumus tersebut. 
  4. Hal keempat yang bisa kita coba lakukan adalah dengan pahami seperti apa rumus tersebut, dengan mencoba memahami dengan benar setiap rumus yang kalian  buat maka akan membuat pemahaman kalian terhadap rumus  tersebut semakin mudah. 
  5. Hal kelima yang menjadi cara selanjutnya adalah coba untuk mengerjakan soal  soal   yang kalian rasa bisa kalian coba selesaikan.  Dengan cara seperti itu maka anda  terbiasa untuk menyelesaikan soal soal matematika secara mandiri. 
  6. Hal keenam yang bisa kita coba lakukan adalah dengan melakukan beberapa hal diatas secara teratur, dengan mengulang semua hal yang telah dijelaskan diatas, maka anda akan semakin  pintar dalam mempelajari matematika. 
  7. Hal ketujuh yang menjadi penutup adalah bahwa kita jangan sungkan atau malas bertanya kepada guru atau kakak pengajar, karena dengan bertanya sebenarnya anda sedang memperkuat pemahaman kalian terhadap satu materi matematika   yang kalian ingin pahami. 
Baca Juga  8 Larangan Dalam Mendidik Anak

Dengan melakukan 7 hal yang mesti kita jalankan, maka kita akan bisa mengubah pola pikir kita terhadap pelajaran matematika.  Sehingga persepsi awal  bahwa pelajaran matematika adalah sulit bisa kita ubah menjadi pelajaran matematika tersebut menyenangkan. Karena kita bisa menikmati dengan mudah pelajaran matematika yang awalnya kita anggap sulit. 

Cara Mudah  Belajar Matematika dengan Menggunakan 7 Strategi  Unik dan Menarik 

Disamping 7 hal  yang telah dijelaskan diatas, kita juga bisa melakukan beberapa hal yang menjadikan pelajaran matematika menjadi mata pelajaran yang mudah  untuk dipelajari. Kesemua itu memang kembali lagi pada kemampuan kita dalam melihat dari sisi mana menariknya matematika tersebut harus dipelajari. 

Setidaknya ada 7 hal berikut yang jika hal ini kita sebagai siswa jalankan, maka persepsi sulit dari pelajaran matematika akan menjadi berubah. Kenapa, karena dengan cara tersebut imej matematika yang sulit akan berubah : 

  1. Cara pertama yang bisa kita lakukan dan  harus kita lakukan adalah dengan mengubah mindset bahwa matematika itu pelajaran yang sulit. Dengan kita mengubah mindset tersebut maka di benak kita tidak ada kata sulit untuk matematika. 
  2. Cara kedua buatkan satu konsep belajar matematika  yang menyenangkan. Bisa dari cara kita mengatur ilmu pelajaran matematika dari hal hal yang menarik. Atau bisa juga dengan melakukan perubahan dari konsep belajar matematika. 
  3. Cara ketiga adalah dengan selalu menyiapkan catatan atau note note yang berhubungan dengan rumus rumus yang bisa kita hafalkan nantinya. 
  4. Cara keempat pastikan  bahwa catatan rumus yang kita buat bisa kita hafal dan  gunakan untuk menyelesaikan soal soal  yang ada. 
  5. Cara kelima yang mesti dilakukan adalah dengan mencari trik atau strategi cepat dalam menyelesaikan soal matematika. 
  6. Cara keenam dengan menggunakan program latihan soal matematika sebagai cara untuk selalu melihat bahwa matematika adalah mudah. 
  7. Cara ketujuh adalah dengan selalu berusaha untuk berkomunikasi dengan siapapun yang paham akan matematika, sehingga kita tahu bagaimana mereka menggunakan matematika dengan mudahnya. 
Baca Juga  10 Cara Agar Buah Hati dari Ayah dan Bunda pintar semua Pelajaran

Nah seperti itulah seharusnya kita melakukan pemahaman terhadap pembelajaran matematika, sehingga matematika bukan lagi jadi masalah tetapi bisa jadi mata pelajaran yang menyenangkan. Karena kita tahu cara mudah untuk menyelesaikan soal soal matematika  yang ada.

Comments (0)

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*

Balas Chat
1
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?