| Pendaftaran Siswa
08222 333 1144 I 0812 1233 2163
Selamat Datang di Laskar UI!

Konsep Pendidikan, Berapa sebenarnya usia terbaik menyekolahkan anak

Konsep Pendidikan, Berapa sebenarnya usia terbaik menyekolahkan anak
Februari 12, 2022 laskarui
In News

Konsep pendidikan memang tidak mengenal usia, dimana sejak  manusia dilahirkan hingga dirinya meninggal adalah waktu untuk belajar.   Itulah kenapa,  proses belajar menjadi satu hal yang penting untuk kita sebagai manusia.  Seperti juga sang buah hati ayah dan bunda, memang sebaiknya memperhatikan waktu-waktu terbaik dalam memberikan pendidikan. Ke semua itu agar hasil  yang dicapai bisa maksimal, yaitu  menjadikan buah  hati kita tumbuh dan menjadi pribadi yang pintar dan cerdas. 

Setidaknya dari apa  yang telah ditetapkan  oleh pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud).  Bahwa untuk semua anak yang ada di Indonesia perlu mendapatkan pendidikan dasar 9 tahun. Artinya setiap anak mesti menjalani pendidikan dari usia pendidikan dasar SD ( 6 tahun) dan SMP (3 tahun). 

Tetapi diluar itu semua, karena ayah dan  bunda ingin agar buah hatinya tumbuh menjadi  pribadi  yang pintar dan cerdas.  Maka bisa jadi buah hati mereka lebih awal dalam menjalani pendidikan, dari mulai pendidikan non formal hingga pendidikan formal sesuai ketentuan pemerintah selama 9 tahun.  Itulah sebabnya, saat ini banyak bermunculan lembaga pendidikan yang memberikan pendidikan sebelum sekolah, atau pendidikan pra sekolah. 

Jika ingin dijelaskan secara detail, maka kita akan bisa mendapatkan umur anak yang biasanya sudah mulai mendapatkan  pendidikan dari ayah dan bundanya.  Dari mulai  pendidikan pra sekolah yang sering di sebut PAUD ( Pendidikan Anak Usia Dasar ) 

1.Pendidikan Usia  Anak-Anak Pra- TK ( Taman Kanan-Kanan) 

Konsep pendidikan dalam konteks  usia anak-anak Pra TK adalah termasuk yang saat ini banyak diminati oleh orang tua di kota besar  yang juga sibuk bekerja. Dimana untuk konsep pendidikan seperti ini usia anak-anaknya adalah 1-3 tahun. Istilahnya memang beda-beda untuk  konsep sekolah  Pra TK ada daycare atau baby gym class. Model pendidikan ini memang banyak diterapkan untuk orang tua yang bekerja. Jadi sistem pendidikannya adalah seharian. Pada saat orang tuanya akan mulai bekerja di titipkan dan setelah orang tuanya selesai bekerja baru anak-anaknya di jemput. 

2. Pendidikan Usia Anak Anak PAUD

Sama dengan pendidikan usia anak-anak Pra TK, karena model pendidikan PAUD juga dikelola oleh beberapa institusi. Jika di lingkungan kompleks perumahan bisa di  kelola oleh ibu-ibu kompleks yang tergabung dalam PKK. Atau  bisa juga dilakukan  oleh institusi pendidikan yang memang khusus memberikan pendidikan dalam konsep pendidikan PAUD.  Dimana usia anak-anak dalam kelas PAUD  itu adalah usia 3-5 tahun. 

3.Pendidikan Usia Anak Anak Kelas TK  ( Taman Kanak Kanak ) 

Inilah yang dahulu sering disamakan dengan pendidikan pra sekolah dasar. Kenapa orang tua ingin menyekolahkan anaknya masuk TK itu karena mereka ingin agar buah hatinya pada saat masuk kelas SD sudah mulai bisa membaca walau hanya membaca dasar semata. Usia pendidikan untuk anak kelas TK adalah 5-6 tahun. 

4. Pendidikan  Usia Anak Anak Kelas SD ( Sekolah Dasar ) 

Inilah program pendidikan dasar yang diwajibkan oleh Kemendikbud, usia pendidikan dasar yang wajib diikuti oleh semua anak yang ada di Indonesia. Berbeda dengan pendidikan  model Pra TK hingga TK,  karena jenjang pendidikan SD  adalah dari Kelas 1 SD hingga 6 SD dengan rentang usia wajar pendidikan adalah 7-12 tahun. 

5. Pendidikan Usia Anak Anak Kelas SMP ( Sekolah Menengah Pertama ) 

Selepas SD maka rentang usia pendidikan wajib belajar 9 tahun adalah kelas SMP.  Dimana untuk pendidikan pada  kelas SMP ini adalah dari 13-15 tahun.  Sehingga diharapkan setelah anak-anak lulus dari pendidikan SMP ini mereka  sudah bisa mandiri secara usia anak-anak. 

Seperti itulah konsep pendidikan yang mesti dipahami oleh para orang tua. Dimana kita sebagai orang tua sudah seharusnya paham akan standar usia dari buah hati kita dalam mendapatkan pendidikan yang  layak untuk dirinya. Dengan kita sebagai orang tua tahu dan paham menyangkut rentang usia anak-anak dalam mendapatkan pendidikan, maka kita akan  bisa mempersiapkan segala hal  yang berhubungan dengan pendidikan dengan cukup baik. 

Ingat pendidikan adalah  kewajiban, dan kita sebagai orang tua sudah seharusnya memberikan pendidikan yang layak sesuai dengan jenjang pendidikan dan kebutuhan pendidikan bagi buah  hati kita secara benar. 

 

Comments (0)

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*

Balas Chat
1
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?