| Pendaftaran Siswa
08222 333 1144 I 0812 1233 2163
Selamat Datang di Laskar UI!

6 Tips Memotivasi Semangat Anak Yang Malas Belajar

6 Tips Memotivasi Semangat Anak Yang Malas Belajar
January 7, 2021 laskarui
In News
6 Tips Memotivasi Semangat Anak Yang Malas Belajar

Masa anak-anak memang masanya untuk bermain, sehingga terkadang pada saat mereka harus belajar sulit  untuk berkonsentrasi. Kondisi ini  memang tidak baik, tetapi hal itu pun tidak dengan serta merta mudah kita ubah sebagai orang tua.

Masalah belajar bagi anak-anak memang menjadi kondisi  tersendiri bagi kita  para orang tua  untuk mencarikan solusinya.  Jika salah dalam memberikan arahan,  maka yang terjadi adalah anak akan semakin sulit  untuk diarahkan. Sedangkan bagi orang tua sendiri menjadi sulit   untuk mencarikan solusi terbaiknya karena sang anak sudah terlanjur  menikmati masa – masa tersebut. 

Namun yang namanya belajar, jika tidak coba dibiasakan dari anak-anak.  Maka pada saat dewasa kelak sang anak akan semakin sulit  untuk berkonsentrasi pada saat belajar. Sehingga dibutuhkan satu strategi atau motivasi agar anak-anak bisa melaksanakan apa yang diminta orang tuanya dalam  hal belajar secara berkesinambungan. 

Segala hal memang mesti dicoba untuk anak-anak kita.  Karena jika  bukan kita yang care dan perhatian ke mereka, mustahil mereka akan bisa menjadi anak-anak yang sulit dikendalikan ( motivasi).  Tidak ada  yang salah dalam mengambil tindakan, tetapi akan menjadi salah jika apa yang diutarakan oleh orang tua justru membuat anak akan semakin sulit untuk dimotivasi semangat belajarnya.

Setidaknya ada 6 Tips atau Strategi untuk Memotivasi Semangat Anak yang Malas untuk  belajar.  Dimana ke- 6 Tips tersebut dapat dijabarkan kondisinya sebagai berikut :

  1. Biasakan kita sebagai orang tua untuk tetap terlibat pada saat anak sedang belajar. Hal ini menjadi penting, karena si anak akan semakin merasa  bahwa kedua orang tuanya juga mau menunggu dirinya belajar. Dengan kondisi seperti itu maka sang anak akan semakin semangat.
  1. Cobalah  untuk berusaha mengajukan pertanyaan pada saat kita sebagai orang tua sedang menemani sang anak belajar. Dengan ikut bergabung dalam konsep belajar yang dilakukan  oleh anak kita maka lambat laun dirinya akan semakin tahu bagaimana konsep belajar yang baik pada saat di rumah.
  1. Ada baiknya juga kita sebagai orang tua sesekali memberikan pengalaman dirinya pada saat dahulu sedang belajar. Karena pengalaman itu justru  bisa menjadi salah satu konsep belajar yang  baik untuk diterapkan pada anak-anak di rumah.
  1. Kita sebagai orang tua seharusnya sesekali memberikan pengalaman yang baik kepada sang anak.  Pengalaman tersebut bisa di dapat dari diri kita sebagai orang tua, ataupun dari contoh kasus yang  banyak ada di lapangan. Inti dari contoh kasus itu sendiri adalah agar sang anak bisa memahami kenapa dirinya mesti belajar.
  1. Pastikan bahwa dalam melakukan pembelajaran tersebut sang anak sudah di buatkan jalannya. Sehingga pada saat sang anak belajar dirinya sudah tahu kapan dan materi apa yang akan menjadi fokus  bahasannya.
  1. Salah satu cara terbaik yang sudah pasti akan membuat anak semangat dalam belajar. Cara itu adalah mencoba mencari  tahu apa hobi dan kesukaan sang anak. Jika kita sebagai orang tua sudah  tahu hobi sang anak, maka  dari kesukaannya itulah kita sebagai orang mulai mengarahkan diri sang anak untuk tetap semangat dalam belajar.

Itulah beberapa tips atau motivasi  yang bisa diajarkan atau lakukan terhadap anak-anak kita. Karena jika kita lengah atau tidak bisa fokus dalam mendidik anak dalam melakukan aktivitas belajarnya.  Maka bisa jadi  yang akan terjadi pada diri anak-anak kita adalah kecanduan akan aktivitas main. Jika hal itu terjadi maka akan semakin sulit bagi kita sebagai orang tua untuk mengarahkan sang anak untuk bisa belajar dengan baik.

Disamping ke-6 tips yang telah dijelaskan diatas itulah, sebenarnya ada satu hal yang bisa dijalankan bagi kita para orang  tua dalam memberikan motivasi belajar pada anak-anak.  Salah satunya adalah dengan mengundang pengajar dari Laskar UI.  Apa itu Laskar UI,  ini adalah salah satu lembaga pendidikan  yang didukung oleh para profesional dalam bidang pendidikan yang sudah berpengalaman.  Dimana Laskar UI memiliki metode dan cara terbaik dalam mengajarkan  atau mendidik anak – anak untuk belajar.

Itulah yang pada akhirnya menjadi kunci  bagaimana kita sebagai orang tua memotivasi belajar anak-anak kita dengan baik.  Jika kita melakukannya sendiri, maka 6 Tips diatas bisa menjadi acuan dalam mendidik dan memberikan arahan kepada anak terkait proses belajar di rumah.  Tetapi jika kondisinya kita sebagai orang  tua  tidak bisa melakukannya, maka  cara terbaik yang bisa kita lakukan sebagai orang  tua adalah mengundang Laskar UI, salah satu lembaga pendidikan yang sukses dalam mendidik dan mengarahkan para siswanya dalam  proses  belajar di dalam rumah.

Jika anda saat ini adalah orang  tua yang ingin anak-anaknya bisa maju dan berkembang.  Silakan masuk dalam website berikut : Https://laskarui.com/homeschooling. Pastikan anda sebagai orang  tua tahu konsep belajar dan mengajar seperti apa yang cocok dengan  anak-anak anda.  Ingat satu hal, proses belajar mengajar yang bisa membuat anak kita nyaman, itulah salah satu kunci sukses bagi kita para orang tua atau pengajar merasa sukses dalam mendidik dan mengarahkan anak-anak kita dalam proses belajar dan mengajar di rumah.

Comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Balas Chat
1
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?