| Pendaftaran Siswa
08222 333 1144 I 0812 1233 2163
Selamat Datang di Laskar UI!

5 Hal yang Perlu diKetahui Dalam Memilih Homeschooling

5 Hal yang Perlu diKetahui Dalam Memilih Homeschooling
Februari 12, 2022 laskarui
In News

Hal yang Perlu diKetahui Dalam Memilih Homeschooling

Homeschooling memang saat ini bisa dikatakan menjadi salah satu model pendidikan  yang sedang “ in” di masyarakat. Bukan karena sistem ini memberikan keleluasaan bagi  buah hati kita dalam proses  belajarnya. Juga karena sistem belajar model homeschooling banyak diminati oleh siswa didik mengingat sistemnya memang berbeda dibandingkan dengan sistem belajar yang diajarkan di sekolah formal. Itulah sebabnya, saat ini ayah dan bunda  tidak perlu kuatir jika pada akhirnya buah hati ayah dan bunda karena satu dan lain hal melakukan pendidikan dengan model pendidikan seperti  homeschooling. 

Namun sebelum ayah dan bunda menentukan homeschooling mana yang akan diberikan kepada sang buah hati. Ada  baiknya ayah dan bunda memahami dahulu 5 hal yang mesti menjadi perhatian bagi ayah dan bunda sebelum menentukan di homeschooling mana buah hati kita di sekolahkan.  Karena jika kita sebagai ayah dan bunda salah dalam memilihkan sekolah homeschooling  tersebut  bisa jadi kita sebagai orang tua akan merasa rugi. Rugi bukan karena mereka tidak akan bisa mendapatkan materi pembelajaran  yang layak seperti anak-anak yang bersekolah di sekolah formal. Juga karena buah hati kita tidak akan bisa maksimal dalam belajar. Sehingga untuk mendukung kondisi itulah, ada baiknya ayah bunda memahami 5  hal penting sebelum akhirnya menentukan di homeschooling mana mereka akan kita sekolahkan. 

 

  1. Sebelum menentukan homeschooling mana, ada baiknya ayah dan bunda pahami dahulu apa saja yang sebenarnya dibutuhkan oleh buah hati kita. Baik yang dibutuhkan dalam hal belajar dengan berbagai materi yang diajarkan serta sistem belajarnya yang sesuai dengan apa yang mereka inginkan. 
  2. Sebelum menentukan homeschooling  yang akan diikuti oleh sang buah hati kita, ada baiknya kita sebagai orang tua memahami kenapa buah hati kita membutuhkan sistem belajar seperti homeschooling.  Dengan begitu kita sebagai orang tua akan semakin paham apa yang dibutuhkan oleh sang buah hati kita. 
  3. Sebelum menentukan homeschooling mana yang akan di pilih, pastikan bahwa homeschooling  tersebut telah memiliki pengalaman. Tidak hanya  pengalaman tetapi juga jumlah pengajar  yang berkualitas. 
  4. Sebelum menentukan homeschooling, ada baiknya kita sebagai orang tua berkomunikasi dengan buah hati kita. Sehingga pada saat mereka sudah mulai belajar ada komitmen juga yang mesti mereka jaga. 
  5. Sebelum menentukan homeschooling kita sebagai orang tua sudah memiliki planning atau perencanaan,  Dimana kita harus tahu homeschooling  yang akan diberikan kepada sang buah hati itu akan berapa lama serta seperti apa model silabus atau kurikulumnya. Karena kedua hal itu sangat terkait dengan model belajar dan skema pembelajaran yang akan diajarkan. Sehingga dengan kita tahu range waktu pengajaran, akan bisa memberikan kepada kita sebagai orang  tua concert terhadap bagaimana sang buah hati bisa memaksimalkan model belajar sistem homeschooling. 

Dengan memahami dan melakukan ke-5 hal yang telah dijelaskan diatas itulah, kita sebagai orang tua menjadi lebih paham. Paham menyangkut materi belajar apa saja yang akan diberikan oleh buah hati kita, juga kita sebagai ayah dan bunda semakin paham bahwa untuk mencapai kesuksesan kari  buah hati kita maka kita sebagai orang tua akan selalu memberikan komitmen dalam menjalankan semua yang kita inginkan. 

Karena kebanyakan, saat ini siswa didik  yang masuk dan tertarik belajar sistem homeschooling adalah mereka  yang masuk kategori publik figur, artis, hingga para olahragawan. Dengan kita sebagai  orang tua  tahu dan memahami esensi dan karakter dari model pendidikan homeschooling maka semakin yakin bahwa sistem  tersebut bisa kita berikan kepada sang buah hati kita. 

Intinya memberikan sistem belajar dengan model homeschooling adalah salah satu strategi yang bisa di jalankan oleh kedua orang tua kita.  Bukan karena kita tidak ingin sang buah hatinya tidak ikut dalam pendidikan formal. Tetapi lebih dari itu karena sang buah hati kita memiliki aktivitas yang mungkin tidak bisa dilepaskan juga.  Sehingga untuk anak-anak yang saat ini sedang menjadi profesinya sebagai seorang publik figur atau orang terkenal. Serta anak-anak yang memang memiliki bakat dalam bidang  olahraga. Bahwa saat ini adalah waktu yang tepat untuk kita memberikan model pendidikan terbaik yang bisa diberikan kepada siswa didik termasuk didalamnya mungkin memberikan pembekalan yang cukup jika sang buah hati memang akan panjang melakukan kerjasama untuk memberikan metode pendidikan homeschooling  yang selama ini telah berlangsung. 

 

Comments (0)

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*

Balas Chat
1
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?