| Pendaftaran Siswa
08222 333 1144 I 0812 1233 2163
Selamat Datang di Laskar UI!

5 Metode Belajar Model Daring yang Eefektif dan Bermanfaat

5 Metode Belajar Model Daring yang Eefektif dan Bermanfaat
January 4, 2022 laskarui
In News

Metode Belajar Model Daring yang Eefektif dan Bermanfaat

Melihat  sang buah hati bisa belajar dengan baik dan bisa  berhasil dalam pelajaran, mungkin itu semua  harapan yang diinginkan oleh semua ayah dan bunda.   Sehingga  apapun caranya selama itu bisa memberikan hasil yang maksimal untuk sang buah hati maka ayah dan bunda akan selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk sang buah hati dalam mendukung mereka  belajar.  Tidak saja dalam kondisi sebelum pandemi covid, pada saat covid pun ayah bunda akan selalu berusaha untuk tetap mendukung dan mensupport sang buah hati dalam mengejar cita-citanya.

Terlebih saat ini, pasti Ayah & bunda tahu  bahwa saat ini memang kita masih menghadapi  pandemi covid. Tetapi kondisi tersebut bukan menjadi penghalang untuk buah hati kita malas-malasan dalam belajar yang pada akhirnya membuat mereka tertinggal dalam pelajaran.

Melihat kondisi seperti itulah, sehingga bagi ayah dan bunda, ada baiknya kita semua tahu metode  pembelajaran jarak jauh. Kondisi seperti itu memang saat ini masih bisa menjadi salah satu pilihan terbaik bagi siswa mengingat pandemi covid yang berlangsung. Namun bukan karena sistem belajarnya yang bersifat jarak jauh yang membuat siswa harus malas dalam belajar. Justru  dengan metode pembelajaran jarak jauh ada baiknya siswa bisa belajar  lebih efektif sehingga hasil  belajarnya jadi lebih maksimal.

Sebenarnya terkait dengan metode  pembelajaran jarak jauh atau biasa di sebut metode belajar daring. Ada baiknya ayah dan bunda ikut peduli dan menjaga keseimbangan agar buah hati ayah dan  bunda serta  para pengajarnya  tahu bagaimana cara terbaik dalam proses belajar dan mengajar agar hasilnya bisa maksimal. Bukan sebaliknya justru kinerja belajarnya justru semakin menurun. Itulah yang menjadi kunci kenapa pada akhirnya perlu pemahaman yang benar dari kedua belah pihak agar semunya berjalan dengan lancar.

Dengan melihat pentingnya tujuan yang ingin di capai dari sistem belajar model daring. Maka ada 5 metode yang bisa di jalankan bagi pengajar dan siswa yang ingin agar  proses belajar dengan sistem daring menjadi lebih efektif.  Dimana dengan melihat pentingnya kondisi tersebut ada baiknya ayah dan bunda selalu memperhatikan 5 hal berikut  :

  1. Hal pertama yang mesti menjadi perhatian adalah coba mengatur tempat belajarnya dengan tepat. Kenapa, karena tempat atau ruangan akan bisa mempengaruhi pola belajar yang akan di jalankan dengan sistem daring. Semangat dan mood belajar akan bisa tercipta dari suasana  ruangan atau tempat belajar.
  1. Hal kedua yang mesti di lakukan adalah coba untuk selalu membuat rencana belajar. Baik rencana belajar itu di buat bersama-sama dengan para pengajarnya.  Atau bisa juga di buat sendiri bersama orang tua di rumah.
  2. Hal ketiga yang mesti menjadi perhatian adalah jangan sampai pada saat proses belajar berlangsung kedua belah pihak mengalami distraksi. Karena jika  hal itu terjadi maka akan merusak suasana belajar dengan sistem daring.
  3. Hal keempat adalah selalu  berupaya untuk memperhatikan jadual dan materi belajar yang akan di jalankan. Mengingat ini adalah konsep belajar daring, sehingga semua pihak harus berusaha memberikan yang terbaik untuk proses belajar tersebut.
  4. Hal kelima yang mesti menjadi perhatian kedua belah pihak, khususnya  orang tua di rumah adalah bagaimana mengoptimalkan dan mengefisiensikan waktu istirahat dengan  baik. Karena dengan otak kita berfikir teratur maka semua hal bisa dilakukan dengan cukup baik. Dan jika itu berhubungan dengan proses belajar maka semua  hal yang  telah di jelaskan jadi lebih baik.

Karena media yang di gunakan dalam pembelajaran sistem daring ini  bisa menggunakan beberapa alat seperti : Zoom,  Group WA, Google Classroom dan seterusnya.  Maka untuk membuat agar semua proses belajar bisa berjalan dengan lancar.  Ada minimal 3 hal  yang berhubungan dengan media tersebut yang mesti di perhatikan :  (1) Anda harus selalu pastikan  bahwa signal dari semua media itu bisa berfungsi dengan baik. Dengan begitu maka proses belajar bisa berjalan normal (2) Anda harus pastikan  jika media internetnya  menggunakan HP atau Laptop pastikan semuanya bagus tidak sedang bermasalah (3) Anda juga pastikan jika internetnya berasal dari HP yang paketnya berupa paket data pra bayar. Selalu cek agar pulsa datanya selalu tersedia untuk mendukung proses belajar dan mengajar dengan sistem daring.

Nah setelah  ayah dan bunda pahami hal apa saja yang mesti menjadi perhatian tidak saja kepada sang buah hati. Tetapi perhatian itu juga untuk para pengajar yang akan memberikan pengajaran pada sang buah hati  tidak lain dan tidak  bukan adalah memberikan semua yang terbaik agar proses belajar bisa lancar dan  hasil dari proses belajarnya akan menjadikan nilai-nilai dari sang buah hati tetap bisa di pertahankan baik jika mungkin meningkat dibanding sebelum pandemi covid.

 

Comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Balas Chat
1
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?