| Pendaftaran Siswa
08222 333 1144 I 0812 1233 2163
Selamat Datang di Laskar UI!

Inilah 10 Keuntungan mengikuti homeschooling

Inilah 10 Keuntungan mengikuti homeschooling
Oktober 25, 2021 laskarui
In News

Bagi ayah dan bunda, saat ini rasanya untuk belajar kita sebagai orang tua tidak harus memaksakan  buah hatinya belajar secara formal di sekolah. Karena sejak terjangkitnya pandemi covid, dimana sekolah mulai menerapkan sistem pembelajaran by online (jarak jauh). Terbukti model belajar tersebut mampu menjadi solusi bagi siswa untuk bisa mengikuti pembelajaran tanpa  harus belajar di kelas. 

Terlebih pada saat itu, buah hati ayah dan bunda juga bisa mengikuti model pembelajaran lain seperti homeschooling. Nah, jika demikian adanya kenapa ayah dan bunda masih ragu untuk mengikutkan  buah hatinya dalam model pendidikan homeschooling.  Padahal kita tahu, homeschooling solusi pendidikan yang baik untuk para siswa yang tidak bisa mengikuti pembelajaran normal di sekolah. 

Wajar jika pada akhirnya kita mengatakan bahwa homeschooling cara belajar modern untuk buah hati ayah dan bunda. Karena homeschooling bisa memberikan keleluasaan bagi buah hati ayah bunda yang tidak saja fokus dalam pendidikan tetapi juga dalam hobi atau karir yang sedang di jalaninya. 

Sekadar menjelaskan kelebihan yang dimiliki homeschooling. Ayah dan bunda juga perlu tahu bahwa sistem atau model homeschooling memiliki 10 kelebihan atau keuntungan yang akan bisa didapatkan oleh buah hati ayah dan bunda :

1. Sistem Homeschooling  bersifat fleksibel

Keuntungan dari sistem belajar homeschooling adalah ayah dan bunda beserta buah hati bisa menentukan berapa lama periode waktu belajar. Menentukan model belajar dan mata pelajaran apa saja yang akan diambil serta beberapa keleluasaan lain  yang tidak di dapat di sekolah formal. 

2. Sistem Homeschooling membuat buah hati bisa mengembangkan bakatnya

Karena sistem belajar di homeschooling bisa di sesuaikan, maka hal ini akan membantu pengajar dalam mengembangkan potensi yang dimiliki oleh siswa yang bersangkutan. Sehingga dengan begitu ayah bunda akan terbantu dalam menemukan minat dan  bakat dari buah hatinya. 

3. Sistem Homeschooling memungkinkan buah hati mendapatkan istirahat yang cukup

Karena sistem homeschooling bersifat fleksibel, maka bagi ayah dan  bunda yang buah hatinya perlu istirahat yang cukup karena satu dan lain hal misalnya. Maka hal  ini bisa dengan mudah di jalankan, karena sistem homeschooling bersifat saling memahami antara siswa dan pengajarnya. 

4. Sistem Homeschooling akan membantu ayah bunda dalam mengawasi buah hatinya

Saat ini pergaulan di luar rumah begitu bebasnya, sehingga jika salah melangkah maka buah hati ayah bunda akan rugi.  Dengan sistem homeschooling ayah dan bunda bisa mengawasi pergaulan buah hatinya dengan mudah dan benar. 

5. Sistem Homeschooling bisa belajar dari mana saja

Menariknya sistem  homeschooling adalah,  buah hati ayah dan bunda tidak harus belajar dari sekolah. Pembelajaran bisa di lakukan di rumah atau di lokasi-lokasi yang sesuai dengan tema  belajarnya. Sehingga metode pembelajarannya bersifat langsung.

6. Sistem Homeschooling tepat untuk anak dengan segudang aktivitas.

Ayah bunda dengan sistem  homeschooling, maka jika buah hati ayah bunda memiliki aktivitas yang padat atau ingin mengejar karir di luar pendidikan  formal maka bisa dilakukan dengan mudah. 

  1. Sistem Homeschooling juga bisa memberikan kesempatan bagi ayah dan bunda yang ingin buah hatinya mendalami ilmu atau pembelajaran yang sesuai dengan minat dan bakatnya. Sehingga fokus  belajarnya bisa di sesuaikan dengan kebutuhan. 
  2. Sistem Homeschooling akan membuat buah hati ayah dan bunda cepat menjadi mandiri. Karena sistem belajar seperti ini mengharuskan siswa lebih aktif dalam menentukan jam belajar, sistem belajar, materi pelajaran dan lainnya. Sehingga kemampuan para siswa dalam mengikuti program belajar dengan model seperti ini akan lebih memahaminya.
  3. Sistem Homeschooling saat ini juga bisa dilakukan baik di rumah ayah dan bunda. Tetapi bisa juga di lokasi dimana para siswanya ikut pendidikan di lokasi dimana ayah bunda ikut dari lembaga tertentu.
  4. Sistem Homeschooling juga bisa membantu ayah dan bunda agar buah hatinya bisa masuk dalam perguruan tinggi negeri. Karena intensifnya model  belajar homeschooling yang bisa mendukung semua itu. 

Jadi dengan pembelajaran seperti itu, tidak heran  jika dikatakan homeschooling model pendidikan. Karena sistem yang dijalankan dalam model pembelajaran homeschooling akan bisa menjembatani apapun kondisi yang dialami oleh buah hati dari ayah dan bunda. 

So, bagi ayah dan bunda mulai sekarang  tidak perlu kuatir,  karena belajar dengan model  homeschooling pun buah hati dari ayah dan bunda akan tetap bisa mendapatkan sertifikat atau ijazah seperti  layaknya pendidikan di sekolah formal.  Sehingga dengan kondisi seperti itu akan memudahkan buah  hati dari ayah dan bunda jika ingin terus melanjutkan pendidikannya baik di dalam dan luar negeri setelah mereka buah hati ayah dan bunda dinyatakan lulus dari program  homeschooling tersebut. 

 

Comments (0)

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*

Balas Chat
1
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?