| Pendaftaran Siswa
08222 333 1144 I 0812 1233 2163
Selamat Datang di Laskar UI!

10 Tips Mengikuti Sekolah Pilot

10 Tips Mengikuti Sekolah Pilot
October 19, 2020 laskarui
In Uncategorized
mempersiapkan sekolah pilot

Apakah Anda memiliki cita-cita masuk ke sekolah pilot? Saat ini, pilot sendiri sudah menjadi salah satu profesi paling diminati. Tentu, dari banyaknya peminat tersebut membuat banyak orang pula berbondong-bondong untuk mengikuti sekolah pilot. Agar hal itu dapat tercapai, maka ada baiknya Anda mengetahui 10 tips mengikuti sekolah pilot. 

Mengapa perlu mengetahui tips mengikuti sekolah pilot? Dengan mengetahui tips tersebut, Anda akan terbantu untuk mempersiapkan diri memasuki sekolah pilot. Di bawah ini beberapa tips yang bisa Anda ketahui selengkapnya!

Wajib Tahu, 10 Tips Mengikuti Sekolah Pilot

Pilot merupakan salah satu profesi yang paling banyak diincar. Bagaimana tidak, jika menjadi seorang pilot seseorang dapat terbang ke berbagai negara. Tak hanya itu, menjadi seorang pilot juga akan mendapatkan gaji serta tunjangan yang cukup tinggi. Tak heran apabila banyak orang yang berlomba-lomba untuk mengikuti sekolah pilot.

Tentu, bukan perkara yang mudah untuk mengikuti sekolah pilot. Untuk itu, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui tips mengikuti sekolah pilot agar persiapan Anda lebih matang di bawah ini:

1. Pastikan Anda memiliki biaya yang cukup

Tips pertama adalah pastikan Anda memiliki biaya yang cukup. Anda tentu sudah memahami bahwa biaya masuk sekolah penerbangan tidaklah sedikit. Biaya sekolah penerbangan sendiri memang berbeda satu dengan yang lainnya. Untuk itu, sangat disarankan bagi Anda untuk menyiapkan biaya yang cukup.

Beberapa sekolah penerbangan bahkan dapat mematok biaya hingga ratusan juta rupiah. Tentu biaya tersebut perlu disiapkan jauh-jauh hari sebelum mendaftar dan mengikuti pembelajaran yang ada di sekolah pilot nantinya. Biaya yang tidak sedikit tersebut sebenarnya sudah sebanding dengan alat-alat yang diperlukan. Baik itu untuk peralatan praktek, biaya perawatan, dan masih banyak lagi.

2. Niat yang sungguh-sungguh

Menjadi seorang pilot tentu bukanlah pekerjaan yang biasa saja. Anda perlu memiliki niat yang sungguh-sungguh agar benar-benar menjadi seorang pilot yang dapat bertugas dengan baik di lapangan. Terlebih, sekolah pilot merupakan sekolah dimana Anda akan mengendarai dan mengemudikan sebuah pesawat terbang.

Tentu bukan hal yang mudah jika tidak diawali dengan niat yang sungguh-sungguh. Untuk itu, pastikan Anda memperkuat niat untuk menyiapkan kesungguhan hati sebelum memasuki sekolah pilot agar tidak berhenti di tengah jalan.

3. Siapkan diri untuk menghadapi seleksi

Selanjutnya, apabila biaya sudah dapat dipenuhi maka tips yang perlu Anda perhatikan adalah dengan mempersiapkan diri untuk menghadapi tes seleksi. Tes seleksi yang satu ini merupakan salah satu ujian yang memang dilakukan seperti di sekolah-sekolah pada umumnya. 

Tujuan diadakan tes seleksi masuk tersebut tentu untuk memperoleh kandidat siswa yang memang sesuai dengan kriteria yang ditentukan. Tes seleksi tersebut biasanya berupa tes tertulis, kesehatan, hingga interview. Tes ini sendiri umumnya dalam bentuk isian atau pilihan ganda.

Untuk itu, bagi Anda yang ingin mengikuti sekolah pilot, sangat penting untuk mempersiapkan pengetahuan lebih agar nantinya dapat lolos seleksi dengan hasil yang maksimal. 

4. Siapkan persyaratan administrasi yang diperlukan

Tips yang perlu dipersiapkan selanjutnya adalah menyiapkan persyaratan administrasi yang perlu. Berkas administrasi pendaftaran sangat penting untuk Anda siapkan dengan baik. Pasalnya, apabila Anda menyiapkan dengan terburu-buru maka biasa saja beberapa persyaratan tersebut masih kurang dan tertinggal.

Untuk itu, jangan sampai Anda mengalami hal yang tidak mengenakkan tersebut. Pastikan untuk menyiapkan persyaratan administrasi yang diperlukan demi mendukung pendaftaran sekolah pilot. Siapkan jauh-jauh hari berkas-berkas yang diperlukan.

Hal ini karena memang berkas administrasi tersebut cukup banyak. Seperti surat keterangan sehat dari dokter, surat izin orang tua, KK, SKCK, KTP, fotocopy ijazah, pas foto, dan lainnya.

5. Gali informasi sebanyak-banyaknya

Selanjutnya, jangan segan untuk menggali informasi sebanyak-banyaknya. Anda bisa menggali berbagai sekolah pilot yang tersebar di Indonesia. Dari situ, Anda bisa memilih mana saja sekolah yang memang sesuai dengan keinginan. 

6. Cari beasiswa untuk masuk sekolah pilot

Seperti yang Kita ketahui, untuk mengikuti sekolah pilot Anda perlu menyiapkan dan membayar biaya sekolah pilot dengan biaya yang cukup tinggi. Tentu saja, bagi Anda yang belum sempat menyiapkan dana mengikuti sekolah pilot tersebut akan tertinggal untuk bisa mendaftar. 

Untuk itu, sebagai solusi lebih lanjutnya Anda bisa mencoba mencari beasiswa sekolah pilot. Salah satu tips dari 10 tips mengikuti sekolah pilot ini terbilang sangat disarankan untuk Anda. Pasalnya, Anda tidak perlu lagi membayar biaya yang besar untuk masuk ke sekolah tersebut.

Saat ini sendiri tidak sedikit seolah pilot yang memberikan kesempatan bagi mereka yang ingin mengikuti sekolah penerbangan tersebut dengan memberikan beasiswa. Di Indonesia sendiri, Anda bisa mendapatkan beasiswa tersebut yang tentunya juga harus dilakukan dengan beberapa langkah. Di bawah ini beberapa tips untuk mendapatkannya:

  • Cari informasi terlebih dahulu mengenai sekolah yang memang memberikan beasiswa pilot.
  • Anda bisa mencari informasinya melalui internet.
  • Jika perlu, Anda bisa mencari informasi mengenai beasiswa secara langsung di sekolah pilot yang ada.
  • Kemudian ketahui apa saja syarat yang diberikan untuk dapat mengikuti pendaftaran beasiswa sekolah pilot.
  • Terakhir, jangan lupa meluangkan waktu untuk mencari informasi terbaru dari beasiswa yang ada.

7. Jaga kesehatan tubuh

Perlu Anda ketahui bahwa untuk memasuki sekolah pilot, Anda juga perlu senantiasa menjaga kesehatan tubuh. Mengapa, pasalnya sekolah pilot juga menerapkan beberapa tes salah satunya tes kesehatan. Tentu apabila Anda tidak lolos melewati tes kesehatan tersebut otomatis tidak bisa mengikuti sekolah pilot.

8. Tidak semua ditentukan dengan nilai akademik

Bagi Anda yang sudah menyiapkan materi dan menyiapkan diri untuk belajar di bidang akademik, maka tidak boleh berbangga hati terlebih dahulu. Ada baiknya, Anda menyiapkan berbagai tips yang sudah dijelaskan di atas. Mengapa? Hal ini karena Anda tidak bisa mengandalkan nilai akademik yang tinggi. 

Akan tetapi, setiap tes yang ditentukan juga dapat menjadi penentu kelulusan. Untuk itu, jangan hanya terpaku dengan mengerjakan soal tetapi juga memperhatikan tes-tes yang lain sekaligus menyiapkannya dengan baik.

9. Tanamkan sikap yang optimis

Untuk mencapai suatu hal, sangat penting bagi seseorang memiliki sikap yang selalu dalam keadaan optimis. Khususnya bagi Anda yang ingin mengikuti sekolah pilot. Terlebih terdapat berbagai tingkatan tes yang perlu Anda lakukan dan jalani dengan maksimal. Jika Anda hanya mengandalkan sikap yang pesimis maka bisa saja niat memasuki sekolah tersebut berhenti di tengah jalan.

Untuk itu, pastikan Anda memiliki sikap yang optimistis. Dengan begitu, setiap tingkatan tes seleksi yang nantinya akan dijalani akan terasa lebih menyenangkan dan mudah untuk dilakukan.

10. Cari informasi lebih banyak dari mereka yang sudah bekerja sebagai pilot

Sangat penting bagi Anda untuk mengetahui informasi mengenai sekolah pilot, terutama kepada mereka yang memang sudah merasakan bekerja sebagai pengemudi pesawat. Dengan mencari informasi kepada orang yang tepat, maka Anda tentu akan semakin semangat dan tertantang untuk mengikuti sekolah pilot yang selama ini diimpikan.

Jadi bagaimana, apakah sudah siap untuk memasuki sekolah pilot? Terapkan 10 tips mengikuti sekolah pilot di atas agar Anda bisa memasuki sekolah pilot dengan lebih efektif.

Comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Balas Chat
1
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?