| Pendaftaran Siswa
08222 333 1144 I 0812 1233 2163
Selamat Datang di Laskar UI!

Cara Mudah Menjelaskan Konsep Matematika Abstrak dengan Cara Mudah

Cara Mudah Menjelaskan Konsep Matematika Abstrak dengan Cara Mudah
Agustus 22, 2023 laskarui
In News
Cara Mudah Menjelaskan Konsep Matematika Abstrak dengan Cara Mudah

Bisa di katakan ketika kalian menguasai mata pelajaran matematika, maka tidak sulit  untuk kalian mempelajari mata pelajaran lainnya. Karena matematika bisa mempermudah kalian dalam mempelajari bidang mata pelajaran lainnya. Seperti misalnya ekonomi, ipa dalam hal ini kimia dan fisika hingga pelajaran lainnya. 

Itulah kenapa, sedari dini pada saat kita masih berada di tingkat atau sekolah dasar maka salah satu pelajaran yang harus di kuasai adalah pelajaran matematika. Sehingga perlu ada satu tes atau kemampuan bahwa kalian memang sudah menguasai atau bisa mengerjakan pelajaran matematika baru kalian bisa naik atau lanjut ke kelas 2 SD. 

Matematika itu Abstrak, Tetapi Hasilnya Bisa  Terlihat dalam Kehidupan Sehari – Hari 

Matematika itu memang unik, atau bisa di katakan abstrak karena memang keberadaan ilmu matematika itu tidak terlihat seperti ilmu lain misalnya kimia harus menggunakan laboratorium untuk mengerjakan pekerjaan kimia. Atau kesenian yang harus menggunakan alat untuk menjelaskan soal pelajaran budaya misalnya.  Tetapi matematika itu adalah sesuatu yang abstrak. Tetapi karena abstraknya itulah yang membuat jadi sesuatu yang menarik. 

Karena pada dasarnya belajar matematika itu adalah belajar banyak hal seperti misalnya sebuah konsep, struktur dari sebuah konsep, hingga masalah yang berhubungan dengan antar konsep dan struktur. Sehingga penggunaanya bisa bervariasi tergantung konteksnya.  Sehingga karena kondisi itulah maka perlu strategi dalam mempelajari pelajaran matematika. 

Minimal ada 7 cara yang bisa kalian lakukan untuk mempelajari pelajaran matematika dengan cukup baik dan mudah. Dimana ke-7 cara ini bisa kalian lakukan atau coba sesuai dengan  apa yang kalian pahami tentang matematika : 

1. Ajarkan konsep dengan benar. 

Maksudnya adalah karena matematika adalah sebuah konsep, maka cara paling benar adalah mempelajari konsep tersebut sehingga kita bisa lebih paham apa sebenarnya konsep matematika yang di maksud. Dari sana baru kita akan bisa mendapatkan esensi dari matematika tersebut. 

Baca Juga  The Advantage and Disadvantage of Distance Learning

2. Mengajarkan mata pelajaran matematika secara konseptual 

Begitupula cara konseptual,  bisa menjadi salah satu cara untuk mengajarkan bagaimana sebuah mata pelajaran matematika bisa di ajarkan dengan cukup  baik karena konseptual juga bagian dari matematika. 

3. Cobalah untuk mengajarkan matematika dengan cara menyenangkan

Tujuannya adalah bahwa matematika itu bukan sesuatu yang sulit, jadi ketika kalian sudah menyenangi matematika maka semua hal menjadi lebih mudah di lakukan. 

4. Mencoba cari tahu seperti apa pemahaman dari siswanya 

Dengan cara seperti ini kita akan semakin tahu bagaimana para siswa memahami sebuah pelajaran matematika. Sehingga jika ada masalah  bisa cepat di carikan solusinya sebelum masalah itu berlanjut.

5. Menanamkan bahwa Math is Fun

Artinya adalah bahwa mempelajari matematika itu bisa kok di lakukan dengan cara yang menyenangkan misalnya sambil bermain. Dan itu bisa sekali kita lakukan bersama siswa sehingga siswa menjadi lebih suka dengan pelajaran matematika. 

6. Mempelajari matematika jangan hanya di berikan teori

Karena teori justru hanya akan membuat siswa jadi berfikir bahwa matematika itu harus menghafal. Itu jadi satu hal  yang kurang tepat dalam mempelajari matematika. 

7. Mempelajari matematika perlu adanya istirahat

Kenapa, karena pelajaran ini membutuhkan berfikir dengan istirahat yang cukup maka kita akan bisa belajar matematika dengan cukup baik. Sehingga memang istirahat bisa mempengaruhi cara belajar matematika. 

Karena memang matematika itu penting bagi kehidupan kita dan setiap hari kita pun selalu menggunakan matematika dalam kehidupan kita sehari hari. Ingin tahu apa saja yang kita lakukan dengan menggunakan matematika seperti menabung uang di tabungan atau celengan, membangun atau mengukur rumah atau bangunan, kemudian bermain  games atau permainan hitungan lainnya hingga kalian setiap hari melihat tanggalan atau jam di dinding. Jelas itu semua menggunakan mata pelajaran matematika. Sehingga akan sangat mudah  jika kalian paham matematika untuk melakukan semua hal diatas. 

Baca Juga  The Role of Technology in Enhancing Learning Experiences for Children

5 Hal Yang Bisa di Lakukan Agar Lebih Cepat Memahami Pelajaran Matematika 

Dari sekian banyak cara, jika misalnya saja kalian lakukan 5 hal berikut dalam pelajaran atau belajar matematika maka itu sudah menjadikan kalian  mudah dalam mempelajari matematika. Sehingga tidak ada salahnya kalian mencoba salah satu dari ke-5 cara yang tersaji di bawah ini dalam mempelajari matematika : 

1. Buatlah satu rumus matematika  untuk mempermudah kalian belajar

Dengan cara seperti  ini maka kalian akan lebih mudah menggunakan rumus karena sudah ingat di luar kepala. Ini penting untuk penyelesaian soal soal matematika pada saatnya di butuhkan. 

2. Coba kalian pahami konsep dasar dari pelajaran matematika

Dengan pemahaman ini maka kalian akan bisa lebih mudah dalam memahami dan mempelajari mata pelajaran matematika nantinya. 

3. Jangan lupa untuk selalu berusaha melatih diri dengan mengerjakan soal 

Karena dengan banyak mengerjakan soal soal matematika maka kalian akan terbiasa dengan banyak soal matematika.  Dan ini akan menjadi satu pembelajaran yang benar, banyak mengerjakan soal untuk belajar matematika.

4. Coba juga menggunakan  trik  atau strategi dalam mempelajari matematika

Trik atau strategi juga di butuhkan dalam belajar matematika sehingga kalian akan bisa lebih mudah dalam menerapkan rumus dan konsep penyelesaian soal matematika sesuai dengan apa yang di harapkan. 

5. Strategi belajar matematika yang benar juga bisa di lakukan dengan belajar bersama 

Dengan cara seperti ini maka kalian akan lebih mudah untuk bisa saling memberikan masukan atau saran ketika teman kalian mengalami kesulitan dalam mempelajari soal atau materi matematika. 

Dengan semua penjelasan diatas kita semua semakin yakin bahwa abstraknya matematika itu hanya dalam hitungan tetapi hasilnya tidak akan abstrak tetapi nyata seperti nyatanya kehidupan  ini yang akan berjalan dengan implementasi dari matematika.

Baca Juga  5 Tips Jitu Mengajarkan Dua Bahasa Bilingual pada Anak

 

Comments (0)

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Balas Chat
1
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?