| Pendaftaran Siswa
08222 333 1144 I 0812 1233 2163
Selamat Datang di Laskar UI!

8 Cara Belajar Efektif Bagi Anak

8 Cara Belajar Efektif Bagi Anak
September 4, 2020 laskarui
In Uncategorized

Sebagai orang tua sering kali kita menyamakan cara belajar anak-anaknya. Padahal, kenyataannya setiap anak memiliki cara belajar yang berbeda satu sama lainnya. Hal ini berarti tidak semua anak mengerti saat mereka mendengarkan penjelasan dari guru di sekolah. Untuk itu, sangat penting bagi Anda sebagai orang tua untuk mengetahui 8 cara belajar efektif bagi anak.

Terkadang beberapa anak dapat memahami apa yang guru sampaikan hanya dengan mendengarkan penjelasanya saja. Akan tetapi, beberapa anak lain mungkin perlu pembahasan lebih lama agar seorang anak tersebut dapat mengerti apa yang guru sampaikan.

Untuk itu, sangat penting mengetahui 8 cara belajar efektif bagi anak. Dengan begitu cara tersebut dapat menjadi acuan bagi Anda yang menginginkan anak belajar dengan lebih efektif. Dengan pembelajaran yang dilakukan secara efektif, maka penerimaan materi pun akan dapat diserap oleh setiap anak dengan efektif pula.

Di bawah ini 8 cara belajar efektif bagi anak yang bisa Anda simak!

Yuk, Ketahui 8 Cara Belajar Efektif Bagi Anak

Sangat penting bagi orang tua dalam memperhatikan bagaimana perkembangan anak mereka saat belajar. Jangan sampai, kegiatan belajar yang dilakukan selama ini sia-sia karena anak tidak memahami sama sekali apa yang disampaikan oleh guru mereka. Untuk itu, ketahui lebih lanjut 8 cara belajar efektif bagi anak di bawah ini:

1. Belajar dengan teratur dan berkala

Cara belajar efektif pertama dari 8 cara belajar efektif bagi anak yang bisa anak lakukan adalah dengan belajar secara teratur dan berkala. Belajar secara teratur disini dapat dilakukan dengan membiasakan anak untuk membaca buku setiap harinya. Dengan begitu, tidak ada lagi istilah membaca sekaligus menjelang adanya ujian.

Kemudian, jadikan belajar teratur tersebut menjadi sebuah kebiasaan baik bagi anak. Dengan begitu, anak akan lebih mudah belajar meski terkadang timbul rasa bosan dan malas.

2. Ajarkan anak untuk selalu membangun mood yang positif

Cara belajar yang satu ini bisa dibilang sangat sepele dan cenderung tidak dilakukan. Terlebih, bagi Anda orang tua yang selama ini kurang memperhatikan bagaimana cara belajar anak. 

Untuk itu, sebagai orang tua Anda bisa membantu anak menerapkan 8 cara belajar efektif bagi anak salah satunya dengan mengajarkan mereka untuk selalu membangun mood yang positif. Dengan adanya mood yang positif tersebut nantinya akan tercipta kondisi belajar yang baik. Dengan begitu, seorang anak akan lebih mudah belajar dengan efektif.

3. Cobalah menerapkan metode mind mapping

Cara lain yang bisa diterapkan agar seorang anak dapat belajar dengan lebih efektif adalah dengan memakai metode mind mapping. Seperti yang Kita ketahui, ada banyak hal yang perlu dipelajari oleh seorang anak semasa duduk dibangku sekolah. Untuk itu, perlu cara khusus agar pemahaman akan banyaknya pelajaran tersebut dapat diserap dengan baik.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan metode mind mapping. Metode yang satu ini sangat efektif untuk belajar anak. Pasalnya, sang anak akan lebih mudah memahami pelajaran yang ada dengan melakukan pemetaan. Baik itu dalam bentuk simbol, gambar, maupun tulisan.

4. Tak melulu buku, sesekali juga dapat belajar dengan gadget

Cara efektif lain dalam belajar yang bisa dilakukan adalah dengan belajar memakai gadget. Terlebih, dengan gadget anak akan lebih mudah dalam mencari referensi maupun bahan pelajaran lewat internet. 

Yang terpenting saat menggunakan gadget jangan sampai salah arah. Pastiklan sang anak tetap belajar sebagaimana mestinya sehingga hal-hal yang tidak diinginkan dapat diminimalisir dengan baik.

5. Bosan dengan teori, ganti dengan lebih banyak praktik

Beberapa anak mungkin terlihat telah memahami materi mereka dengan penjelasan teori. Akan tetapi, ada banyak anak lainnya juga yang mungkin sama sekali belum memahami pelajaran yang hanya dijelaskan lewat teori saja. Untuk itu, agar hal tersebut tidak terjadi pada anak Anda tidak ada salahnya untuk ganti dengan lebih banyak melakukan praktik.

Misalnya saja saat belajar mengenai sifat air. Yang dahulunya melakukan metode belajar secara teoritis saja, maka gantilah metode belajar tersebut dengan melakukan beberapa percobaan mengenai sifat air.

6. Belajar tak hanya diam, bisa juga bergerak dan menyanyi

Saat anak memiliki kelebihan dalam suatu bidang, seperti menyanyi ataupun menari maka tidak ada salahnya untuk memanfaatkan bakat tersebut dalam kegiatan belajar. Anda bisa menjadikan pembelajaran anak menjadi lebih efektif dengan menciptakan gerakan dan nyanyian sebagai salah satu pola pembelajaran yang menyenangkan.

Sebagai contohnya, saat anak belajar mengenai budaya yang ada di Indonesia. Anda sebagai orang tua bisa menambahkan pembelajaran dengan menciptakan lagu dan membuat gerakan mengenai budaya yang ada di Indonesia tersebut.

7. Ciptakan kegiatan belajar lebih menyenangkan dengan teman-teman

Saat anak belajar sendirian tentu akan lebih mudah merasa bosan dan malas. Terlebih jika anak Anda merupakan anak dengan tipe yang harus belajar bersama teman secara berkelompok. Tentu saja kegiatan belajar tersebut bisa Anda pilih yakni dengan menciptakan pembelajaran bersama teman-temannya.

Selain itu, belajar bersama teman-teman tentu akan menambah banyak hal positif lainnya yang bisa di dapat oleh sang anak itu sendiri. Seperti pentingnya bekerja sama, bersosialisasi, dan masih banyak lagi.

8. Belajar sambil bermain

Seorang anak terkadang memang jenuh jika diminta untuk terus belajar. Untuk itu, cara belajar efektif dari 8 cara belajar efektif bagi anak yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggantinya cara belajar lama dengan cara belajar yang baru. Salah satu cara belajar efektif tersebut adalah belajar sambil bermain.

Misalnya saja saat belajar matematika, kebanyakan anak akan merasa tidak bisa dan tidak mau belajar karena anak tersebut tidak menyukai metode pembelajarannya. Alhasil matematika pun tidak dikuasai sang anak. Untuk itu, Anda bisa mengganti cara belajar tersebut dengan cara belajar sambil bermain yang lebih menarik dan menyenangkan. 

Salah satunya belajar matematika dengan memanfaatkan mainan atau benda lain yang dijadikan sebagai alat peraga untuk menghitung.

Itulah beberapa cara yang bisa orang tua lakukan agar proses belajar anak menjadi lebih efektif. Dari 8 cara belajar efektif bagi anak di atas, mana yang sudah Anda lakukan selama ini? Jika salah satu diantara cara belajar tersebut belum dilakukan maka kini saatnya Anda menerapkannya.

Pasalnya, sangat penting bagi orang tua untuk mengetahui cara belajar mana yang cukup efektif bagi anak-anak mereka. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah membantu anak dalam proses belajarnya.

Dan yang paling penting, Anda tidak perlu menuntut anak untuk terlalu menghafal materi-materi pelajaran yang ada. Akan tetapi, tekankan kepada sang anak untuk benar-benar memahami teorinya dengan baik. Hal ini akan membuat anak menjadi lebih mudah belajarnya bahkan cenderung siap untuk menghadapi ujian.

Comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Balas Chat
1
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?