| Pendaftaran Siswa
08222 333 1144 I 0812 1233 2163
Selamat Datang di Laskar UI!

Cara Mudah Mengenal Macam Macam Sudut Pelajaran Matematika SMP

Cara Mudah Mengenal Macam Macam Sudut Pelajaran Matematika SMP
Juli 3, 2024 laskarui
In News
matematika ruang sudut

Mata pelajaran matematika adalah salah satu materi yang biasanya sulit dipahami oleh siswa sekolah. Terlebih jika saat ini kalian masih duduk di bangku SMP, satu hal yang perlu kalian pahami adalah bagaimana mengenal macam macam mata pelajaran matematika agar bisa lebih mudah materi yang ada di kelas SMP. 

Bicara soal mata pelajaran matematika, maka salah satu materi yang akan dipelajari adalah mengenai sudut dalam pelajaran matematika. Kenapa, karena sudut dalam pelajaran matematika itu bukan sekadar sudut tetapi memiliki beberapa penjelasan yang pada akhirnya perlu diberikan pemahaman yang benar agar kalian para siswa sekolah SMP lebih jelas memahami apa yang dimaksud dengan sudut mata pelajaran matematika.

Berbagai Macam Sudut dalam Pelajaran Matematika untuk SMP 

Minimal ada dua jenis sudut yang biasanya akan diberikan dalam pelajaran matematika untuk siswa kelas SMP. Di mana dari dua jenis sudut pelajaran matematika yang bisa dibahas adalah menyangkut : (a) Jenis sudut berdasarkan besar sudut materinya.  Di mana untuk  jenis dari materi ini terdiri dari 7 jenis sudut yaitu : sudut lancip, sudut siku-siku, sudut tumpul, sudut lurus, sudut refleks, sudut nol derajat, dan sudut penuh. Sedangkan jenis sudut yang kedua adalah yang merupakan (b) Jenis sudut yang berdasarkan letak dan posisinya . Untuk jenis sudut yang satu ini biasanya akan terdiri dari beberapa sudut : sudut bersebelahan, sudut vertical, sudut komplementer, dan sudut suplementer. 

Dengan beberapa hal yang telah dijelaskan diatas pada akhirnya jika kalian siswa kelas SMP seharusnya mulai memahami apa yang dimaksud dari beberapa penjelasan  tersebut. Setidaknya dari beberapa hal yang telah dijelaskan diatas menyangkut jenis dari beberapa sudut pelajaran matematika. 

Baca Juga  Hal Tersulit Ketika Belajar Bahasa Indonesia

Untuk menjelaskan beberapa hal yang terkait dengan jenis sudut,  baik berdasarkan besar sudutnya atau letak dan posisinya maka kita akan coba memberikan penjelasan dari beberapa hal berikut ini : 

1. Contoh jenis sudut yang berdasarkan besar sudutnya

Salah satu dari beberapa contoh sudut yang didasarkan pada besar sudutnya adalah seperti misalnya :  Jenis sudut berdasarkan besar sudutnya seperti sudut lancip misalnya, untuk jenis besarannya sendiri sudut lancip bisa dibilang lebih kecil bila dibandingkan dengan sudut siku-siku. Jika menggunakan lambang matematika dapat dilihat di bawah ini 0 derajat < x < 90 derajat (x adalah besaran sudut yang diukur). 

Sedangkan untuk jenis sudut yang berdasarkan besar sudut lainnya adalah sudut yang berupa sudut tumpul.  Untuk jenis sudut yang satu ini berdasarkan deskripsinya adalah sudut tumpul yang mempunyai besaran sudut lebih dari 90 derajat atau lebih tepatnya di atas dari 90 derajat dan di bawah dari 180 derajat. Berdasarkan ketentuan itulah, maka sudut  tumpul bisa dikatakan sebagai sudut yang besaran sudutnya di atas sudut siku-siku dan sudut lancip. Jika menggunakan lambang matematika dapat dilihat di bawah ini. 90 derajat < x < 180 derajat (x adalah besaran sudut yang diukur).

2. Contoh jenis sudut yang berdasarkan letak dan posisi sudutnya

Maka untuk menjelaskan berbagai  hal yang berhubungan dengan  jenis sudut yang didasarkan pada posisi sudutnya adalah seperti misalnya : (a) Penjelasan dari sudut bersebelahan adalah sudut yang dihasilkan dari tiga garis yang dihubungkan dengan satu titik vertex. Titik vertex adalah suatu titik yang mempertemukan tiga atau lebih garis pada suatu sudut. (b) Penjelasan dari sudut vertikal adalah menyangkut sudut yang dihasilkan dari dua sudut yang dipertemukan dengan saling bertolak belakang, sehingga membentuk sebuah potongan dua garis. Maka dari itu, sudut vertikal dapat disebut juga dengan sebutan sudut bertolak belakang. Dan contoh lainnya dari jenis sudut yang didasarkan pada letak dan posisinya adalah (c) Penjelasan dari sudut komplementer yang berupakan sebuah sudut yang dibentuk melalui pertemuan antara dua sudut yang besebelahan dengan besaran sudut tepat 90 derajat. (d) Penjelasan dari sudut yang didasarkan pada letak dan posisinya adalah sudut suplementer  yang merupakan sebuah sudut yang dibentuk melalui pertemuan antara dua sudut yang bersebelahan dengan besaran sudut keduanya tepat 180 derajat.

Baca Juga  Tempat Les Terdekat

Cara Teknik Melakukan Penggambaran dan Pengukuran dari Sebuah Konsep Sudut

Setelah kalian memahami beberapa contoh yang dijelaskan dari jenis sudut, dalam pelajaran matematika. Maka ada baiknya kalian juga coba memahami dua  hal yang berkaitan dengan  cara menggambar dan mengukur sudut dalam pelajaran matematika. Karena dengan kalian pahami kedua hal tersebut akan semakin memudahkan bagi kalian dalam menyelesaikan soal matematika  yang berhubungan dengan sudut dalam pelajaran matematika. 

1. Cara Mengukur Sudut yang benar sesuai dengan ketentuan yang kalian bisa lakukan : 

Untuk melakukan pengukuran  tersebut ada 5 langkah yang bisa kalian lakukan, dimana kelima Langkah tersebut harus dilakukan secara benar agar sudut yang diukur tepat : 

  1. Letakkan busur pada titik A
  2. Sesuaikan dengan baik hingga garis alas busur berada di posisi yang tepat (berhimpit) di salah satu sudut kaki sudutnya. Misalnya garis AB.
  3. Ukur sudutnya mulai dari 0 derajat yang terletak di garis AB hingga sampai pada sudut CA.
  4. Dari gambar di atas menunjukkan bahwa garis CA berada di angka 60 derajat (menggunakan skala dalam).
  5. Jadi, besaran sudut yang diukur sebesar 60 derajat, maka bisa dikatakan bahwa sudut di atas termasuk ke dalam sudut lancip.

2. Cara Menggambar Sudut yang benar sesuai dengan ketentuan yang kalian bisa lakukan : 

Caranya juga tidak terlalu sulit, karena hanya terdiri dari 6 langkah. Dimana ke enam Langkah tersebut bisa kalian lakukan seperti berikut : 

  1. Pertama-tama buat garis mendatar AB
  2. Kemudian letakkan pusat busur pada titik A atau pada angka 0 derajat.
  3. Tentukan sudut apa yang akan digambar.
  4. Tentukan besaran sudut sesuai dengan sudut yang ingin digambar.
  5. Setelah menentukan sudut, kemudian beri tanda pada titik C.
  6. Jika sudah, maka akan terbentuk sebuah sudut yang diinginkan. Seperti contoh sudut yang ada di atas.
Baca Juga  Strategi Cara Belajar Agar Anak Mudah Menangkap Pelajaran

Comments (0)

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Balas Chat
1
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?