| Pendaftaran Siswa
08222 333 1144 I 0812 1233 2163
Selamat Datang di Laskar UI!

Pengertian Sebuah Hikayat dalam Bahasa Indonesia dan Ciri Ciri Kalimatnya

Pengertian Sebuah Hikayat dalam Bahasa Indonesia dan Ciri Ciri Kalimatnya
April 29, 2024 laskarui
In News
hikayat

Terkait dengan apa yang di sebut dengan istilah hikayat, memang itu adalah salah satu bagian dari sastra Indonesia.  Jika kalian masih bingung maka alangkah lebih baiknya jika bicara atau membahasa  dulu apa itu sastra dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Karena yang namanya sastra memang erat kaitannya dengan yang namanya model beberapa hal yang berhubungan dengan kesusastraan dalam Bahasa Indonesia. 

Sedangkan  untuk sekedar menjelaskan apa itu Hikayat dalam pelajaran Bahasa Indonesia kita bisa menjelaskan dari beberapa hal berikut ini seperti misalnya penjelasan soal Hikayat. Bahwa ini adalah sebuah penggambaran atau penulisan dengan menokohkan seseorang atau sesuatu yang menjadi subjek yang perlu di berikan penekanan sehingga jelas siapa sosok tersebut.  Misalnya dalam sebuah cerita hikayat ada sosok bernama Arjuna, Pandawalima, dan lainnya. 

Berbagai hal Yang berhubungan dengan  Apa itu Hikayat dalam Bahasa Indonesia

Dalam penjelasan hikayat di dalam pelajaran Bahasa Indonesia maka kita bisa jelaskan beberapa hal yang terkait atau contoh dari apa yang di sebut dengan hikayat. Karena beberapa model cerita bisa masuk dalam katagori yang termasuk dalam Hikayat seperti : Cerita  Rakyat baik di Indonesia atau di luar negeri, termasuk di dalamnya misalnya Epos dari India,  kemudia ada lagi cerita dari tanah Jawa yang masih terkait dengan  kerajaan Hindu pada masanya yaitu tentang Kerajaan Mahabarata, serta cerita yang mengandung unsur Islami pada masa dahulu termasuk di dalamnya membahas soal biografi dari para tokohnya itulah yang bisa di sebut dengan istilah Hikayat dalam Bahasa Indonesia. 

Jika yang di maksud dengan hikayat itu berhubungan dengan kesusastraan, maka bisa di jelaskan bahwa yang namanya Hikayat  itu adalah karya sastra lama yang masuk dalam budaya melayu yang bentuknya adalah seperti prosa ( karangan bebas ).  Dimana beberapa hal yang termasuk di dalamnya adalah seperti Cerita, Undang Undang, Silsilah yang bersifat rekaan, keagamaan, historical atau sejarah,  hingga yang termasuk di dalamnya menyangkut soal Biografi, atau gabungan dari beberapa ketentuan yang ada di atas. 

Baca Juga  Cara Tepat Memilihkan BImbel Untuk Siswa di Jakarta

Pada dasarnya sesuai dengan  ketentuan yang di dalam Bahasa  Indonesia, maka struktur atau komponen yang ada dalam sebuah hikayat terdiri dari 6 struktur.  Dimana ke-6 struktur yang di maksud adalah seperti misalnya : Abstraksi,  Orientasi, Komplikasi, Evaluasi, Resolusi dan Koda. Jika kalian para siswa sudah paham akan kondisi tersebut maka kalian sudah bisa membedakan mana yang hikayat dan mana yang bukan. 

Yang utama dari mempelajari sebuah Bahasa Indonesia seperti masalah kesusastraan maka yang utama adalah kalian bisa membedakan antara beberapa istilah atau perbedaan dari  yang di sebut dengan istilah Hikayat, Pantun  dan sejenisnya. Karena keragaman Bahasa Indonesia memang jika kita kurang paham akan maksudny akan menjadi salah tafsir terkait kata kata tau kalimat yang di sajikan dalam sebuah Bahasa Indonesia.  Sehingga memang penting mengenal dan mengetahui ciri ciri yang di maksud dalam Bahasa Indonesia. 

Untuk lebih menjelaskan perbedaan dari hikayat dengan lainnya yang termasuk dalam istilah dalam kesusatraan Indonesia. Maka kita bisa menjelaskan ciri ciri apa yang di sebut dengan hikayat agar kalian lebih memahami arti dan maknanya.  Karena setiap istilah atau kata kata yang termasuk dalam Bahasa Indonesia dalam sebuah penjelasan  di sastra Indonesia sudah pasti memiliki ciri dan karakter Bahasa  yangm berbeda beda. 

Ciri Ciri dan Karakter dari Bentuk Hikayat Indonesia dalam Bahasa Indonesia

Untuk menjelaskan beberapa hal  yang berhubungan dengan Hikayat maka ada beberapa  hal yang bisa di jelaskan sebagai ciri ciri dari hikayat.  Dimana dengan beberapa ciri dan penjelasan berikut kita  bisa menjadi paham apa arti dari sebuah istilah dalam Bahasa Indonesia yang bernama  Hikayat : 

1. Biasanya sebuah hikayat itu akan menggunakan Bahasa melayu

Baca Juga  Tips Sebelum Memilih Sekolah Terbaik untuk Anak Anak

Perbedaan  yang paling mencolok dan mudah di bedakan dalam melihat sebuah hikayat atau yang lainnya adalah penggunaan Bahasa melayu. Biasanya hikayat akan menggunakan Bahasa melayu, sedangkan pantan, prosa atau lainnya tidak menggunakan Bahasa melayu. Sehingga dengan ketentuan  tersebut kita menjadi paham seperti apa sebenarnya sebuah hikayat dalam Bahasa Indonesia. 

2. Biasanya sebuah hikayat itu akan mengandung yang namanya Istanasentris

Artinya adalah bahwa sebuah hikayat dalam memberikan penjelasan atau contoh contohnya berhubungan dengan kondisi yang ada di Istana. Sehingga biasanya bahasannya berhubungan dengan lingkungan istana, atau bisa juga kerajaan. Jadi cukup jelas perbedaan hikayat dengan lainnya bahwa hikayat pasti berhubungan dengan lingkungan kerajaan . 

3. Biasanya sebuah cerita hikayat bersifat pralogis, artinya tidak di terima akal sehat

Biasaya sebuah hikayat itu bahasannya berhubungan dengan apa yang di sebut dengan istilah pralogis. Karena materi yang di ceritakan biasanya tidak masuk dalam akal pikiran kita sebagai manusia normal.

4. Biasanya hikayat itu bahasanya bersifat kaku dan statis. 

Bahasa yang di pakai dalam sebuah hikayat biasanya bersifat statis dan kaku, sehingga kita bisa menjadi jelas seperti apa sebenarnya hikayat itu dalam sebuah penjelasan secara Bahasa Indonesia. 

Berdasarkan beberapa hal yang telah dijelaskan diatas kalian para siswa menjadi lebih tahu bagaimana membedakan antara hikayat dengan istilah lain dalam Bahasa Indonesia seperti misalnya pantun, prosa dan lainnya.  Dengan demikian, bagi kalian yang ingin mudah membedakan antara hikayat dan lainnya cukup dengan melihat perbedaan dalam penggunaan Bahasa dalam penulisan materi yang ada di hikayat atau lainnya. 

Kekayaan Bahasa Indonesia salam satunya memang berasal dari percampuran dengan Bahasa daerah yang tersebar di seluruh Indonesia.  Sehingga memang ada butuh banyak hal yang bisa di lakukan  untuk mengecek atau melihat pergerakan atau perkembangan yang terjadi dalam Bahasa Indonesia karena bisa jadi  kata atau kalian yang di pakai bukan berasal dari Bahasa Indonesia asli tetapi berasal dari percampuran yang  terjadi dengan Bahasa yang ada di daerah yang tersebar di seluruh Indonesia.

Baca Juga  Tips Pentingnya Mengajari Anak dalam Mengelola Keuangan

Comments (0)

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Balas Chat
1
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?