| Pendaftaran Siswa
08222 333 1144 I 0812 1233 2163
Selamat Datang di Laskar UI!

Kisah Nabi Muhammad SAW dan Beberapa Mukjizatnya dalam Islam

Kisah Nabi Muhammad SAW dan Beberapa Mukjizatnya dalam Islam
Maret 8, 2024 laskarui
In News

Dalam Islam kita tentunya sudah tahu nama – nama Nabi yang di turunkan ke dunia oleh Allah swt untuk menjalankan perintah yang di berikan oleh Allah swt untuk memperbaiki kondisi atau akhlak dari manusia yang ada di dunia.  Kesemua peran nabi-nabi yang di turunkan ke dunia oleh Allah swt sudah pasti Umat Islam harus tahu, karena itu adalah pelajaran yang mesti di pahami dengan benar. 

Itulah kenapa, dalam pelajaran Agama Islam di sekolah dari tingkat SD, SMP, hingga SMA dan bangku kuliah yang namanya pelajaran Agama Islam selalu di hadirkan. Kesemuanya untuk membuat agar siswa semakin tahu dan memahami seperti apa sejatinya pelajaran agama islam dan cara mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. 

Setidaknya dengan kalian memahami dengan benar pelajaran yang di berikan oleh para nabi akan membuat keyakinan kalian terhadap Agama Islam semakin mantap. Nah salah satu nabi yang paling banyak mendapatkan Mukjizat atau Keutamaan adalah Nabinya Umat Islam yaitu Nabi Muhammad SAW. Jika kalian belum tahu apa saja, maka tidak ada salahnya jika kalian pahami beberapa mukjizat yang di dapatkan  oleh Nabi Muhammad SAW dari Allah SWT. 

10 Keutamaan / Mukjizat yang diTerima Nabi Muhammad SAW dari Allah SWT. 

Dari berbagai bahan dan sumber  yang bisa kita yakini, maka kalian yang saat ini sedang menempuh pembelajaran di sekolah harus tahu bahwa minimal ada 10 mukjizat yang diterima oleh Nabi Muhammad SAW  selama beliau menerima perintah dari Allah SWT untuk memperbaiki akhlak dan budi pekerti manusia di dunia.  Intinya dari semua mukjizat yang di dapatkan oleh nabi Muhammad SAW adalah bukti bahwa memang Allah SWT selalu akan melindungi dan menjaga Nabi dari orang orang jahat yang akan mencelakakan dirinya dalam mengemban perintah dari Allah SWT. 

1. Mukjizat Utama dari Nabi Muhammad SAW adalah : Kitab Suci Al-Quran

Inilah mukjizat paling besar dan paling utama yang diterima oleh Nabi Muhammad SAW dibanding dengan mukjizat nabi lainnya. Kenapa, karena Mukjizat ini tidak hanya diperuntukan untuk Umat semasa Nabi Muhammad SAW saja, tetapi berlaku hingga akhir zaman.  Inilah mukjizat sepanjang masa yang didapat Nabi Muhammad SAW. 

Baca Juga  8 Larangan Dalam Mendidik Anak

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

يٰۤـاَيُّهَا النَّا سُ قَدْ جَآءَكُمْ بُرْهَا نٌ مِّنْ رَّبِّكُمْ وَاَ نْزَلْنَاۤ اِلَيْكُمْ نُوْرًا مُّبِيْنًا
Artinya: “Wahai manusia! Sesungguhnya telah sampai kepadamu bukti kebenaran dari Tuhanmu, (Muhammad dengan mukjizatnya) dan telah Kami turunkan kepadamu cahaya yang terang benderang (Al-Qur’an).” (QS. An-Nisa’ 4: Ayat 174)

2. Mukjizat Nabi Muhammad SAW  : Air Mengalir dari Sela Sela Jemari 

Mukjizat Nabi Muhammad SAW selanjutnya adalah bahwa jari jemari nabi dapat mengeluarkan air yang pada waktu itu pada akhirnya bisa dipergunakan oleh para sahabat nabi untuk melakukan wudhu bersama-sama.  Dengan air itu, para sahabat berwudhu. Jumlah mereka waktu itu adalah 300 orang.” (HR. Al-Bukhari, no. 3572)

3. Mukjizat Nabi Muhammad SAW : Makanan sedikit mampu mencukupi  banyak orang

Pada waktu itu ada sahabat Nabi yang mengetahui bahwa Nabi Muhammad SAW terlihat sedang kelaparan. Ada keinginan untuk mengundang Nabi untuk mampir ke rumahnya. Tetapi tanpa disadari makanannya tinggal sedikit, tetapi sahabat tetap mengundang nabi. Pada akhirnya Nabi berdoa agar dicukupkan makanan yang ada di rumah sahabatnya tersebut. Pada akhirnya Nabi dan para sahabat datang ke rumah tersebut, Yang pertama makan adalah 10 sahabat. Lalu, 10 sahabat berikutnya, kemudian 10 sahabat berikutnya, 

dan seterunya. Akhirnya semua sahabat yang datang itu makan sampai kenyang, sedangkan jumlah mereka waktu itu 70 atau 80 orang. Setelah itu, barulah Rasulullah SAW dan keluarga Tholhah makan hingga kenyang pula. (Sumber: H.R. Al-Bukhari, no. 3385; Muslim, no. 2040)

4. Mukjizad Nabi Muhammad SAW : Segelas  Susu Bisa membuat Kenyang Banyak Orang

Kisahnya hampir sama dengan point ke-3 tetapi ini adalah soal segelas Susu yang cukup untuk banyak orang. Pada waktu itu Nabi Muhammad SAW memberikan susu kepada Abu Hurairah agar di berikan kepada orang-orang yang ada di sana. Kemudian Nabi Muhammad SAW memanggilnya dan memberikan segelas susu tersebut,  tetapi karena Mukjizat Allah SWT maka segelas susu itu bisa membuat kenyang banyak orang ” Kemudian Rasulullah SAW bersabda, “Berikan kepadaku gelas itu.” Beliau memuji Allah dan bersyukur lalu membaca, “Bismillah,” dan meminum sisa susu itu. (Sumber: H.r. Al-Bukhari, no. 6087)

Baca Juga  10 Cara mudah menghafal rumus matematika

5. Mukjizat Nabi Muhammad SAW : Doa Nabi Meminta Hujan Langsung diKabulkan 

Mukjizad lain yang di dapatkan Nabi dari Allah swt adalah  doa meminta hujan yang langsung di turunkan  oleh Allah swt. Baik hujan itu langsung ataupun mengalihkan hujan yang turun ke dunia. Seperti cerita berikut ini, pada waktu itu bahwa ada seorang meminta doa agar di turunkan hujan karena kekeringan. Namun karena hujannya lebat maka ada mengeluh maka Nabi memohon agar hujannya dialihkan ke lain tempat : Maka Rasulullah SAW berdoa agar hujan dialihkan ke sekeliling kota Madinah, jangan menimpa kota Madinah. Maka awan-awan yang bergerak di atas kota Madinah pun segera bergerak, tidak lagi berada di atas kota Madinah tetapi berada di pinggir kota Madinah. (Sumber: HR. Al-Bukahari, no. 3582)

5. Mukjizat Nabi Muhammad SAW : Pemberitahuan Hal Hal Gaib  Terbukti

Mukjizat lain yang diberikan Allah swt kepada Nabi Muhammad saw adalah terkait hal-hal  gaib yang akhirnya terbukti. Seperti misalnya Zaid bin Haritsah, komandan pasukan yang ditunjuk Rasulullah SAW untuk memimpin pasukan muslimin terbunuh, dan akhirnya komandan pasukan digantikan oleh Ja’far bin Abi Thalib. Lalu, Ja’far bin Abi Thalib juga terbunuh. Namun, sebelum kematian dua komandan itu sampai ke Madinah, Rasulullah SAW telah memberitakan kematian Zaid bin haritsah dan Ja’far bin Abi Thalib kepada para sahabatnya. Inilah salah satu mukjizat Rasulullah SAW, Allah beri wahyu kepada beliau tentang berita gaib. (Sumber: H.r. Al-Bukhari, no. 3630)

6. Mukjizat Nabi Muhammad SAW : Terbelahnya Bulan Menjadi Dua

Salah satu mukjizat lain dari Nabi Muhammad SAW adalah ketika bisa melakukan pembelahan Bulan berkat pertolongan dari Allah swt. Waktu dalam satu kondisi kaum kafir ingin meminta soal kenabian Nabi. Maka  Rasulullah SAW berdiri, kemudian mengarahkan tangannya ke bulan.Bulan pun terbelah dua, satu bagian di atas gunung dan satunya di gunung yang lain. Diriwayatkan juga dari Abdullah bin Mas’ud radhiallahu ‘anhu, ia berkata,

Baca Juga  Unsur Unsur Intrinsik dalam sebuah Karya Cerpen Buku Fiksi

انْشَقَّ الْقَمَرُ عَلَى عَهْدِ رَسُولِ اللهِ صلى الله عليه وسلم شِقَّتَيْنِ، فَقَالَ النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم: “اشْهَدُوا
Artinya: “Bulan terbelah menjadi dua bagian di masa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Saksikanlah!'” (HR. al-Bukhari dalam Kitab al-Manaqib 3437 dan Muslim dalam Kitab Sifat al-Qiyamah wa al-Jannah wa an-Nar 2800).

7. Mukjizad Nabi Muhammad SAW : Nabi mengobati Sakit Mata dengan Seketika

Pada saat itu kondisinya adalah Nabi meminta Ali Bin Abi Thalib sebagai penentu dalam peperangan merebut Benteng Khaibar, tetapi pada saat itu mata Ali sedang sakit, maka Nabi memanggil Ali dan dan seketika Rasulullah SAW kemudian memanggil Ali dan meludahi mata Ali yang sakit. Seketika, mata Ali yang sakit itu menjadi sembuh seolah-olah tak pernah sakit mata. (Sumber: Ar-Rahiqul Makhtum, hlm. 376-378)

8. Mukjizat Nabi Muhammad SAW : Orang akan berusaha selalu Membela Ajaran Allah SWT

Mukjizat tersebut sering terjadi manakala Nabi sedang berjuang untuk menegakan agama Allah SWT  tetapi sering mendapatkan gangguan dari kaum kafir.  Tetapi pada saat itu juga Nabi sering mendapatkan pertolongan, itu semua berkat pertolongan dari Allah SWT.Seperti yang disebutkan dalam hadits Al-Bukhari bahwa akan selalu ada sekelompok umatnya yang selalu menampakkan kebenaran Islam dan membelanya. (Sumber: H.r. Al-Bukhari, no. 3640-3641)

9. Mukjizat Nabi Muhammad SAW : Air Yang Jumlahnya Sedikit menjadi Banyak 

Mukjizad lain yang bisa di lakukan Nabi berkat pertolongan dari Allah swt adalah membuat air yang jumlahnya sedikit menjadi banyak.Rasulullah SAW dan para sahabatnya kehabisan bekal air sedangkan waktu itu air berjarak jauh dari mereka. Kemudian mereka bertemu seorang wanita yang membawa sedikit air, lalu Rasulullah SAW kemudian mengusap kantung air milik wanita tersebut dan menyuruh para sahabat yang kehausan itu minum. Jumlah mereka pada saat itu ada 40 orang. Setelah puas minum, mereka mengisi kantung air masing-masing sampai penuh juga. (H.r. Al-Bukhari, no. 3571)

Comments (0)

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Balas Chat
1
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?