| Pendaftaran Siswa
08222 333 1144 I 0812 1233 2163
Selamat Datang di Laskar UI!

2 Perbedaan Penulisan Angka dalam Bahasa Inggris

2 Perbedaan Penulisan Angka dalam Bahasa Inggris
Maret 8, 2024 laskarui
In News

Jika saat ini kalian adalah masih duduk di bangku sekolah, tidak ada salahnya memang jika kalian pahami dengan benar cara penulisan yang benar angka dalam Bahasa Inggris. Kenapa, karena ada dua model penulisan angka dalam Bahasa inggris, jika kalian salah dalam penulisannya maka akan berbeda maknanya.  Kenapa, karena dalam Bahasa Inggris ada hal-hal yang menjadi pakem dalam penulisan angka. 

Memang tidak terlalu sulit dalam memahaminya, tetapi jika kalian salah dalam penggunaan tulisannya jelas akan memberikan makna yang berbeda diantara keduanya.  Sehingga dengan kondisi itulah ada  baiknya kalian pahami cara penulisan angka yang benar dalam Bahasa Inggris.

2 Model Penulisan Angka  Yang Sering diPakai dalam Bahasa Inggris

Perbedaan yang sering digunakan dalam penulisan angka dalam Bahasa Inggris memang tidak banyak hanya terdiri dari dua model yang biasanya disebut dengan istilah  Angka Cardinal dan Angka Ordinal Numbers. Keduanya memang cukup berbeda dalam penulisan dan penggunaan dalam sebuah Bahasa Inggris.  Sehingga memang kalian harus paham dalam penggunaan kedua model penulisan angka tersebut. 

1. Penulisan Angka dengan Model Cardinal.

Secara umum bisa dijelaskan dengan mudah bahwa yang namanya penulisan angka dalam Bahasa inggris dengan menggunakan model Cardinal biasanya dipakai untuk penulisan angka pada : Penyebutan jumlah dan dalam penggunaan Bahasa inggris biasanya dipakai untuk menjawab pertanyaan yang umumnya How Many..? Jika pertanyaanya seperti itu maka jawabannya sudah pasti menggunakan penulisan angka model Cardinal. Karena jawabannya adalah : 1,2,3 dan seterusnya.

2. Penulisan Angka dengan Model Ordinal Numbers

Berbeda dengan penulisan angka dalam Bahasa inggris dengan model penulisan angka ordinal numbers. Perbedaannya terletak pada beberapa hal yang menyangkut dari kalimat yang dibuat dalam Bahasa Inggris.  Sehingga bisa dikatakan untuk penulisan angka dalam Bahasa inggris dengan model Ordinal Numbers terdiri dari 4 model : 

Baca Juga  Biaya Homeschooling

1. Angka yang menyatakan Tingkat atau Level

Jika pertanyaan dalam Bahasa inggri kalian mendapatkan pertanyaan seperti Saat ini kamu berada tingkat atau kelas berapa di SMA.  Maka jawabannya sudah pasti kalian akan menggunakan model ordinal numbers. 

 Jawab : 2nd year of senior high school in Jakarta.

2. Angka yang menyatakan sebuah Tanggal dalam Kalender

Jika ada pertanyaan seperti misalnya sekarang ini tanggal berapa. Maka kalian akan menjawab dengan menggunakan angka Ordinal Numbers

Jawab : August 17th 2023 or June 3rd 2023. 

3. Angka yang menyatakan sebuah Urutan atau Tingkatan

Jika pertanyaan adalah menyangkut sebuah tingkatan atau urutan maka sudah pasti kalian akan menggunakan model angka Ordinal Numbers untuk menjawabnya. 

Seperti misalnya pertanyaanya adalah saat ini jika ditanya soal hobi coba sebutkan urutan yang ingin kalian lakukan . Maka dari pertanyaan tersebut jawabannya menggunakan angka ordinal numbers.

Jawab : First, turn  on the stove : Second, put  your pot on the stove : Third, turn off the stove dan seterusnya. 

4. Angka yang menyatakan sebuah Angka Pecahan

Maka sudah pasti penjelasannya dengan menggunakan angka dalam model ordinal numbers.  Agar mudah memahaminya maka pertanyaanya adalah seperti berikut ini misalnya  coba sebutkan dalam tulisan ini adalah berapa 33 atau 41 . Maka sudah pasti jawabannya adalah seperti : 

Jawab : -st,-nd-rd,-th  itulah yang biasanya digunakan jadi jawabannya adalah sudah pasti memakai kata-kata akhiran tersebut 334rd atau 41st

Beberapa Contoh Penulisan Angka dari Model Penulisan Angka dalam Bahasa Inggris. 

Setelah kalian memahami apa yang telah dijelaskan diatas, mungkin kalian ingin lebih kenal lebih jauh.  Dimana dengan adanya  contoh contoh penulisan angka tersebut akan semakin memudahkan kalian dalam menuliskan angka dalam Bahasa inggris. Noah jika kalian memang membutuhkan contoh contoh penulisan angka tersebut. Maka berikut ini akan kami berikan beberapa contoh penulisan angka dengan mempergunakan dua model penulisan angka dalam Bahasa inggris. Harapannya adalah dengan adanya beberapa contoh berikut akan lebih memperjelas penulisan angkanya. 

Baca Juga  Perspektif Kewajiban Anak di Rumah versi Anak Masa Kini

1. Penulisan Angka Cardinal Numbers ( Bilangan Biasa ) dalam Bahasa Inggris.

Perhatikan dalam penulisan angkanya dan ketika dituliskan dalam sebuah kalimat Bahasa inggris, maka akan menjadi seperti di bawah ini : 

1 : one – 11 : eleven – 21 : Twenty-one

2 : two – 12 : twelve – 22 : Twenty-two

10 : ten – 20 : twenty – 1.000.000 : one million

Ketika diTulis dalam sebuah kalimat menjadi  : 

  • My mom bought me 2 (two) new clothes. – Ibuku membelikanku 2 (dua) baju baru.
  • I’ve been travelling to more than 5 (five) countries in a year. – Saya telah pergi ke lebih dari 5 negara dalam satu tahun.
  • We organized 10 (ten) events in this whole year. – Kami mengatur 10 acara sepanjang tahun ini.

2. Penulisan Angka Ordinal Numbers ( Bilangan Bertingkat) 

Berbeda dengan penulisan diatas, karena ini adalah bilangan bertingkat sehingga penulisannya pun berbeda. Sehingga jika dimasukan dalam kalimat menjadi : 

3rd : third – 13th : thirteenth – 23rd : twenty-third

6th : sixth – 16th : sixteenth – 26th : twenty-sixth

9th : ninth – 19th : nineteenth – 1,000th : one thousandth

Ketika ditulis dalam sebuah kalimat menjadi : 

  • My mother birthday is on the ninth of July. – Ulang tahun ibuku ada di 9 Juli.
  • I’m going through a C-Section to give birth to my third child. – Saya melalui C-Section untuk melahirkan anak ketiga saya.

Comments (0)

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Balas Chat
1
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?