| Pendaftaran Siswa
08222 333 1144 I 0812 1233 2163
Selamat Datang di Laskar UI!

Cara Menggunakan Media Sosial dengan Cara yang Bijaksana

Cara Menggunakan Media Sosial dengan Cara yang Bijaksana
Desember 6, 2023 laskarui
In News
Cara Menggunakan Media Sosial dengan Cara yang Bijaksana

Dengan melihat fungsinya tersebut tidak salah memang jika pada akhirnya saat ini media sosial menjadi teman kedua yang bisa dimiliki orang para siswa sekolah. Maksudnya teman kedua adalah bahwa media sosial bisa menjadi teman di dunia maya yang kadang bisa memberikan dampak positif juga bagi kita para orang tua atau anak anak yang masih duduk di bangku sekolah. 

Namun seperti apapun fungsinya yang namanya media sosial memang tidak bisa dibuat main main dalam penggunaanya, perlu ada satu hal atau beberapa hal yang mesti diperhatikan dalam penggunaan media sosial. Ibarat kata sebuah media sosial harus digunakan dengan cara  yang benar akan bisa menjadi satu media pembelajaran yang baik bagi kita para orang tua dan siswa yang saat ini masih duduk di bangku sekolah. 

6 Tips Praktis Menggunakan Media Sosial Yang Baik dan Benar

Ada beberapa tips atau cara dalam menggunakan media sosial yang baik dan benar untuk kalian para siswa  yang saat  ini masih duduk di bangku sekolah.  Ibarat kata bagi kalian yang masih ada di bangku sekolah sebaiknya perhatikan beberapa kondisi tersebut dalam menggunakan media sosial seperti yang seharusnya kalian lakukan : 

1. Cara berkomunikasi dalam media sosial harus dengan menjunjung tinggi etika dalam berkomunikasi. 

Karena ini adalah media sosial, sehingga cara terbaik dalam penggunaanya harus benar benar tepat. Jangan sampai karena satu dan lain hal penggunaan media sosial menjadi salah termasuk dalam penggunaan kata katanya. 

2. Cara berkomunikasi  yang baik adalah dengan selektif dalam menyebarkan informasi di media sosial, karena itu ada baiknya memang bagi kalian para siswa yang menggunakan media sosial hati hati dalam menyebarkan informasi karena salah salah justru hal itu akan membuat kalian salah dalam melakukan pertemanan di media sosial. 

Baca Juga  Cara Tepat Melatih Kemandirian Anak

3. Jangan pernah kalian menyebarkan informasi yang bersifat pribadi atau rahasia di media sosial. Karena itu adalah media yang bersifat sosial bukan personal salah salah jika kalian melakukan hal seperti itu hanya akan membuat kalian menjadi rugi karena media tersebut justru akan merugikan diri kalian nantinya. 

4. Bijaksana dalam melakukan pertemanan di media sosial juga adalah tindakan yang bijaksana. Karena memang penggunaan media sosial harus dilakukan secara bijaksana, jika kalian paham dengan kondisi tersebut maka yang terjadi adalah media sosial kalian akan bisa memberikan hal yang positif. 

5. Satu hal penting bagi kalian yang menggunakan media sosial, perhatikan dengan seksama soal hak cipta. Karena hak cipta adalah salah satu hal penting yang memang menjadi perhatian kalian dalam menggunakan media sosial secara benar. 

6. Jika pun diminta berusaha untuk hati hati dalam menyebarkan hal hal atau data yang bersifat pribadi karena itu bukan tempatnya. Media sosial adalah media bersosialisasi, jadi bukan tempatnya untuk kalian menyebarkan informasi yang bersifat data pribadi kalian seperti apapun bentuknya. 

Dengan kalian memahami beberapa hal yang penting dalam menggunakan media sosial maka akan tercipta satu mekanisme yang benar tentang arti kata media sosial. Karena ini adalah media hiburan jadi alangkah baiknya jika kalian bisa menempatkan media sosial sebagai media hiburan semata. 

Sebuah media sosial tidak akan bisa ubah menjadi media lainnya, dia akan tetap sebagai media sosial sehingga yang perlu kalian pahami adalah bahwa media itu selamanya akan tetap menjadi media untuk bersosialisasi. 

Jadi ada baiknya memang beberapa hal yang menjadi pertimbangan kalian dalam menggunakan media sosial adalah dengan mencermati beberapa hal yang mungkin tepat disampaikan melalui media sosial.  Sehingga dapat dijadikan satu media yang benar  untuk melakukan pertemanan di dunia maya. Jangan sampai kalian samakan media sosial dengan dunia nyata karena jelas dua hal yang berbeda. 

Baca Juga  Know About the Curriculum for the Homeschooling Program

5 Tips Penting dalam Penggunaan Media Sosial yang Benar

Bagi kalian yang saat ini memiliki media sosial,  cobalah beberapa hal berikut kalian jadikan acuan dalam  menggunakan media sosial secara benar.  Jangan sampai karena satu dan lain hal media sosial yang kalian gunakan justru malah menjadi media yang justru membuat kalian bersikap malas untuk berteman di dunia nyata. Karena bagaimanapun media sosial tetap hanya media tidak bisa di ubah jadi media nyata. 

  1. Cobalah untuk berhati hati dalam membuat sebuah postingan di media sosial. Karena salah salah justru postingan itu yang akan membuat kalian malah menjadi rugi dengan memiliki media sosial. Karena postingan sejatinya hanyalah cara kita untuk berkomunikasi dengan teman di dunia maya. 
  2. Cobalah untuk berhati hati dalam melakukan pertemanan, karena salah salah justru teman yang anda pilih tidak memberikan dampak positif tetapi sebaliknya. Karena itu ada baiknya lebih selektif dalam berteman. 
  3. Cobalah untuk memikirkan dahulu sebelum menshare sesuatu yang berhubungan dengan photo atau gambar, karena itu adalah sesuatu yang bisa berhubungan dengan hak cipta. Jadi jangan salah dalam mengambil gambar dan mensharenya kembali jika di kuatirkan itu akan jadi salah. 
  4. Hati hati dalam membuat sebuah jaringan pertemanan, karena jika salah kalian akan menanggung ruginya, Tetapi jika jaringan pertemanan  yang di bangun adalah positif maka itu akan bisa menjadi lebih baik nantinya. 
  5. Jangan sesekali menyebar sesuatu yang tidak baik atau salah, karena jika hal itu kalian lakukan maka kalian sudah menyebarkan sesuatu yang salah dan bisa membawa dampak negatif  bagi kehidupan kalian nantinya. Jadi pastikan semuanya aman dan benar dalam berhubungan dengan teman atau menyebar sesuatu di media sosial. 
Baca Juga  8 Cara Bagaimana Memupuk Disiplin Pada Anak

Comments (0)

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Balas Chat
1
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?