| Pendaftaran Siswa
08222 333 1144 I 0812 1233 2163
Selamat Datang di Laskar UI!

Seberapa Besar Pengaruh Pandemi Covid bagi Pendidikan Anak Anak

Seberapa Besar Pengaruh Pandemi Covid bagi Pendidikan Anak Anak
Maret 8, 2022 laskarui
In News

Bicara soal dampak dari pandemi covid bagi  pendidikan  yang ada di  Indonesia. Memang kondisi itu bisa kita bagi menjadi dua bagian, yaitu dampak positif dan juga dampak negatif.  Lantas yang jadi pertanyaan, apakah mungkin dampaknya bisa menjadi positif jika kita  tahu bahwa pandemi itu sendiri sudah merugikan banyak pihak.

Untuk menjelaskan pendapat tersebut, kita akan coba melihat masalah tersebut dari dua pendekatan yang berbeda. Sekalipun memang kedua pendekatan tersebut memiliki tujuan sama yaitu bagaimana pandemi covid menjadi salah satu dasar dari adanya perubahan yang ada di masyarakat.  Terkait didalamnya adalah  perubahan yang menyangkut dalam hal yang berhubungan dengan pendidikan.

Dampak Positif Pandemi Covid  Bagi Pendidikan Anak Anak di Sekolah

Suatu masalah memang tidak selamanya harus berhubungan dengan dampak negatif.  Atau sebaliknya, satu masalah hanya dilihat dari sisi positifnya saja. Karena apapun kondisinya semua masalah itu akan membawa dampak  positif dan negatif, seperti misalnya untuk dampak positif dari adanya pandemi covid :

  1. Dengan adanya pandemi covid kita sebagai orang tua pada akhirnya menjadi tahu bahwa sang  buah hati kita bisa juga belajar dengan menggunakan model daring.  Padahal sebelumnya kita tidak yakin bahwa dengan karakter  buah hati kita yang sulit menerima pelajaran jika tidak langsung berhadapan langsung dengan  sang guru. Tetapi karena saat ini kondisinya   harus belajar secara daring, maka buah hati kita bisa juga belajar dengan model belajar daring.
  2. Dengan adanya pandemi covid, maka kita sebagai orang tua menjadi tahu  bahwa ternyata buah hati kita memiliki kemampuan lain  yang sebelumnya mungkin  belum tereksplore.  Hal itu menunjukkan bahwa akibat pandemi telah membuat  buah hati kita terbuka kemampuannya dalam hal hobi.
  3. Dengan adanya pandemi covid, positifnya adalah buah hati kita di rumah terbiasa  untuk bisa belajar secara mandiri. Dengan kondisi seperti itu kita sebagai orang tua menjadi lebih paham bahwa buah hati kita ternyata bisa lebih dewasa dalam menghadapi kondisi belajar akibat adanya pandemi covid.
  4. Dengan adanya pandemi covid memang menjadikan metode pembelajaran jarak jauh. Sehingga buah hati kita bisa melakukan  hal lain di luar pelajaran formal yaitu mengembangan minat dan bakat yang selama ini terpendam.

Dampak Negatif Pandemi Covid Bagi Pendidikan Anak Anak di Sekolah

Selain dampak positif kita juga bisa menyebutkan bahwa pandemi covid telah membawa dampak negatif bagi sistem pendidikan  yang ada di Indonesia.  Dimana sistem  yang terkena dampak itu memang akan berbeda dampaknya  bagi para siswa. Hal itu di karenakan tingkat kemampuan pemahaman materi pelajaran tiap siswa pasti berbeda-beda. Itulah yang  pada akhirnya kita tahu bahwa dampak negatif yang terjadi akibat adanya pandemi covid akan berbeda-beda :

  1. Dampak negatif dengan adanya pandemi covid pada model pendidikan di Indonesia adalah, siswa saat ini mesti belajar secara daring.  Dimana secara penguasaan materi belajar dengan menggunakan model daring tidak semua mudah memahaminya.  Nah masalahnya jika siswa sulit memahami secara maksimal sistem   belajar secara darling itu artinya sistem daring tidak selalu membawa  pemahaman bagi para siswa.
  2. Dampak negatif dengan adanya pandemi covid telah menjadikan siswa menjadi pribadi  yang pemalas. Jika dahulu siswa rajin  belajar karena harus mengerjakan pekerjaan rumah secara rutin dan di awasi langsung oleh guru di kelas. Kini dengan adanya pandemi maka siswa tetap mengerjakan tugas tetapi kadang yang mengerjakan adalah kedua orang tuanya.
  3. Dampak negatif akan membuat pemerataan pendidikan menjadi kurang merata. Karena kita  tahu bahwa signal internet di semua wilayah   Indonesia berbeda-beda. Jadi akan menguntungkan  jika kalian ada di kota besar. Tetapi akan mengalami kesulitan jika mereka berada di daerah pelosok  yang sudah mendapatkan signal internet.

Tetapi apapun kondisinya  baik berdampak positif ataupun negatif. Kesemua itu harus di hadapi secara langsung, karena kita tidak bisa menghindar dari kondisi  yang terjadi saat ini. Ada beberapa penyesuaian  yang mesti kita lakukan sehingga keberadaan pandemi covid akan  bisa menjadikan sesuatu yang bermanfaat baik secara langsung ataupun tidak langsung.

  1. Jadikan pandemi covid sebagai salah satu cara untuk bisa lebih mengeksplore buah hati kita dalam  belajar. Karena dengan belajar secara daring kita memiliki banyak kesempatan untuk bisa memperdalam banyak pelajaran yang berguna untuk buah hati kita dirumah.
  2. Jadikan pandemi covid sebagai salah satu cara untuk kita sebagai orang tua untuk bisa mengembangkan minat dan bakat dari buah hati kita. Karena bisa jadi dengan banyaknya belajar menggunakan internet maka kita akan lebih sering membuka internet. Pada saat  itulah kita akan bisa mendapatkan banyak data dan informasi yang berhubungan dengan peningkatan pengetahuan bagi sang buah hati kita di rumah.

 

Comments (0)

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*

Balas Chat
1
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?