| Pendaftaran Siswa
08222 333 1144 I 0812 1233 2163
Selamat Datang di Laskar UI!

10 Metode Pembelajaran yang buat Siswa Lebih Berprestasi

10 Metode Pembelajaran yang buat Siswa Lebih Berprestasi
January 4, 2022 laskarui
In News

Metode Pembelajaran yang buat Siswa Lebih Berprestasi

Tidak ada satu orang tua pun  yang tidak ingin sang buah hatinya sukses dalam belajar. Semua orang tua apapun kondisinya, selalu berharap buah hatinya sukses dalam belajar karena itulah salah satu tujuan yang ingin orang tua  harapkan bagi sang buah hatinya.  Sehingga tidak ada yang tidak mungkin bagi para  orang tua untuk selalu memperhatikan dan mempedulikan metode pembelajaran yang akan bisa membuat sang buah hatinya sukses.

Dalam sistem belajar dan mengajar memang kita mengenal begitu banyak metode belajar yang  bisa di ajarkan untuk sang buah hati dirumah. Kesemua metode tersebut secara nyata memang telah di lakukan pengujian  yang pada akhirnya memang berhasil menghantarkan sang buah hati sukses dalam memahami dan menguasai materi pelajaran yang ada di sekolah.

Setidaknya dari sekian banyak metode dan materi sistem belajar yang  bisa di berikan kepada  buah hati kita di rumah adalah 10 metode pembelajaran berikut.  Setidaknya dari 10 metode belajar ini kita akan bisa melihat dan memahami bahwa ke-10 metode belajar inilah yang akan bisa membuat sang buah hati kita sukses untuk mencapai prestasi belajar yang diinginkan kedua  orang tuanya.

  1. Metode pembelajaran pertama adalah sistem Ceramah

Sistem dan metode ini memang bisa di gunakan oleh pengajar untuk menjelaskan beberapa materi  pelajaran yang sebaiknya disampaikan dengan model ceramah.  Sehingga memang tidak semua pelajaran bisa menggunakan metode tersebut .

  1. Metode pembelajaran kedua Diskusi

Metode diskusi bagus untuk mendukung kesuksesan siswa agar bisa lebih aktif dalam  memahami pelajaran. Dengan metode diskusi siswa akan lebih aktif dalam proses belajar dan mengajar.

  1. Metode pembelajaran sistem Demonstrasi

Metode ini bagus untuk mata pelajaran yang memang lebih banyak membutuhkan materi praktek. Dengan demonstrasi siswa akan lebih mudah untuk memahami masalah yang di sampaikan sang pengajar.

  1. Metode pembelajaran sistem Ceramah Plus

Maksud dari sistem ini adalah gabungan dari lebih dari satu sistem atau metode. Misalnya sistem ceramah yang dipadukan dengan demonstrasi atau ceramah dengan diskusi.

  1. Metode pembelajaran sistem Eksperimen

Metode eksperimen ini akan memudahkan bagi siswa mendapatkan pemahaman yang sebenarnya.  Karena siswa di tuntut untuk mencoba melakukan sesuai dengan apa yang di pelajarinya.

  1. Metode pembelajaran model Karya Wisata

Metode ini bagus untuk mata pelajaran seperti sejarah, kesenian dan beberapa pelajaran lain yang membutuhkan wujud langsung dari materi yang di berikan oleh sang pengajar.

  1. Metode pembelajaran sistem Latihan

Sistem pembelajaran latihan bagus di pakai oleh pengajar untuk melihat sejauh mana penguasaan materi  yang  telah di capai oleh siswa selama proses belajar.

  1. Metode pembelajaran sistem Perancangan

Metode ini baiknya memang di  gunakan  untuk mata pelajaran yang membutuhkan sistem perancangan, sehingga siswa benar-benar paham apa yang di ajarkan sesuai materi yang di ajarkan di kelas.

  1. Metode pembelajaran model Debat

Sistem dan metode ini bagus untuk membuat sebuah materi pelajaran yang sifatnya menguji kemampuan siswa dalam memahami sebuah materi yang di ajarkan.

  1. Metode pembelajaran dengan sistem Mind Mapping

Sistem ini memang membutuhkan kemampuan sang pengajar dalam mengaktualisasikan konsep  belajar seperti ini.  Tetapi jika konsep ini di jalankan maka akan sangat berguna untuk para siswa dalam keinginan mereka tahu seperti apa mapping permasalahan  yang ada. Jadi sistem yang membutuhkan aktivitas siswa di dalamnya.

Tidak semua pengajar memang mampu melakukan semua metode diatas. Tetapi setidaknya ketika kita sebagai orang tua paham sistem dan metode  yang akan di gunakan oleh pengajar maka kita sebagai ayah dan  bunda dari sang buah hati kita akan mencoba memberikan  pemahaman yang benar kepada mereka.

Karena proses belajar dan pengajar  itu bukan dominasi sang pengajar di kelas  tetapi adalah tugas dan tanggung jawab kita juga sebagai orang tua agar sang buah hati menjadi sadar bahwa orang tua kita juga peduli dengan kesuksesan kita dalam belajar.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Balas Chat
1
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?