| Pendaftaran Siswa
08222 333 1144 I 0812 1233 2163
Selamat Datang di Laskar UI!

10 Tips Cara Belajar Agar Lebih Berprestasi

10 Tips Cara Belajar Agar Lebih Berprestasi
January 28, 2021 laskarui
In Uncategorized
10 Tips Cara Belajar Agar Lebih Berprestasi

Belajar adalah salah satu cara untuk menjadi pintar. Terlebih bagi anak-anak yang saat  ini sedang mengenyam pendidikan. Itulah salah satu tujuan dari kenapa kita sejak kecil diharapkan agar bisa belajar dengan baik dan  benar.

Menjadi anak yang pintar memang diharapkan tidak saja untuk agar dirinya bisa memahami dengan  baik mata pelajaran yang diberikan guru. Tetapi tujuan dari belajar adalah agar si anak bisa menjadi lebih bertanggung jawab dengan apa yang menjadi pilihannya.

Itulah salah satu hal yang membuat kenapa anak-anak diminta untuk belajar dengan  baik dan benar. Karena dengan kondisi seperti itu maka baik kita sebagai orang tua atau guru sebagai pengajar agar merasa senang dengan hasil yang didapat si anak.  Dengan semua yang telah disebutkan diatas, pada akhirnya kita sebagai orang tua ingin anak-anak kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Ada beberapa tips atau strategi yang bisa dijalankan agar  anak-anak kita bisa menjadi pribadi yang bertanggung jawab dengan dirinya. Setidaknya dengan beberapa tips berikut anak-anak kita bisa menjadi pribadi yang memiliki tujuan, yaitu belajar menjadi lebih pintar dan berprestasi.

1. Berusaha menjadi seorang pemimpin bagi dirinya sendiri.

Dengan belajar yang benar, maka sejatinya anak-anak kita sedang dididik untuk bisa menjadi seorang pemimpin. Karena belajar adalah sebuah proses, sama dengan menjadi pemimpin, sehingga dengan belajar yang benar maka anak akan bertanggung jawab dan menjadi pemimpin kelak setelah dirinya dewasa.

2. Berusaha pada saat belajar mendengarkan penjelasan dari guru di kelas.

Belajar di kelas memang bagi anak-anak akan lebih mudah untuk di mengerti.  Karena belajar tatap muka akan lebih mudah dipahami oleh anak-anak.  Sehingga perlu diberikan pemahaman yang benar kepada anak-anak kita bahwa belajar di kelas salah satu hal yang mesti dilakukan adalah mendengarkan penjelasan dari sang guru .

3. Ketika  tidak tahu jangan pernah malu untuk bertanya, karena jika ditunda maka akan rugi.

Selalu untuk bertanya dan menanyakan kepada siapa pun yang menurut anak-anak anda tahu solusinya. Ketika tidak tahu dalam belajar, bisa bertanya kepada guru di kelas, kepada orang tua di rumah atau kepada teman yang lebih tahu. Dengan kondisi seperti itu maka anak-anak akan terbiasa untuk mencari tahu apa yang tidak diketahuinya.

4. Selalu berusaha untuk mengerjakan PR yang diberikan oleh guru atau pengajar

Membuat dan mengerjakan PR adalah salah satu cara untuk anak –anak menjadi lebih paham dan pintar.  Sehingga pada saat anak-anak kita mendapatkan PR dari guru atau pengajarnya, hendaknya anak-anak kita diarahkan untuk selalu mengerjakan PR yang ditugaskan kepadanya.

5. Setiap pulang sekolah, cobalah untuk selalu mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru anak-anak anda.

Mengulang dan selalu mempelajari  mata  pelajaran yang  baru saja di ajarkan di kelas. Itulah salah satu cara terbaik untuk anak-anak kita lebih bisa memahami pelajaran yang baru saja disampaikan oleh guru di kelas.  Karena pelajaran itu memang harus selalu di ulang, ketika selalu di ulang-ulang maka anak akan  lebih bisa dengan mudah memahami semua mata pelajaran yang ada.

6. Usahakan agar bisa  merasa cukup dalam beristirahat.

Belajar memang harus seimbang, jangan selalu berusaha untuk sekeras-kerasnya belajar. Tetapi kita sebagai anak juga perlu memberikan pemahaman kepada anak  bahwa istirahat yang cukup bisa memberikan otak menjadi lebih fresh. Dengan kondisi seperti itu maka otak akan semakin mudah dalam menangkap dan memahami sebuah pelajaran yang diberikan di kelas oleh seorang guru.

7. Berusaha untuk selalu berusaha untuk mengulang pelajaran-pelajaran yang tidak disukai.

Memahami pelajaran yang tidak disukai memang mesti selalu di ulang. Karena dengan seringnya kita mengulang pelajaran, maka sesuatu yang tidak bisa lambat laun akan menjadi bisa. Yang penting adalah niat dan keinginan  untuk bisa, dengan kondisi seperti itu maka anak-anak akan lebih bisa dan menyukai pelajaran yang tidak disukainya.

8. Cobalah untuk mengikuti Ekskul yang kita sukai, sehingga bisa menjadi alternatif kegiatan

Belajar memang tidak selamanya mesti dengan mempelajari pelajaran di kelas. Dengan mengikuti ekskul, maka anak-anak akan memiliki alternatif untuk bisa menyenangi hal lain di luar pelajaran.  Dengan cara seperti itu maka anak akan terbiasa untuk melakukan  hal-hal yang positif di luar pelajaran di sekolah.

9. Cara terbaik adalah dengan mencari atau mendapatkan pembimbing yang bisa menyenangkan dan memotivasi anak-anak dengan baik.

Belajar memang membutuhkan pengajar atau pembimbing, dimana salah satu yang bisa di dapatkan adalah dari seorang guru di kelas. Tetapi sebaiknya jika tidak mendapatkan pembimbing yang baik di kelas, maka sebaiknya kita sebagai orang mencarikan anak-anak kita seorang pembimbing di  luar kelas.

10. Pada saat belajar, jangan membiasakan diri untuk mencontek rekan satu kelas.

Belajar mandiri adalah lebih baik, jadi coba kita sebagai orang tua mengajarkan kepada anak-anak kita untuk selalu menyelesaikan  tugasnya sendiri. Jangan berusaha untuk mencontek, karena dengan mencontek anak-anak akan tidak terbiasa untuk belajar mandiri.

Itulah beberapa tips atau cara agar anak-anak bisa belajar dan menjadi pintar. Kepintaran itu bukan semata pintar dalam belajar, tetapi juga pintar dalam hal lain. Itulah sebabnya, jika kita sebagai orang tua ingin anak-anak kita menjadi pintar, selain mengikuti pelajaran di kelas juga bisa mendatangkan guru atau pengajar di rumah. 

Bagi para  orang tua  yang ingin mendatangkan pengajar di rumah, cobalah masuk ke website berikut : Https://laskarui.com/homeschooling. Dan konsultasikan dengan pengajarnya  karena LASKAR UI adalah salah satu lembaga bimbingan belajar yang terbiasa melakukan pendidikan model homeschooling.  Karena dengan berkonsultasi dan menjelaskan kondisi terkini dari anak-anak kita maka orang tua sama juga dengan memberikan pendidikan yang layak untuk anak-anak.

Comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Balas Chat
1
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?