| Pendaftaran Siswa
08222 333 1144 I 0812 1233 2163
Selamat Datang di Laskar UI!

Strategi Cerdas Belajar Online Saat Masih Pandemi Covid

Strategi Cerdas Belajar Online Saat Masih Pandemi Covid
January 19, 2021 laskarui
In Uncategorized
Strategi Cerdas Belajar Online Saat Masih Pandemi Covid

Belajar online, saat ini memang bisa dilakukan oleh semua  tingkatan pelajar. Dari mulai  tingkat SD, SMP, SMA hingga  Perguruan Tinggi. Namun yang membedakan semuanya adalah tingkat pemahaman dan kepatuhan selama proses belajar  online itulah yang mesti jadi perhatian.

Jika pertanyaannya adalah apakah siswa bisa menjalankan proses belajar secara online. Sudah pasti jawabannya adalah bisa, tetapi jika ditanya sejauh mana para siswa bisa mendapatkan hasil yang maksimal dari model belajar online tersebut. Mungkin untuk menjawab kondisi ini berbeda tiap anak, karena proses belajar yang mesti mereka jalankan sendiri juga berbeda-beda antara anak satu dengan lainnya.

Secara spesifikasi memang  yang namanya belajar online itu hanya sekadar  belajar dengan memperhatikan laptop atau hp. Dimana media yang digunakan adalah aplikasi  belajar online. Tetapi jika tujuan kita adalah mendapatkan hasil yang maksimal, tentunya mengetahui spesifikasi dalam belajar online saja masih kurang.  Itulah kenapa, pada akhirnya kita membutuhkan yang namanya strategi cerdas belajar online saat masih pandemi.

1. Harus adanya komitmen bersama  antara Siswa dan Guru.

Kenapa mesti memiliki komitmen yang sama,  karena jika salah satu pihak  baik siswa maupun sang guru berlaku tidak komitmen sudah pasti hasilnya kurang maksimal. Sehingga sebisa mungkin kedua belah pihak sudah mengetahui kondisinya masing-masing. Dengan kondisi seperti ini maka kedua belah  pihak akan mendapatkan hasil yang maksimal pula.

2. Langkah berikutnya adalah, sejauh mana si pengajar bisa mengarahkan siswanya untuk membuat group atau kelompok belajar.

Fungsi utama dari  kelompok atau group belajar adalah, agar keberadaan mereka bisa saling bantu ketika ada yang belum  paham. Konsep kelompok ini juga bagus bagi pengajar agar bisa lebih cepat dalam memberikan materi pengajarannya.  Itulah fungsi dari keberadaan group atau kelompok belajar. 

3. Perlu adanya kesepakatan bersama antara pengajar dan siswa bahwa disamping tugas yang sifatnya personal.

Ada juga tugas yang sifatnya bersama atau group. Kesepakatan ini menjadi penting, karena jika tidak dibuatkan kesepakatan bersama ada pihak-pihak yang merasa keberatan. Sehingga agar  tidak  terjadi hal yang tidak diinginkan, maka kesepakatan mengerjakan tugas secara bersama-sama juga mesti diajukan sebelum model itu  dijalankan.

4. Bagi para pengajar, ada baiknya untuk mencoba melihat dan menganalisa para siswanya dalam kelas belajar online.

Karena sudah pasti cara penangkapan setiap siswa beda. Jadi  buatlah sistem yang memungkinkan semua siswa bisa memahami materi. Cara ini cukup efektif dan  bisa membuat para siswa akan terpacu  untuk bisa melakukan proses belajar dengan  baik.  Karena ketika siswa yang tertinggal dalam pemahaman materi di bantu untuk bisa memahami dengan baik. Ada semangat dalam dirinya bahwa dia tidak  ingin selalu dibantu teman-temannya.  Dengan adanya kesadaran tersebut maka semua siswa yang masuk dalam kelas online tersebut akan berusaha saling bantu dan saling pengertian.

5. Cari pelajaran atau mata pelajaran yang memungkinkan para siswa lemah atau kurang.

Dengan pemilihan mata pelajaran tersebut, dan  semua pihak fokus dengan pilihan pelajaran tersebut maka  tidak ada lagi mata pelajaran yang sulit untuk di pahami. Karena sejatinya, proses belajar dan mengajar sistem online ini juga bisa menjadi salah satu strategi untuk para pengajar mencoba memberikan materi  tambahan dari pelajaran yang masih kurang dipahami para siswanya.

6. Jangan malu para pengajar untuk mencoba meniru, mengamati dan memodifikasi cara mengajar lain dalam melakukan pengajaran online  kepada para siswa.

Karena proses belajar secara online memang berbeda antara satu pengajar dengan pengajar lainnya. dengan melihat dan mencontoh yang baik dan sukses, maka semua proses belajar akan bisa dijalankan dengan lebih baik dan lebih baik lagi.

Itulah 6 strategi yang bisa di jalankan oleh para siswa dan guru pembimbing pelajaran dalam proses belajar mengajar secara online.  Tidak perlu malu untuk mencoba dan melakukan perbaikan dalam proses belajar mengajar secara online.  Hal  terbaik yang bisa dilakukan oleh siswa maupun para pengajar adalah bagaimana dengan proses belajar ini hasilnya bisa optimal. Jangan sampai hanya karena tidak tatap muka secara langsung para siswa menjadi menurun kinerja dan prestasi belajarnya.

Tetapi jika memang saat ini para siswa masih belum maksimal dengan pola   belajar online  yang telah dijalankan. Jangan ragu kita sebagai orang tua untuk mencarikan alternatif terbaik dalam menunjang proses belajar dan mengajar pada anak-anak kita. Kunci  utama dari proses belajar bagaimanapun caranya adalah nilai yang baik dan mencukupi apa yang dikatakan baik.

Jika kondisi itu yang menjadi tujuan, maka kalian para orang tua murid  jangan ragu untuk mencoba menghubungi Laskar UI Homeschooling . Sebuah lembaga pendidikan  belajar private yang bisa di lihat program-programnya melalui website : Https://laskarui.com/homeschooling

Pastikan anda para orang tua untuk mencoba berkomunikasi dan berkonsultasi dengan team yang ada di Laskar UI Homeschooling. Pengalaman dan kemampuan yang ada dalam team Laskar UI akan bisa memberikan masukan dan alternatif solusi terbaik bagi sistem belajar putra putri kalian.

Ingat, jangan tunda dan tunggu putra putri kalian justru menjadi siswa yang bosan untuk belajar. Segera carikan alternatif solusi  agar mereka kembali bersemangat dalam menghadapi proses belajar secara online.

Dan Laskar UI Homeschooling adalah salah satu  lembaga bimbingan  belajar yang tepat untuk anda para orang tua murid. Karena kehandalan dan kemampuan para pengajar dalam Laskar UI Homeschooling akan bisa  memberikan solusi  terbaik bagi putra putri kalian.  Sehingga dengan adanya model belajar yang disesuaikan dengan keinginan  putra putri kalian, maka sudah pasti proses belajar dan mengajar secara  online bisa berjalan dengan lancar.

Comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Balas Chat
1
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?