| Pendaftaran Siswa
08222 333 1144 I 0812 1233 2163
Selamat Datang di Laskar UI!

8 Makanan Yang Membantu Mencerdaskan Anak

8 Makanan Yang Membantu Mencerdaskan Anak
January 4, 2021 laskarui
In News
8 Makanan Yang Membantu Mencerdaskan Anak

Kecerdasan bagi anak-anak kita memang menjadi satu hal penting. Kenapa, karena dengan kecerdasan  itulah mereka bisa melakukan  banyak aktivitas atau bisa melakukan hal-hal sesuai dengan keinginan dan hobinya. Tetapi  terkadang kita sebagai orang tua  kurang tahu bagaimana menjadikan anak-anak kita menjadi cerdas.  Walaupun sebenarnya, kecerdasan  itu bisa dilakukan dengan memberikan  anak-anak kita makanan yang sehat dan bergizi.

Bicara soal makanan yang sehat dan bergizi, memang sejak dahulu kita sudah tahu bahwa dalam masa pertumbuhan anak-anak butuh makanan yang sehat dan bergizi. Hal itu menjadi penting bagi mereka, karena dalam masa pertumbuhan itulah mereka butuh akan asupan yang memang berguna untuk dirinya. Tidak heran, sejak kecil kita sebagai orang tua diminta untuk memberikan beberapa makanan yang bisa memberikan kecerdasan pada otak anak-anak kita.

Diantara beberapa makanan yang bisa memberikan efek kecerdasan pada diri anak-anak kita adalah beberapa makanan seperti yang masuk dalam golongan protein, karbohidrat. Dan pastinya makanan – makanan tersebut sudah pasti masuk dalam kategori 4 Sehat 5 Sempurna.

1. Ikan, Produk yang masuk dalam kategori Protein

Termasuk dalam kategori makanan yang mengandung Protein. Ikan memang menjadi salah satu makanan yang penting untuk anak-anak kita.  Dimana prosesnya bisa dengan di goreng, dibuat menjadi sayur atau diblender dan dijadikan bubur ikan. Ke semua proses ini tetaplah sama kandungannya. Yang terpenting adalah dalam memproses Ikan jangan sampai terlalu lama karena proteinnya akan berkurang dan khasiatnya juga akan berkurang karena proses memasak tersebut.  Pastinya dalam ikan terdapat satu kandungan yang bernama asam lemak omega 3. Zat inilah yang terbaik untuk memberikan manfaat bagi pertumbuhan otak pada anak-anak kita.

2. Telur, Produk yang masuk dalam kategori Protein

Hampir sama dengan ikan. Telur juga masuk  dalam  kategori Protein, dimana jika ikan bisa dibuat macam-macam masakan. Tidak jauh beda dengan telur, justru telur adalah makanan yang mudah untuk dibuat makanan. Baik untuk lauk pauk, hingga makanan seperti kue dan sebagainya. Sehingga dengan memasak telur kita bisa menyesuaikan dengan apa yang jadi keinginan dan kesukaan anak-anak kita. Salah satu manfaat telur adalah, pada kuning telurnya dia mengandung kolin yang  bagus sebagai zat untuk bisa membantu dalam perkembangan otak pada anak-anak.

3. Selai Kacang, Produk yang masuk dalam Kategori Karbohidrat

Karbohidrat dibutuhkan oleh tubuh karena dari karbohidrat itulah kita menjadi memiliki kekuatan. Sama seperti nasi (beras), Selai Kacang atau  Kacang juga masuk dalam kategori karbohidrat. Selain mengandung karbohidrat, makanan ini juga kaya akan vitamin E dan juga antioksidan yang akan bisa  melindungi membran sel-sel yang ada pada sel-sel otak yang ada pada tubuh anak-anak kita.  Sementara terkait dengan pemilihan  jenis selai kacang, carilah selai yang memiliki rendah terhadap gula dan natrium.

4. Sayuran, Produk yang mengandung Vitamin dan Karbohidrat.

Berbeda dengan beberapa produk sebelumnya, untuk sayuran ini seperti misalnya Tomat, Wortel, Bayam, Labu dan lainnya, jenis produk ini memang kaya akan vitamin.  Selain itu beberapa produk yang masuk dalam kategori ini kaya akan antioksidan. Sehingga beberapa makanan ini  dipercaya memiliki kemampuan dalam hal mempertahankan kekuatan dan kesehatan membran  sel yang ada dalam tubuh anak-anak kita. Selain itu sayuran juga bisa memberikan perlindungan terhadap penyakit kanker, jadi sebaiknya makanlah sayuran dalam kondisi yang masih segar.

5. Buah, Produk ini juga mengandung Vitamin

Kita sudah tahu bahwa buah  itu cukup beragam jenisnya. Ambil contohnya seperti Strawberry, Blueberry, Blackberry, Mangga, Pisang, Apel dan sejenisnya.  Sama seperti produk sayuran, untuk produk buah-buahan itu juga memiliki kandungan  yang kaya akan zat antioksidan seperti Vitamin C,  vitamin A dan lainnya. Beberapa studi yang telah di temukan di dunia, banyak yang mengatakan bahwa buah-buahan juga dapat memberikan atau memperbaiki daya ingat  pada otak kita. Sehingga buah-buahan itu juga bermanfaat bagi anak-anak kita.

6. Susu, Produk susu banyak mengandung zat dari mulai Protein, Kalsium, Vitamin.

Kenapa kita diharuskan mengkonsumsi  4 sehat 5 sempurna. Karena susu adalah salah satu makanan yang banyak hal dari mulai protein, kalsium, vitamin sehingga tidak heran jika tubuh kita dan anak-anak membutuhkan asupan yang berupa susu. Terlebih bagi anak-anak yang tulangnya masih membutuhkan daya tahan dan pertumbuhan  tulang yang baik. Sehingga masa kanak-kanak mereka memang harus mendapatkan  asupan yang  berupa susu untuk tubuh kita.

7. Daging Sapi, Produk yang mengandung Zat besi juga mengandung Protein dan Vitamin.

Daging memang memiliki beragam jenis, dari mulai daging ayam, daging kambing, daging sapi, daging kerbau dan sebagainya.  Kita biasa kenal daging ini digunakan sebagai lauk pauk kita pada saat makan. Terkait  dengan salah satu jenis daging yaitu daging sapi, ada satu daging sapi yang tanpa lemak, jenis daging ini merupakan sumber terbaik dari zat besi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh  kita.

8. Oatmeal / Oat, Produk yang biasanya banyak mengandung Vitamin.

Jenis makanan ini adalah makanan  yang sangat digemari oleh anak-anak. Kenapa,  karena selain mengandung vitamin bisa juga mengandung karbohidrat, sehingga ketika anak-anak makan Oatmeal makan sama saja dengan mereka makan nasi. Itulah sebabnya di pagi hari ada juga orang tua yang menyediakan anaknya dengan Oatmeal atau biasa disebut dengan istilah Sereal. Selain manis dan mengenyangkan, makanan ini juga berguna untuk otak anak-anak kita.

Selain beberapa jenis makanan yang sejatinya mengandung Vitamin, Karbohidrat, Protein dan sejenisnya.  Sudah pasti makanan- makanan tersebut dibutuhkan oleh tubuh agar bisa membuat tubuh kuat dan otak kita menjadi pandai. Sehingga kadang orang  tua sejak kecil sering mencampurkan beberapa makanan yang ada di atas untuk menumbuhkan kecerdasan pada otak anak-anak kita.

Jika kalian para orang  tua ingin memberikan pendidikan yang layak pada anak-anak kita. Jangan ragu untuk memberikan beberapa makanan di atas agar anak kita menjadi pandai. Tetapi jika makanan sudah di berikan, salah satu cara untuk mencerdaskan kondisi anak adalah dengan memberikan pendidikan yang layak.  Laskar UI Homeschooling adalah salah satu jenis dan model homeschooling yang memahami apa yang dibutuhkan anak – anak dan orang tua. Jika kalian ingin   tahu seperti apa dampak dari masuknya putra –putri kita dalam Homeschooling Laskar UI,  maka kegiatannya bisa tergambar dari informasi yang ada di dalam  : Https://laskarui.com/homeschooling.

Comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Balas Chat
1
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?