| Pendaftaran Siswa
08222 333 1144 I 0812 1233 2163
Selamat Datang di Laskar UI!

Program Homeschooling Terbaik Dari Laskar UI

Program Homeschooling Terbaik Dari Laskar UI
September 27, 2022 laskarui
In News
homeschooling program

Sistem pendidikan homeschooling sekarang ini banyak menjadi alternatif bagi orang tua untuk menunjang pendidikan anaknya. Sayangnya, tidak sedikit yang salah persepsi mengenai sistem pendidikan ini. Banyak anggapan dari masyarakat yang menyatakan bahwa homeschooling ini membuat kurikulum di sekolah menjadi sempit, padahal faktanya homeschooling lebih dari itu. Hal ini terbukti dengan kualitas program homeschooling dari Laskar UI.

Sistem Pendidikan Homeschooling

Berbicara tentang pendidikan, tentunya yang terbesit di benak kita adalah lingkungan sekolah yang merupakan gerbal awal bagi anak untuk mendapatkan masa depan lebih cerah. Jenjang sekolah, cara berseragam, ijazah, cara belajar, ranking, pembagian rapor hingga kebijakan dari pihak sekolah menjadi serangkaian aspek untuk mengantarkan anak menuju masa depan yang gemilang.

Faktanya, sebagai orang tua sebaiknya harus memahami bahwa potensi setiap anak tidak sama. Tidak semua anak merasa nyaman dan cocok mengenyam pendidikan dengan hanya duduk di dalam kelas. Terdapat tipe anak yang berharap adanya metode belajar yang inovatif dimana mereka memiliki kebebasan untuk bergerak dan bereksplorasi namun tetap mengacu pada esensi pendidikan yang diharapkan.

Selain itu, harus disadari bahwa pada dasarnya masing-masing anak mempunyai minat yang berbeda sehingga tidak bisa dipaksakan agar menjadi seragam. Alasan inilah yang membuat program homeschooling hadir, bertujuan untuk mengembangkan sudut pandang dan inovasi baru dalam dunia pendidikan dan sekolah.

Sistem pendidikan ini dibuat sebagai upaya untuk membantu anak agar dapat belajar sesuai dengan minat dan potensi yang dimilikinya. Program homeschooling juga dibuat dengan sistem belajar yang sesuai sehingga anak dapat memilih situasi apapun yang diinginkan untuk proses belajar.

Serba-serbi Homeschooling

Adanya kesalahpahaman dari sistem belajar ini menjadikan sebagian besar orang tua merasa ragu apabila anaknya memilih untuk belajar di rumah. Lalu, seperti apa sebenarnya program homeschooling ini?

1. Apakah anak lebih baik mengikuti program homeschooling?

Sebagaimana yang sudah dijelaskan di atas bahwa tidak semua anak nyaman dan cocok untuk mengikuti pendidikan di sekolah konvensional. Begitupun dengan sekolah rumah ini, tidak semua anak merasa suka dan cocok untuk mengikutinya. 

Baca Juga  Pengertian dan Manfaat Home Schooling

Selain itu, budaya dari masing-masing keluarga juga turut berpengaruh. Apabila sejak kecil anak sudah dikondisikan untuk belajar di rumah mungkin saja dia lebih suka dan memilih program homeschooling.

Intinya, dalam memberikan pendidikan kita harus berfokus untuk memaksimalkan perkembangan anak. Apa yang diinginkan oleh anak, hal tersebut menjadi tolak ukur atau bahan pertimbangan orang tua dalam memilih metode pendidikan yang bagus untuk anak.

2. Apa dasar yang menguatkan metode homeschooling?

Ada anggapan yang mungkin sudah mengakar dalam hati masyarakat sekarang ini, bahwasanya anak seperti kertas kosong. Hal ini menjadikan proses pendidikan hanya terpusat pada orang dewasa untuk memberi warna. Hasilnya, anak diisi dengan berbagai macam informasi yang tidak diketahui apakah informasi tersebut sesuai dengan bakat anak atau tidak.

Anak terlahir dengan karakter, potensi dan kecenderungan yang tidak sama. Menjadi tugas penting bagi para orang tua untuk menggali bakat anak sedari dini, salah satunya dengan memilih program homeschooling untuk anak.

3. Apa tujuan Homeschooling?

Sistem belajar homeschooling memiliki tujuan untuk menyiapkan anak menjadi pembelajar mandiri dengan berbagai ciri berikut ini :

  • Memiliki motif internal dalam belajar
  • Terampil dalam mencari bahan belajar
  • Berorientasi terhadap tujuan yang diinginkan
  • Pandai mengontrol diri

4. Apa yang perlu disiapkan oleh orang tua jika memilih Homeschooling?

Bagi orang tua yang sudah mempertimbangkan bahwa program homeschooling merupakan sistem belajar terbaik untuk anak, sebaiknya siapkan beberapa poin berikut:

  • Kesepakatan dan kekompakan orang tua untuk menerapkan homeschooling
  • Mempersiapkan aspek psikologis sang anak
  • Membangun kebiasaan baik misalnya kebiasaan hidup yang disiplin dan terencana
  • Memelihara rasa ingin tahu anak dengan melatih keterampilan seperti membiasakan anak untuk aktif mencari informasi dengan internet, ensiklopedia, kamus, mengikuti tutorial dan lainnya.
  • Menyediakan lingkungan belajar yang kondusif, misalnya dengan memberi tanggung jawab yang sesuai dengan usianya, membudayakan diskusi atau menghargai pendapat anak.
Baca Juga  10 Tips Belajar Dirumah Agar Anak Fokus

5. Apakah sistem belajar homeschooling membutuhkan fasilitas khusus?

Lingkungan sebenarnya menjadi media utama dalam kegiatan belajar homeschooling. Misalnya, jika anak berkeinginan untuk lebih piawai dalam mengenal jenis ikan maka pengajar dapat mengajak anak untuk pergi ke pasar dan belajar secara langsung dengan pedagang.

Selain dapat mengenal berbagai macam ikan, anak juga akan belajar untuk berinteraksi pada orang lain ketika sedang menawar harga atau pembelajaran lainnya yang belum tentu bisa didapatkan di dalam kelas.

6. Apakah homeschooling diakui pemerintah dan berijazah

Homeschooling merupakan pendidikan berbasis keluarga dan masuk ke dalam pendidikan informal. Keberadaan sistem belajar di rumah ini diatur dalam UU no 20 tahun 2003. Sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang ada, anak yang mengikuti pendidikan melalui sistem belajar ini akan diakui seperti mengikuti pendidikan di institusi formal dan nonformal.

Sekarang ini sudah banyak lembaga Homeschooling yang menawarkan berbagai keunggulan untuk menerapkan belajar di rumah. Namun jika Anda memilih untuk bergabung dengan lembaga Laskar UI, kami memberikan program homeschooling terbaik se- Jabodetabek demi mengembangkan potensi anak Anda. 

Program Homeschooling Laskar UI

  • Menyediakan TIM pengajar profesional untuk membantu meningkatkan pendidikan anak yang ingin belajar di rumah
  • Kurikulum dan materi yang diberikan oleh Laskar UI sesuai dengan kurikulum yang diterapkan di sekolah konvensional
  • Memberikan tryout dan ujian secara berkala agar anak dapat lebih mudah untu beradaptasi layaknya belajar di sekolah formal
  • Jaminan LULUS UAN dengan nilai rata-rata 9 
  • Menyediakan ijazah paket A, B dan C

Program Homeschooling Komunitas

  • Program belajar diterapkan secara klasikal dimana anak belajar dan bersosialisasi dalam Platinum & Reguler Class(kapasitas siswa per kelas minimal 5 anak dan maksimal 12 anak)
  • Jadwal belajar dan homeschooling komunitas ditentukan oleh lembaga Laskar UI
  • Dapat melakukan konsultasi secara gratis jika merasa ada mapel yang belum dikuasai
  • Selain mendapatkan ilmu akademik, anak juga dibekali dengan keterampilan seperti games untuk mengasah otak, monopoli, UNO, catur, ular tangga dan lainnya.
Baca Juga  3 Perbedaan Tutor dengan Guru Dalam Proses Belajar dan Mengajar

Kelas Tahfidz

  • Mengaji
  • Belajar tajwid
  • Murojaah hafalan
  • Memperbaiki bacaan

Program Homeschooling Mandiri

Lembaga homeschooling Laskar UI juga menawarkan program belajar mandiri dimana anak akan didukung dengan bahan ajar dan kurikulum. Untuk pendamping belajar bisa dilakukan oleh tutor visit yang disediakan oleh Laskar UI/ keluarga/ masyarakat/ tutor bimbel dengan waktu yang fleksibel. Program ini sesuai dengan filosofi belajar dimanapun, kapanpun dan dengan siapapun. 

Jadi anak bisa mengembangkan rasa ingin tahu mereka dengan suasana belajar yang menyenangkan, pendamping belajar yang profesional dan fokus. Hal ini tentunya akan menjadikan tumbuh kembang anak menjadi maksimal dan kita sebagai orang tua tentunya akan menjadi bangga jika pendidikan anak memberikan hasil yang memuaskan.

Mata Pelajaran Lembaga Homeschooling Laskar UI

  • SD-SMP: Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, IPA,  PKN, dan IPS.
  • SMA IPA: Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, PKN, Kimia, Biologi, dan Fisika.
  • SMA IPS: Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Matematika, Sosiologi, PKN, Geografi dan Ekonomi/Akuntansi. 

Biaya Investasi Program Homeschooling Laskar UI

1. Homeschooling komunitas

  • SD – SMP – SMA : Rp 5.400.000 jika dicicil menjadi Rp 5.600.000
  • Biaya tersebut sudah termasuk biaya belajar hingga Mei 2021 dan biaya modul
  • free SPP
  • mendapatkan fasilitas kelas offline dan online
  • biaya web e-learning
  • termasuk raport UTS, UAS dan UKK
  • satu kelas maksimal terdiri dari 5 anak

2. Homeschooling guru datang ke rumah

  • SD – SMP – SMA : Rp 4.250.000 jika dicicil menjadi Rp 4.450.000
  • Sudah termasuk biaya buku modul
  • termasuk biaya web e-learning
  • biaya sudah termasuk raport UAS, UTS dan UKK
  • belum termasuk biaya untuk mendatangkan guru ke rumah

Itulah seputar informasi mengenai program homeschooling Laskar UI terbaik yang dapat membantu mengembangkan minat dan bakat anak melalui sistem belajar di rumah. Setiap anak memiliki potensi yang berbeda-beda, marilah kita kembangkan potensi anak tersebut dengan sistem belajar homeschooling yang efektif, menyenangkan dan memberikan hasil maksimal.

Comments (0)

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Balas Chat
1
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?