| Pendaftaran Siswa
08222 333 1144 I 0812 1233 2163
Selamat Datang di Laskar UI!

Cara Tepat Melatih Kemandirian Anak

Cara Tepat Melatih Kemandirian Anak
Oktober 30, 2023 laskarui
In News
Cara Tepat Melatih Kemandirian Anak

Memang tidak mudah untuk bisa membuat anak anak bersikap mandiri,  tetapi dengan pola asuh  yang didikan yang tepat tidak mustahil mereka bisa tumbuh menjadi pribadi yang mandiri. Karena setiap orang tua sudah pasti ingin agar anak anaknya tumbuh menjadi pribadi yang tahu bagaimana menjadi pribadi yang mandiri dan bertanggung jawab. 

Ada beberapa keuntungan jika kalian sebagai orang tua mengajarkan kemandirian sejak anak anak masih dalam taraf belajar alias masih kecil.  Di mana peran kalian sebagai orang tua selama di rumah akan bisa membuat anak anak tumbuh menjadi pribadi yang mandiri dan tentu saja bertanggung jawab. 

  1. Cobalah kalian didik anak anak di rumah dengan satu konsep kedisiplinan, memang di awal butuh waktu tetapi lama – lama hal itu jadi satu kebiasaan yang baik untuk mereka dan pada akhirnya mereka bisa melakukan segala hal yang berhubungan dengan aktivitasnya secara mandiri. 
  2. Cobalah kalian melakukan beberapa aktivitas bersama dengan maksud dan tujuan untuk memberikan satu kondisi kepada si anak  bahwa menjadi pribadi  yang mandiri itu menguntungkan. Sehingga dengan contoh langsung yang kalian para orang tua tunjukan akan mudah bagi anak anak untuk mengikutinya. 
  3. Cobalah untuk sekedar memberikan reward atau punishment kecil, bukan tujuannya untuk hal yang negatif tetapi menjadi positif. Sehingga anak anak akan terbiasa arti kata reward dan punishment dalam kehidupan. 
  4. Coba kalian lakukan semua hal secara  perlahan, misalnya aktivitas mandiri yang ringan atau mudah dulu dilakukan. Jadi sifatnya bertahap karena tidak mungkin anak anak di paksa dalam hal positif untuk melakukan hal itu secara singkat. 
  5. Cobalah untuk melakukan semua hal tersebut secara terus menerus hingga pada akhirnya mereka tahu bahwa apa yang selama ini orang tuanya inginkan  bukan sekadar untuk kebaikan orang tuanya  tetapi juga untuk dirinya sendiri. 
Baca Juga  Cara Menghafal Daftar Rumus Matematika Paling Sering diPakai

Nah jika kalian sudah pahami konsepnya, maka ada beberapa pekerjaan di rumah yang mulai bisa dilakukan secara mandiri oleh anak anak hingga pada akhirnya mereka tumbuh menjadi pribadi yang tahu bertanggung jawab. 

5 Aktivitas di Dalam Rumah Yang Bisa Membuat Anak Mandiri

Tidak perlu pekerjaan atau hal yang sulit yang mesti dilakukan oleh anak anak di rumah,  tetapi coba dari hal yang simple dan mudah di lakukan setiap hari. Sehingga anak anak menjadi tahu apa yang seharusnya di lakukan di dalam rumah . 

1. Pada saat buang air kecil/besar, cobalah anak anak dibiasakan untuk mandiri

Hal sepele tetapi jika kondisi ini di lakukan maka anak anak akan terbiasa untuk bisa melakukan kegiatan ini sendiri tanpa bantuan orang tuanya. Mungkin orang tua hanya perlu ketika melakukan pembersihan saja. 

2. Menjaga dan merawat barang barang yang menjadi miliknya di rumah 

Konsepnya selain anak dilatih untuk mandiri juga dilatih  untuk menghargai apa yang dimilikinya. Sehingga ada rasa tanggung jawab yang harus dijalankan si anak terhadap barang barang yang menjadi miliknya. 

3. Merawat kebersihan diri sendiri secara teratur

Di bagian ini memang awalnya perlu dibantu karena jangan sampai karena ingin anak anak menjadi mandiri justru mereka menjadi kurang bersih dalam aktivitas mandi misalnya.  Tetapi memang ini perlu diajarkan sejak dini agar mereka tahu bahwa menjaga kebersihan diri itu harus di lakukan sendiri bukan dengan bantuan orang tua. 

4. Memilih dan mempersiapkan  pakaian baik untuk sekolah atau bermain

Konsepnya adalah bahwa si anak harus tahu bagaimana tanggung jawab dalam mempersiapkan diri ketika hendak sekolah. Jadi masalah pakaian dan perlengkapan lainnya perlu dipersiapkan dengan baik sebelum mereka bersekolah. 

Baca Juga  Cara Memperbanyak Vocabulary dalam Bahasa Inggris dengan Benar

5. Mencoba untuk mengatur dan membagi waktu secara mandiri

Anak yang baik adalah yang tahu bagaimana cara membagi waktu dirinya secara mandiri, kapan harus bermain dan kapan harus belajar dan istirahat. Ini harus mulai diajarkan sejak dini sehingga mereka tahu arti waktu itu di gunakan untuk apa saja. 

6. Yang terakhir adalah mencoba untuk menjadi tahu arti sebuah tanggung jawab.

Artinya adalah bahwa apa yang harus dan diperintahkan kepadanya itu adalah bagian dari tanggung jawab yang mesti di lakukannya. Bukan karena terpaksa tetapi karena itu adalah tugas yang harus dilakukannya sendiri,

Memang tidak mudah tetapi tidak juga sulit selama ada keinginan dan kemauan, maka kalian sebagai orang tua akan bisa memberikan didikan yang terbaik agar anak anak bisa menjadi pribadi yang lebih mandiri.  Berikut kami coba sampaikan 4 hal yang akan bisa membuat anak anak berusa menjadi pribadi yang mandiri dengan dukungan orang tua di rumah. 

4 Cara Melatih Kemandirian  Pada Anak Anak 

Hal yang coba kami berikan ini bisa dilakukan atau sebagai referensi semata, semua tergantung anda sekalian. Tetapi jika kalian ingin mencobanya ada baiknya juga sehingga kalian menjadi tahu bahwa apa yang bisa dilakukan orangtua untuk menumbuhkan sifat mandiri anak itu bisa bermacam macam : 

  1. Cara pertama yang bisa kalian lakukan adalah dengan memberikan rasa percaya diri pada sang anak. Kepercayaan itu adalah motivasi terbaik bagi anak sehingga dengan motivasi tersebut anak anak akan bisa melakukan apa yang diinginkan oleh kedua orang tuanya secara sadar dan bertanggung jawab. 
  2. Cara kedua yang bisa kalian lakukan adalah dengan memberikan kesempatan kepada sang anak untuk mencoba melakukan hal  hal yang diinginkan oleh orang tuanya sendiri, walaupun belum sempurna  tetapi ketika dirinya sudah mulai melakukan itu akan bisa menjadi satu kebanggan bahwa sang anak sudah mulai mau berusaha. 
  3. Cara ketiga adalah mencoba untuk menciptakan lingkungan yang aman untuk sang anak ketika mereka memang diharapkan untuk mulai bisa mandiri, karena dengan lingkungan yang aman anak anak akan tidak merasa takut untuk mencoba melakukan apa yang seharusnya dirinya lakukan. 
  4. Cara keempat dan yang paling penting adalah pada saat awal maka ada baiknya kalian mendampingi mereka dalam melakukan beberapa  hal yang semestinya memang mereka lakukan nantinya. Jadi ketika anak anak kurang paham, kalian sebagai orang tua bisa langsung memberikan masukan dan nasehatnya. Itu akan sangat membantu mereka untuk bisa lebih cepat menguasai pekerjaannya. 
Baca Juga  Tips dan Trik Bagaimana Belajar Lebih Efektif Bagi Anak Anak

Comments (0)

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Balas Chat
1
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?