| Pendaftaran Siswa
08222 333 1144 I 0812 1233 2163
Selamat Datang di Laskar UI!

Tips Mengatasi Anak Yang Kecanduan Nonton Televisi

Tips Mengatasi Anak Yang Kecanduan Nonton Televisi
Oktober 23, 2023 laskarui
In News
mengatasi anak yang suka nonton tv

Setiap orang tua sudah pasti  ingin agar anak anaknya tumbuh menjadi anak yang cerdas dan pandai. Sehingga banyak cara dilakukan oleh para orang tua agar mereka bisa lebih mampu  untuk mengontrol  anak anaknya dengan baik. Cara terbaik mengontrol diri anak anak di rumah dalam aktivitas menonton Televisi adalah dengan membuat satu aturan atau  kebijakan dalam rumah. 

Kenapa ini perlu dilakukan, karena kita tahu bahwa tayangan Televisi itu tidak bisa kita cegah, karena itu berdasarkan jam tayang dari masing-masing stasiun televisi, tetapi yang mungkin bisa kita cegah adalah pengaruh dampak negatif ketika anak anak salah dalam menggunakan televisi untuk menyenangkan dirinya sendiri tanpa melihat apakah kesenangan itu bisa berdampak negatif pada dirinya atau tidak. 

Memang ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah agar anak anak tidak mengalami kecanduan nonton  televisi. Tetapi sebelum masuk ke sana, mari kita perhatikan beberapa dampak negatif yang secara tidak langsung bisa mempengaruhi diri sang anak. 

Dampak negatif dengan seringnya anak anak di rumah menonton televisi terlalu lama adalah seperti berikut ini : (1) Anak anak akan menjadi pribadi yang malas, karena terlalu asyik menonton sehingga malas untuk belajar, mengerjakan tugas rumah dan lainnya (2) Anak anak akan menjadi pribadi yang acuh atau  tidak peka dan yang lebih parah lagi mungkin jadi anak yang anti dengan lingkungan sosial (3) Anak anak menjadi pecandu atau pecandu tayangan televisi, jika kondisi seperti ini sampai terjadi pada anak maka televisi sebagai media hiburan sudah berubah fungsi.

Ada beberapa cara untuk bisa mencegah agar kondisi diatas tidak terjadi atau paling tidak mengurangi dampak yang terjadi pada anak anak kita di rumah.  Jika beberapa tips berikut dijalankan mungkin orang tua akan merasa tenang karena anak anaknya belum sampai kecanduan dengan tayangan televisi. 

Baca Juga  Innovation in Physics Education: Encouraging Student Interest and Participation

6 Tips Mencegah Anak Anak Kecanduan Tayangan Televisi 

Dari sekian banyak tips yang bisa kita berikan kepada para orang tua, mungkin beberapa tips berikut bisa menjadi salah satu hal yang bisa di terapkan di rumah agar anak anak bisa lebih paham kenapa mesti adanya pembatasan dalam menonton tayangan televisi. 

1. Sebaiknya anak anak di rumah dibatasi waktunya dalam menonton televisi

Pembatasan ini penting untuk membuat disiplin dalam menonton  tayangan televisi. Jika kondisi ini  bisa di jalankan dengan baik di rumah maka anak anak akan tahu bahwa televisi ini adalah media hiburan. 

2. Sebaiknya memang anak anak di rumah diberikan jadual termasuk dengan  televisi

Pembuatan jadual di rumah akan membuat anak anak belajar disiplin dan patuh dengan apa yang diterapkan di rumah. Karena jika dari kecil anak anak sudah patuh, maka akan mudah bagi para orang tua nantinya mengarahkan anak anaknya sesuai dengan bakat dan kemampuan sang anak ketika dirinya remaja. 

3. Sebaiknya jangan memberikan akses penuh televisi pada anak anak di rumah

Maksudnya adalah, jangan kasih permudah anak anak untuk bisa menyalakan atau mengoperasikan televisi sendiri. Karena dengan cara ini anak anak justru akan bisa menuruti apa  yang menjadi keinginannya. Sebaiknya memang tetap operate televisi ada di orang tua agar anak anak tahu bahwa ini bukan mainan mereka. 

4. Sebaiknya memang diberikan satu ketentuan bahwa di dalam rumah ada Kawasan yang bebas gadget

Artinya adalah bahwa di daerah atau wilayah tersebut anak anak tidak boleh menggunakan gadget atau menonton televisi. Seperti misalnya ruang belajar atau sedang belajar, ruang makan atau ketika sedang makan dan sebagainya. 

Baca Juga  10 Tips Belajar Dirumah Agar Anak Fokus

5. Sebaiknya mulai anak anak masih kecil diajarkan  untuk mereka bisa menahan diri

Maksudnya adalah menahan diri yaitu agar anak anak tidak terbiasa melampiaskan apa  yang menjadi keinginannya.Dengan adanya aturan seperti itu maka anak anak akan tahu bahwa  tidak semua hal akan bisa didapatkannya dengan mudah. 

6. Sebaiknya kita sebagai orang tua bisa memberikan contoh terbaik bagi anak anak 

Contoh terbaik bagi anak anak adalah orang tua, sehingga jika ini dilakukan secara benar maka anak akan akan terbiasa melihat apa yang dilakukan kalian  sebagai orang tua di rumah. 

Jika beberapa tips diatas bisa dijalankan maka bisa jadi anak anak akan lebih paham tentang penggunaan televisi. Sehingga pada akhirnya kalian sebagai orang tua pun akan mudah mengarahkan mereka anak anak terkait dengan kesibukannya dalam menonton televisi terlalu lama. Selain  tips diatas ada juga beberapa aktivitas yang mungkin bisa kalian lakukan bersama anak anak agar mereka tidak kecanduan televisi.

6 Hal Yang Bisa Orang Tua Lakukan Bersama Anak Anak agar Tidak Kecanduan Televisi 

Ke-6 hal ini memang terkesan ringan dan mudah, tetapi jika ini dijalankan dengan benar maka dampak positifnya akan lebih baik bagi sang anak di rumah. Karena apa yang ada di 6 hal berikut penting bagi perkembangan tumbuh dan berkembangnya anak. 

1. Cobalah ketika anda ingin menasehati anak, dengan cara memberikan contoh terbaik dahulu. 

Hal ini agar anak lebih mudah memahami apa yang diinginkan oleh orang tua pada akhirnya, karena mereka melihat langsung apa yang dilakukan  orang tuanya di rumah. 

2. Cobalah kalian luangkan waktu bersama dengan anak anak dalam menonton televisi

Dengan quality time yang baik maka anak anak akan terbiasa ditemani orang tua dalam menonton tayangan televisi. Jika kondisi ini terus dilakukan maka anak anak akan tahu bagaimana cara terbaik menonton televisi, 

Baca Juga  Laskar UI, Tidak Sekedar Homeschooling Biasa Namun “Luar Biasa”

3. Cobalah untuk mengajak anak anak bermain dengan teman temannya.

Karena dengan cara seperti ini akan bisa mengurangi kecenderungan anak anak terlalu asik dengan televisi dan melupakan lingkungan sosial mereka di rumah. 

4. Cobalah untuk membatasi selama anak anak libur mereka diberikan kebebasan dalam menonton televisi

Karena jika kondisi ini dibiarkan maka mereka akan semakin asyik dengan dunianya dan melupakan apa yang seharusnya mereka lakukan sejak diri mereka masih kecil. 

5. Cobalah untuk meletakan televisi di ruangan keluarga bukan di kamar

Dengan meletakan di ruangan keluarga maka televisi adalah hiburan bersama, tetapi jika di letakan di kamar maka anak anak cenderung akan menjadi pribadi yang tertutup dan itu tidak baik untuk perkembangannya. 

6. Cobalah untuk sering mengajak anak anak bermain di luar lingkungan rumah

Hal ini juga perlu dilakukan oleh orang tua agar mereka anak anak tahu bahwa di luar lingkungan rumah juga menarik bagi mereka. 

Comments (0)

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Balas Chat
1
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?