| Pendaftaran Siswa
08222 333 1144 I 0812 1233 2163
Selamat Datang di Laskar UI!

Tipe Model & Metode Homeschooling di Indonesia demi Kemajuan Pendidikan Indonesia

Tipe Model & Metode Homeschooling di Indonesia demi Kemajuan Pendidikan Indonesia
Februari 12, 2022 laskarui
In News

Metode Homeschooling di Indonesia demi Kemajuan Pendidikan Indonesia

Sebuah konsep pendidikan diciptakan memang bertujuan untuk membantu meningkatkan cara belajar  siswa didik yang ada di suatu negara. Sehingga tidak  berlebihan  jika pada akhirnya apapun konsep pendidikannya dapat meningkatkan pemahaman dan pengertian dari siswa didik yang mengikuti sistem dan metode belajar  tersebut.

 

Kondisi itu pula yang saat ini banyak dibicarakan oleh ayah dan bunda yang   buah hatinya masih membutuhkan pendidikan.  Dimana sistem belajar model homeschooling, saat ini seakan mendapatkan  tempat tersendiri dari ayah dan bunda untuk memberikan sistem belajar terbaik bagi sang buah hatinya. 

 

Memang sistem pendidikan ini bukan baru di  Indonesia, sudah ada sejak lama. Karena di luar negeri sendiri, dengan situasi dan kondisi di negaranya masing-masing sistem  ini cukup banyak diminati  para orang  tua untuk anak-anak mereka.  Sedangkan untuk Indonesia, sistem  homeschooling memang bisa dirasakan baru beberapa  tahun terakhir saja sistem homeschooling banyak dipilih oleh para orang tua murid. 

 

Ada 3 jenis atau model pembelajaran homeschooling  yang saat ini banyak diterapkan oleh  banyak institusi pendidikan di Indonesia. Dimana ketiga jenis atau model sistem belajar homeschooling itu sendiri ada berdasarkan situasi dan kondisi yang biasa diterapkan dalam masyarakat. 

1. Jenis dan Metode pembelajaran homeschooling tunggal 

Jenis dan metode pembelajaran  ini memang sifatnya sendiri, artinya hanya dibuat dan dilaksanakan  untuk 1 orang keluarga saja. Metodenya jelas di sesuaikan dengan keinginan dari ayah dan bundanya sendiri. Serta tentunya masukan dari sang buah  hati yang akan mendapatkan pengajaran di rumah.

2. Jenis dan Metode pembelajaran homeschooling  majemuk

Jenis dan metode pembelajaran dengan sistem homeschooling majemuk sistemnya adalah dibentuk dari dua keluarga atau lebih. Dimana kesamaan visi dan misi dari kedua keluarga atau lebih itulah yang pada akhirnya mereka sepakat untuk membuat model homeschooling majemuk. 

3. Jenis dan Metode pembelajaran homeschooling komunitas

Jenis dan metode pembelajaran yang terakhir ini adalah berasal dari satu komunitas atau kelompok yang memiliki kesamaan.  Dimana berdasarkan kesamaan visi dan misi itulah pada akhirnya mereka sepakat untuk membuat dan menyelenggarakan pendidikan  homeschooling komunitas. Biasanya sistem ini akan menggunakan silabus atau kurikulum  yang disesuaikan dengan standar nasional maupun internasional. 

Kesemua jenis dan model  yang telah dijelaskan diatas, memang sudah terdaftar atau sesuai dengan ketentuan yang telah di tetapkan oleh pemerintah. Sehingga jika ayah dan bunda  ingin menggunakan salah satu dari ketiga model diatas sudah benar.    Hal itu didasarkan pada satu kondisi bahwa memang semua jenis pendidikan dan pelatihan yang bertujuan  untuk meningkatkan pemahaman  bagi siswa didik sudah pasti akan  bisa di jalankan dengan baik. 

Sedangkan jika ayah dan bunda ingin tahu sebenarnya sejauh mana tipe model dan metode homeschooling tadi bermanfaat. Kita bisa jelaskan dari beberapa kondisi yang selama ini telah dialami oleh para siswa didik  yang menggunakan sistem belajar homeschooling. 

 

  1. Homeschooling biasa diberikan kepada siswa didik, karena seperti ayah dan  bunda ketahui   bahwa sistem itu bisa menjadikan suasana  belajar dari siswa didik menjadi lebih kondusif.  Dengan kondisi seperti itulah, maka siswa didik akan lebih mudah memahami materi yang disampaikan oleh para pengajarnya. 
  2. Homeschooling memang mengarahkan konsep belajarnya kepada siswa didik, sehingga keberadaan siswa didik seperti buah hatinya ayah dan bunda akan menjadi concern tersendiri dari para pengajarnya. 
  3. Homeschooling bisa mengikuti sistem belajar yang telah disepakati oleh siswa didik dan orang  tua siswa. Kenapa hal itu bisa dilakukan, karena model pengajaran homeschooling adalah model belajar yang bersifat fleksibilitas. 
  4. Homeschooling menjadi salah satu metode pembelajaran yang baik, karena ayah dan bunda dapat merasa aman  buah hatinya mendapatkan pembelajaran sistem homeschooling. Karena buah  hati ayah dan bunda mendapatkan pergaulan yang aman.
  5. Homeschooling memang salah satu sistem belajar yang baik.  Karena dengan sistem  ini bisa menjadikan anak didik bersikap dewasa dan bertanggung jawab.
  6. Homeschooling bisa menjadi salah satu pilihan terbaik bagi ayah dan bunda, karena dengan sistem inilah siswa didik bisa diarahkan menjadi siswa  yang memiliki karakter. Karena memang pendidikan tidak hanya bersifat teoritis tetapi juga  pembentukan karakter siswa.
  7. Homeschooling juga menarik tidak saja  bagi ayah dan bunda, tetapi juga bagi siswa didik. Karena sistem pendidikan secara khusus memperhatikan perkembangan siswa dalam memahami pelajaran yang diberikan oleh sang pengajar. 
  8. Homeschooling memang tepat diberikan kepada sang buah hati ayah dan bunda. Karena dengan sistem ini selain buah hati ayah dan bunda lebih mudah memahami materi pelajaran. Siswa didik juga akan terbiasa untuk menjalankan aktivitas ibadah dengan baik. 

 

Dengan semua hal yang telah disampaikan diatas itulah, kini ayah dan bunda tidak akan was was lagi seandainya ingin memasukan buah  hatinya mengikuti pendidikan model homeschooling. Sebuah alternatif pendidikan yang tidak saja akan menjadikan siswa didiknya lebih cepat memahami materi pelajaran. Juga akan bisa menjadikan  buah hati ayah dan bunda jadi pribadi yang lebih baik dan bertanggungjawab. 

Comments (0)

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*

Balas Chat
1
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?