| Pendaftaran Siswa
08222 333 1144 I 0812 1233 2163
Selamat Datang di Laskar UI!

Pahami Gaya Belajar dan Perilaku Siswa dalam Metode Bimbingan Belajar

Pahami Gaya Belajar dan Perilaku Siswa dalam Metode Bimbingan Belajar
January 4, 2022 laskarui
In Uncategorized

Gaya Belajar dan Perilaku Siswa dalam Metode Bimbingan Belajar

 

Bagi ayah dan bunda yang saat ini buah hatinya sedang menuntut ilmu dbangku sekolah. Ada baiknya memang kita sebagai orang tua memahami dan “ikut campur” dalam mendukung dan mensupport buah hatinya agar bisa menjadi buah hati yang sukses dalam  pelajaran.

Mewujudkan semua  hal  tersebut memang bukan perkara mudah tetapi juga bukan  hal  yang sulit. Selama kita sebagai orang tua tahu apa yang diinginkan sang buah hati, kita sebagai orang tua tinggal mendukung dan mensuport saja seperti apa metode  belajar yang diinginkan oleh sang buah hati kita.   Dimana dalam kondisi seperti saat ini, minimal metode belajar yang bisa memberikan hasil yang maksimal kepada sang buah hati adalah dengan sistem bimbingan belajar.

Tetapi bukan asal kita memilih sebuah tempat bimbingan belajar, ada beberapa hal yang mungkin perlu menjadi perhatian dan pertimbangan kita agar sang buah hati  bisa mengikuti semua proses belajar yang baik dan benar di bimbingan belajar tersebut.

Setidaknya ada beberapa hal yang perlu ayah dan bunda pahami terkait gaya belajar dan mengetahui perilaku sang buah hati dalam  belajar . Dengan mengetahui kedua hal tersebut, maka  ayah dan bunda akan bisa mencarikan lembaga bimbingan belajar yang bisa mengakomodir  semua hal diatas sehingga buah hati sukses dalam  belajarnya.

Minimal ada 7-metode dan  gaya belajar yang bisa di ajarkan oleh  para pengajar di bimbingan belajar dengan melihat perilaku dan karakter dari sang buah hati. Ke7 metode tersebut memang tidak semuanya di terapkan pada sang buah hati tetapi akan di sesuaikan dengan karakter siswa dalam mengikuti pelajaran di bimbingan belajar :

  1. Metode dan gaya belajar model Visual

Metode belajar seperti ini biasanya sang pengajar akan menggunakan media pembelajaran yang berupa alat seperti Gambar, Warna, Imajinasi Visual, Grafik, dan lainnya. Tentunya untuk metode seperti ini bisa di gunakan sesuai dengan kebutuhan siswanya.

  1. Metode dan gaya belajar model Aural

Metode belajar yang satu ini adalah cara belajar dari sang pengajar yang biasanya menggunakan  media seperti sumber suara, bisa berupa pidato, rekaman suara, penjelasan guru dan lainnya.

  1. Metode dan gaya belajar model Verbal

Metode belajar yang seperti ini biasanya di gunakan oleh pengajar dengan memakai instrumen yang berupa kata-kata. Dimana penggunaanya bisa dalam bentuk tulisan atau membacanya.

  1. Metode dan gaya belajar model Physical

Metode belajar yang biasanya di lakukan dengan cara seperti ini adalah cara  belajar dengan menggunakan metode sentuhan  bisa dari alat peraga atau media lain yang bisa mendukung proses belajar.

  1. Metode dan gaya belajar Logical

Metode pembelajaran  yang menggunakan cara ini adalah biasanya metode  yang mencoba untuk mengaitkan satu hal dengan lainnya seperti pelajaran matematika. Sehingga pola penggunaan konsep matematika adalah dasar pengajarannya.

  1. Metode dan gaya belajar Sosial

Metode pembelajaran yang biasanya di lakukan oleh pengajar dengan sistem sosial adalah jika kita sudah tahu seperti apa karakter siswanya.  Karena cara ini mengutamakan komunikasi antar personal baik lisan dan tulisan.

  1. Metode dan gaya belajar Solitary

Metode pembelajaran yang mengutamakan sang buah hati belajar sendiri dan di awasi oleh pengajar. Itulah  kunci dari model belajar ini, sehingga biasanya siswa yang gemar membaca dan pandai akan menyukai konsep belajar seperti ini.

Itulah beberapa cara atau metode untuk di ketahui ayah dan bunda, baru setelah itu coba di sesuaikan dengan sang buah hati. Kira-kira model metode nomor berapa yang  pas  dipakai oleh sang buah hati. Jadi pada saat nantinya sang buah  hati ingin masuk dalam pola belajar seperti bimbingan belajar maka ayah bunda tinggal mengkomunikasikan keinginan sang buah hati tersebut kepada pengajar yang akan memberikan pengajaran dengan sistem bimbingan  belajar.

Comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Balas Chat
1
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?