| Pendaftaran Siswa
08222 333 1144 I 0812 1233 2163
Selamat Datang di Laskar UI!

7 Cara Melepaskan anak dari kecanduan gadget

7 Cara Melepaskan anak dari kecanduan gadget
Oktober 4, 2021 laskarui
In News

Bagi ayah dan bunda,  keberadaan gadget memang tidak bisa dipisahkan dari buah hatinya. Karena dengan sistem model online, sudah pasti buah hati ayah dan bunda akan selalu berhubungan dengan yang namanya gadget. Bisa dikatakan setiap hari sudah pasti buah hati ayah dan bunda akan selalu memegang gadget  untuk kebutuhan mereka dalam  belajar. Ini adalah kondisi yang tidak mudah bagi ayah bunda ketika ada ketakutan bahwa nantinya  buah hati dari ayah dan bunda akan semakin fokus justru dengan gadgetnya bukan dengan pelajarannya. 

Namun ada baiknya ayah dan bunda mulai lebih paham bahwa sebenarnya gadget sarana belajar untuk buah hati ayah dan bunda. Jadi memang perlu adanya satu peraturan atau kebijakan yang perlu ayah dan  bunda terapkan di rumah terkait penggunaan gadget oleh buah hati ayah dan bunda.

Karena dengan begitu ayah dan bunda akan tahu gadget aman untuk  anak itu adalah gadget yang seperti apa. Sehingga ayah dan bunda tidak kuatir ketika mereka terlalu lama menggunakannya, karena masalah pelajaran harus menggunakan gadget tersebut. Sebenarnya yang mesti harus dilakukan ayah dan bunda di rumah ketika buah hatinya selalu menggunakan gadget adalah mencoba membuat sebuah  kesepakatan atau aturan yang jelas. 

Dimana beberapa aturan atau kebijakan tersebut bukan bertujuan untuk menjadikan buah hati ayah dan bunda tidak bisa menggunakan gadget tanpa didampingi ayah dan bunda. Tetapi kondisinya adalah agar kedua belah pihak, baik ayah dan bunda dan juga buah hati tahu masing-masing  batasan yang mesti di lakukan agar semuanya berjalan dengan lancar :  

  1. Ada baiknya bagi ayah dan bunda dalam menggunakan gadget cobalah untuk membatasi waktu penggunaanya. Jangan biarkan buah hati ayah dan bunda memegang atau menggunakan gadget sepanjang waktu,  hal itu akan membuat buah hati terbiasa untuk menggunakan gadget untuk hal-hal diluar penggunaan yang sebenarnya. 
  2. Ada baiknya bagi ayah dan bunda bisa memberikan jadual atau jam-jam kapan sebaiknya buah hati dari ayah dan bunda  menggunakan gadget. Jika kedua pihak baik ayah dan bunda serta buah hati bisa mengikuti aturan yang telah diberikan maka orang tua tidak akan takut buah hatinya menggunakan gadget secara tidak benar.
  3. Ketika ayah dan bunda memang sudah memberikan izin kepada buah hatinya dalam menggunakan gadget cobalah berusaha untuk tidak memberikan akses secara penuh. Karena ketika aksesnya diberikan secara penuh maka buah hati akan selalu menggunakan gadget. Beda dengan ketika ayah dan bunda memberikan aturan, maka akses tersebut  tidak digunakan secara penuh oleh buah hati ayah dan bunda. 
  4. Coba untuk ayah dan bunda tentukan dan buat kesepakatan dengan sang buah hati untuk tidak memasuki wilayah-wilayah yang memang tidak boleh dimasuki oleh sang buah hati.  Dengan informasi yang jelas, maka sang buah hati juga akan paham dan akan mengikuti apa yang dianjurkan oleh ayah dan bundanya. 
  5. Coba ayah dan bunda temani pada saat sang buah hati sedang menggunakan gadget, karena dengan begitu ayah dan bunda tahu apa saja yang di cari buah hati ketika menggunakan gadget. Ini juga akan membiasakan buah hati dari ayah dan bunda menggunakan gadget secara sehat. 
  6. Sebaiknya ayah dan bunda berusaha untuk mengajarkan kepada sang buah hatinya bagaimana cara bijak menggunakan gadget. Dengan memberikan pengarahan yang baik maka buah hati akan tahu bagaimana cara bijak menggunakan gadget.
  7. Yang terakhir adalah sebaiknya ayah dan  bunda coba untuk memberikan contoh atau panutan dalam menggunakan gadget. Dengan contoh-contoh yang baik maka sang buah hati akan  tahu bagaimana ayah dan bundanya dalam menggunakan gadget. Ingat sebaik-baik orang  tua adalah yang memberikan contoh yang baik bagi sang buah hatinya. 

Bagi ayah dan bunda, dengan berbagai informasi yang telah dijelaskan diatas pada akhirnya ayah dan bunda akan tahu bagaimana sebaiknya mengajarkan kepada sang buah hatinya dalam menggunakan gadget. Karena tidak mungkin kita sebagai orang tua akan terus menjaga dan mengamati sang buah hati dalam menggunakan gadget. Jadi cobalah untuk mencoba memberikan pengertian dan dukungan kepada sang buah hati agar mereka bisa lebih mandiri dan bertanggungjawab dalam menggunakan gadget. 

 

Comments (0)

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*

Balas Chat
1
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?