| Pendaftaran Siswa
08222 333 1144 I 0812 1233 2163
Selamat Datang di Laskar UI!

8 Meningkatkan Rasa Percaya Diri Pada Anak Akibat Perceraian

8 Meningkatkan Rasa Percaya Diri Pada Anak Akibat Perceraian
January 13, 2021 laskarui
In Uncategorized
8 Meningkatkan Rasa Percaya Diri Pada Anak Akibat Perceraian

Banyak anak-anak korban perceraian mengalami kondisi yang kurang baik. Walau ada juga mereka yang sukses sekalipun orang tua mereka bercerai.  Yang jadi pertanyaan sekarang adalah, bagaimana cara membuat anak-anak tetap percaya diri sekalipun mereka adalah anak – anak broken home.

Broken home kadang menjadi kambing hitam untuk memaafkan anak-anak yang gagal dalam pendidikan. Seharusnya hal  itu  tidak  boleh dilakukan, karena tidak ada semua anak yang ingin mengalami kondisi seperti itu. Tetapi jika hal itu  terjadi maka yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana membuat anak-anak  tetap percaya diri.

Ada 8 step atau cara yang bisa dilakukan oleh kita sebagai orang tua agar anak-anak kita tidak mengalami kondisi yang buruk akibat orang tuanya yang bercerai. Intinya adalah kita sebagai orang tua harus ikut serta dalam memberikan kondisi yang  terbaik bagi anak-anak kita agar mereka tetap bisa menjadi anak  yang baik. Diantara beberapa cara tersebut kami akan coba berikan 8 step atau cara  yang bisa kita lakukan sedari dini. Semoga  ini bisa jadi salah satu solusi  terbaik kita sebagai orang tua :

1. Berusaha untuk tetap menjadi cermin yang baik dan positif bagi putra putri kita. Bercerai itu memang bukan selalu dikaitkan dengan hal negatif. Tetapi akan menjadi jelek jika kita menceritakan hal yang salah tentang perceraian pada anak kita. Jadi cobalah untuk memberikan informasi positif terkait kondisi  itu agar anak bisa melihatnya sebagai  hal yang positif.

2. Apapun  yang terjadi cobalah untuk tetap merasa dekat dengan anak. Dengan kita tetap merasa dekat dengan anak, maka anak tidak akan merasa ada yang berubah. Tetapi jika hal itu tidak bisa kita lakukan, maka anak akan merasa kita telah membuat jarak dan itu akan berakibat negatif untuk anak kita.

3. Tetap berusaha untuk memantau anak ketika mereka berada di sekolah. Pasti riskan bagi anak ketika mereka tahu orang tuanya berpisah. Biasanya anak akan berubah perilakunya ketika di sekolah. Tetapi jika kita bisa meyakinkan mereka dan tetap berkomunikasi dengan dirinya dan guru di sekolah maka hal negatif bisa dihindari dan anak akan tetap menjadi anak yang baik selama di sekolah.

4. Cobalah  untuk berusaha jadi orang tua  yang bisa menjadi pendengar yang baik. Tidak ada yang salah untuk kita sebagai orang tua jadi pendengar yang baik. Karena anak juga memiliki hal untuk meminta kita sebagai orang tua sebagai pendengar  yang baik. Jadi apapun kondisinya jika kita bisa tetap jadi pendengar yang  baik maka anak akan  tetap hormat kepada kita.

5. Sebagai orang  tua coba kita berusaha untuk memberikan pengertian yang sederhana. Menjadi orang tua yang baik adalah bisa memberikan penjelasan kepada anak dalam kondisi apapun. Begitu pula pada saat dirinya berpisah atau cerai, jika hal ini bisa dengan baik disampaikan kepada anak-anak. Maka mereka akan bisa menerima kondisi  tersebut dengan baik pula.  Ingat anak anak adalah tetap tanggung  jawab kalian.

6. Berusaha untuk tidak membuka aib atau kejelekan salah satu di hadapan anak. Jika kondisi ini tidak bisa kalian lakukan, maka jangan salahkan jika justru anak akan bisa berpikir sebaliknya dengan apa yang seharusnya anda inginkan.  Kenapa karena anak tetaplah anak dan kalian adalah orang tuanya. Jadi ketika salah satu menjelekkan itu sama saja dengan kalian saling menjelekkan di hadapan anak-anak anda.

7. Tetap berusaha untuk tidak membuat konflik  yang terlihat di hadapan anak-anak. Ketika anda bercerai maka berbaik baiklah kalian jangan berusaha untuk memperlihatkan konflik di hadapan anak-anak anda. Karena jika  kondisi itu kalian lakukan maka efek negatif akan mempengaruhi pola pikir si anak. Itu jelas akan merugikan kalian sebagai orang tua dan anak kalian sendiri.

8. Cara terbaik yang bisa di lakukan adalah mencari pertolongan dari  seorang yang ahli di bidangnya. Solusi terbaik memang bisa menjadi salah satu hal positif yang bisa dilakukan kita sebagai orang tua. Karena dengan solusi itulah kita bisa mencoba memperkecil dampak negatif yang bisa terjadi pada anak  – anak kita. Karena setiap anak pada dasarnya baik, jadi jangan berusaha untuk membuat mereka jahat justru kalian ulah kita sebagai orang tuanya.

Itulah beberapa solusi yang mungkin bisa kita lakukan sebagai orang tua ketika kita harus berpisah. Dan kita tidak ingin anak-anak kita mengalami kondisi yang kurang baik, justru karena ulah kita sendiri.  Anak adalah tetap anak, dia adalah buah hati kita, yang terbaik kita lakukan adalah berusaha untuk membuat mereka tetap menjadi pribadi yang baik.

Jika kalian tidak bisa melakukan hal  itu karena satu dan lain hal. Cobalah kalian mencoba untuk berdiskusi dan konsultasi kepada Laskar UI Homeschooling. Sebuah lembaga yang akan bisa memberikan solusi bagi putra-putri anda agar mereka memang memiliki pribadi yang baik dan tidak berubah sekalipun kondisi kalian sebagai orang tua sudah tidak bersama.

Kalian para orang tua bisa membuka dan masuk ke website berikut : Https://laskarui.com/homeschooling. Cobalah untuk menjelaskan kondisi anda dan perkembangan putra putri anda kepada team pengajar di Laskar UI Homeschooling.   Dengan cara tersebut maka anda sudah berusaha untuk mendapatkan solusi terbaik bagi pendidikan moral anak-anak anda. Anak adalah buah hati kalian, jangan di rusak hanya karena keegoisan kalian.  Jadilah orang tua yang bijak dalam kondisi apapun bagi putra putri kalian.

Comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Balas Chat
1
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?