| Pendaftaran Siswa
08222 333 1144 I 0812 1233 2163
Selamat Datang di Laskar UI!

Pentingnya Kita Tahu Tips Cepat Menghafal Rumus Matematika

Pentingnya Kita Tahu Tips Cepat Menghafal Rumus Matematika
Juni 7, 2022 laskarui
In News

Pentingnya  Kita Tahu Tips Cepat Menghafal  Rumus Matematika

Sebenarnya di pakai atau tidak di pakai, yang namanya rumus matematika sudah pasti akan digunakan. Kenapa, karena pelajaran matematika itu akan selalu ada dari semua tingkatan sekolah dari mulai SD, SMP, SMA/SMK hingga Perguruan Tinggi.  Tetapi memang penggunaanya yang berbeda-beda. Itulah sebabnya, menjadi penting untuk siswa  bisa menghafal rumus rumus matematika dengan  baik dan benar. 

Karena jika sejak dini siswa sudah terbiasa menghafal beberapa rumus matematika, maka semakin tinggi tingkatan sekolahnya maka pemahaman dirinya terhadap pelajaran matematika akan semakin mudah dilakukan. Itulah  yang mendasari kenapa perlu pemahaman yang benar  tentang matematika dengan cara siswa belajar untuk menghafal rumus-rumus matematika  yang sering digunakan dalam ujian. 

Bagaimana  Cara Mudah Menghafal dan Tips Cepat Menghafal Rumus Matematika

Bicara soal rumus-rumus matematika, pada dasarnya memang sangat sulit  untuk menghafal begitu banyak rumus yang ada. Tetapi jika kita ingin dan berusaha untuk bisa memahami dengan  baik mata pelajaran matematika maka setidaknya kita  harus mencoba untuk menggunakan strategi yang ada untuk menghafal rumus-rumus dari apa yang pernah kalian dapatkan selama belajar di sekolah. Karena semua rumus  itu pasti akan  tetap berguna : 

 

  1. Cara pertama yang bisa kalian lakukan untuk menghafal rumus matematika adalah dengan mencoba menghafal rumus yang berhubungan dengan perhitungan diskon. 
  2. Cara kedua yang juga bisa kita lakukan adalah dengan mencoba untuk membiasakan menghafal rumus yang berhubungan dengan perhitungan masalah bunga dalam sistem yang ada di sektor perbankan
  3. Cara ketiga adalah melakukan pendekatan dari penghafalan rumus yang terkait dengan perhitungan masalah kecepatan, jarak dan waktu tempuh perjalanan
  4. Cara keempat yang juga penting adalah dengan menggunakan rumus rumus yang berhubungan dengan masalah yang berhubungan dengan permutasi dan kombinasi
  5. Cara kelima yang bisa kita lakukan adalah dengan menggunakan rumus -rumus matematika yang berhubungan dengan masalah himpunan irisan dan gabungan dalam sistem perhitungan matematika
  6. Cara keenam yang perlu juga menjadi pemahaman kita adalah dengan menghafal rumus matematika yang biasanya berkaitan dengan masalah baris atau deret aritmetika.
  7. Cara ketujuh cobalah untuk mencoba untuk menghafal atau melakukan pemecahan soal –soal yang berhubungan dengan masalah seperti  rumus bangun dari sebuah kotak (a) Persegi panjang (b) Segitiga  (c) Bangun kotak trapesium (d) Bentuk jajaran genjang  (e) Bentuk yang berupa layang-layang (f) Belah ketupat (g) Bentuk yang berupa lingkaran 
  8. Cara kedelapan yang bisa dilakukan adalah dengan sering sering menggunakan rumus yang terkait dengan hitungan yang menyangkut rumus dari bangun ruangan : (a) Bangun ruang kubus (b) Bangun ruang balok (c) Bangun ruang Prisma (d) Bangun ruang Limas (e) Bangun ruang Kerucut (f) Bangun ruang Tabung dan (g) Bangun ruang Bola. 
Baca Juga  Pro dan Kontra Pendidikan Daring untuk Sang Buah Hati

Implementasi 5 Tips Cepat Menghafal Rumus Matematika secara  Benar 

Setelah kita bisa pahami bagaimana sebenarnya cara mudah untuk menghafal rumus-rumus matematika.  Maka agar kita bisa mendapatkan hasil  yang maksimal dalam upayanya mencari cara terbaik untuk bisa menghafal rumus matematika secara benar. Kita bisa melakukan beberapa cara yang mungkin tepat untuk bisa kita lakukan.  Dimana beberapa cara tersebut adalah : 

  1. Hal pertama dalam mempelajari matematika adalah kita berusaha  untuk menguatkan niat kita. Dengan niat yang kuat maka kita  tahu semua hal yang sulit pasti bisa diselesaikan, selama kita yakin dengan usaha tersebut. 
  2. Hal kedua  yang bisa kita coba lakukan adalah dengan melakukan visualisasi warna dari kondisi yang telah kita sesuaikan. 
  3. Hal ketiga adalah dengan mengenali dan memahami beberapa rumus matematika  yang tadi diatas sudah dijelaskan. 
  4. Hal keempat adalah dengan mencoba untuk melakukan beberapa hal yang  terkait dengan operasi dalam matematika seperti : operasi perkalian, penjumlahan, hingga pembagian dan pengurangan sehingga semua menjadi biasa. 
  5. Hal terakhir yang bisa kita coba lakukan adalah dengan melakukan konsep  belajar  yang menyenangkan. 

Dengan melakukan beberapa hal yang telah dijelaskan diatas, maka kita akan  tahu seperti apa sebenarnya pelajaran matematika tersebut. Apakah benar sulit atau justru kita yang membuatnya menjadi sulit. Karena persepsi sulit itu biasanya terjadi karena beberapa hal bukan semata karena masalahnya  yang memang sulit tetapi ada faktor lain  yang menjadikan semua hal tadi menjadi sulit.  Seperti itu pula yang mungkin terjadi dalam kita mempelajari matematika. 

Pada akhirnya menyangkut bagaimana tips agar bisa cepat dalam menghafal rumus rumus matematika. Kita bisa mencoba melakukan semua hal yang telah dijelaskan diatas, dengan terlebih dahulu menggunakan atau memilih cara cara  yang terbaik  yang bisa dilakukan. Sehingga bisa dikatakan bahwa cara mudah menghafal rumus matematika itu memang bisa dilakukan dengan mengikuti aturan yang tadi sudah dijelaskan. 

Baca Juga  7 Cara Mengatasi Anak Yang Mengalami Broken Home Dalam Belajar

Satu hal penting yang mesti kita sebagai siswa  pahami bahwa matematika adalah ilmu dasar, sehingga suka tidak suka kita mesti suka dengan pelajaran  tersebut sehingga apapun masalah yang menjadi kendala dari pembelajaran matematika mesti dicarikan solusi  terbaiknya. Sehingga matematika bisa menjadi sesuatu ilmu   yang memang menyenangkan. Itulah inti dari semua hal yang telah dijelaskan diatas menyangkut tips cepat dan mudah menghafal rumus matematika. 

 

Comments (0)

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*

Balas Chat
1
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?