| Pendaftaran Siswa
08222 333 1144 I 0812 1233 2163
Selamat Datang di Laskar UI!

Perlu Anda Tahu Perbedaan & Kelebihan Homeschooling dibanding Pendidikan Formal

Perlu Anda Tahu Perbedaan & Kelebihan Homeschooling dibanding Pendidikan Formal
April 14, 2022 laskarui
In News
sekolah formal

Bagi kita orang tua mungkin masih bingung kenapa perlu ikut bimbel padahal sudah mendapatkan pelajaran di sekolah formal. Padahal jika kita sebagai orang tua tahu, bahwa bimbel itu adalah salah satu cara untuk membuat  buah hati kita lebih pandai dalam  belajar.

 

Pendidikan memang salah satu cara untuk membuat hidup kita jadi lebih baik. Dimana dengan pendidikan, kita menjadi sadar  bahwa untuk mencapai sesuatu yang lebih baik di butuhkan pemahaman  yang benar terhadap  satu masalah dalam belajar. Konsep inilah yang pada akhirnya di pahami oleh mereka yang memberikan satu pembelajaran  yang biasanya di sebut dengan istilah bimbel. Sebuah pembelajaran tambahan bagi siswa siswa  yang masih kurang dalam  pembelajaran materi di sekolah. 

 

Apa Sebenarnya Yang Membedakan Pendidikan Homeschooling dibanding Pendidikan Formal

 

Homeschooling memang  bisa di katakan saat ini cukup banyak di minati oleh para orang tua, bukan saja karena homeschooling menjadikan orang tua bisa melihat dan mengamati perkembangan  buah hatinya secara langsung di rumah.  Sistem belajar homeschooling juga bisa menjadi alternatif pendidikan  yang terbaik bagi buah hati kita di rumah  yang saat ini  cukup banyak memiliki kegiatan. Itulah sebabnya, bagi  buah hati kita yang memang memiliki aktivitas lain selain sekolah, ada baiknya memang mereka di arahkan untuk   belajar dengan sistem homeschooling. 

 

Sebelum kita  menentukan homeschooling mana yang akan menjadi pilihan kita sebagai orang tua. Ada baiknya kita mengetahui beberapa hal yang terkait dengan homeschooling. Sehingga pada saat buah  hati kita sudah menjalankan aktivitasnya di bidang homeschooling kita sebagai orang tua tahu apa yang mesti menjadi perhatian kita sebagai  orang tua. 

 

  1. Keuntungan belajar dengan sistem homeschooling adalah bahwa buah hati  kita di rumah akan bisa mendapatkan perhatian yang penuh dari sang pengajar. Sehingga buah hati kita akan bisa lebih fokus dalam belajar karena mereka  mendapatkan bimbingan dan arahan dalam belajar secara maksimal.
  2. Keuntungan belajar dengan sistem homeschooling adalah buah hati kita akan bisa secara maksimal  mendapatkan pembelajaran. Sehingga pada saat dirinya tidak bisa mengikuti pembelajaran maka sang pengajar akan terus memberikan arahan hingga pada akhirnya mereka paham dengan apa yang menjadi  tujuan dari materi belajar tersebut. 
  3. Keuntungan lain yang bisa di dapatkan bagi  buah hati kita dengan model pembelajaran homeschooling adalah, bahwa kita sebagai orang tua akan bisa terus mengawasi dan memperhatikan keberadaan buah hati kita selama belajar di rumah Dengan begitu perkembangan belajarnya bisa di awasi. 
  4. Keuntungan sistem  homeschooling bagi sang buah hati dan juga kita sebagai orang tua adalah bahwa kita bisa menentukan metode dan jam belajar yang bisa di ikuti oleh sang buah  hati di rumah. Sehingga dengan begitu tidak mengganggu kegiatan lain  jika pada akhirnya  buah hati kita memiliki kegiatan lainnya. 
  5. Keuntungan lainnya adalah bahwa dengan sistem homeschooling maka buah hati kita akan terarah dalam belajarnya.  Kita sebagai orang tua akan bisa menyesuaikan materi pelajaran yang akan di ajarkan oleh pengajarnya dengan konsep belajar dan materi belajar yang sesuai dengan minat dan  bakat dari buah hati kita di rumah. 
  6. Keuntungan lain bagi kita sebagai orang tua dengan model pendidikan homeschooling pada buah hati kita adalah.  Sebagai orang tua kita akan bisa menjaga dan mengawasi pergaulan dari sang buah hati kita di rumah. Sehingga perkembangan mereka bisa kita awasi dengan cukup baik.

 

Kekurangan Homeschooling Jika di Bandingkan dengan Sistem Sekolah Formal

 

Setiap kegiatan apapun kondisinya sudah pasti akan ada plus dan minusnya. Seperti   itu juga yang di alami atau di rasakan oleh pendidikan model homeschooling. Kita sudah pasti akan bisa tahu plus dan minusnya dengan kita banyak informasi. Kenapa  hal itu perlu kita ketahui,  karena ada baiknya sebelum kita masuk ke dalam satu kegiatan yang berhubungan dengan buah hati kita, sebaiknya memang kita mempertimbangkan plus dan minusnya. Sehingga kita tahu bagaimana sebenarnya konsep belajar yang benar bagi  buah hati di rumah sesuai dengan minat dan bakatnya. 

 

  1. Bagi anak-anak yang terbiasa belajar dengan sistem homeschooling biasanya memiliki kehidupan sosial yang kurang luas. Kenapa, karena mereka tidak bisa berinteraksi dengan teman-temannya seperti layaknya pendidikan yang di lakukan  pada sekolah formal.  Tetapi hal ini tidaknya selalu benar, karena jika buah hati kita memiliki kegiatan lain di luar sekolah, sudah  barang tentu kehidupan sosial mereka tetap terjaga dengan baik. Karena kita sebagai  orang  tuanya sudah pasti akan terus memberikan arahan bagi sang buah hati di rumah dalam proses belajar. 
  2. Bagi anak anak yang terbiasa belajar dengan sistem homeschooling memang agak sulit mengukur kemampuan belajar  buah hati kita di rumah.  Hal itu mungkin karena homeschooling memang belum ada standar bakuannya seperti yang di lakukan pada sekolah formal. Tetapi memang bagusnya karena  homeschooling adalah program pendidikan  yang bersifat khusus, maka prestasi dan pemahaman dalam satu bidang akan bisa tercapai dengan kemampuan sang buah hati mengikuti semua proses belajar yang di berikan  oleh pengajarnya. 
  3. Bagi anak – anak yang terbiasa  untuk mengikuti homeschooling biasanya memang tidak terbiasa untuk  melakukan persaingan dalam belajar. Kenapa, karena  berbeda  kondisinya jika homeschooling sang buah hati di rumah belajar tanpa adanya siswa lain seperti hal nya  belajar di sekolah  formal. Mereka bisa bersaing dalam  hal pencapaian prestasi belajarnya. Tetapi kalau homeschooling karena tidak adanya siswa lain yang   ikut jadi siswa menjadi kurang termotivasi untuk bisa saling berpacu dalam prestasi. 

 

Setelah kita pahami plus minus dari keberadaan homeschooling maka kita sebagai orang tua baru bisa menentukan sistem homeschooling seperti apa yang baik di jalankan kepada sang buah hati kita di rumah.  Karena keberhasilan belajar buah hati kita di rumah dengan sistem homeschooling tergantung juga cara kita sebagai orang tua mengarahkan mereka dalam belajar.

Comments (0)

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*

Balas Chat
1
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?